Samsung Galaxy Ace 2 i8160

Advertisement
Samsung Galaxy Ace 2 i8160


Saat samsung merilis Galaxy Ace (S5830), dalam waktu singkat smartphone ini menjadi hit dipasaran, S5830 menjadi begitu populer karena dua hal murah namun dengan spesifikasi yang tinggi (saat itu). Yang menarik pada penjualan ace ini adalah banyak pengguna yang membeli ponsel ini bukan karena harga atau kualitasnya namun juga karena desainnya yang sangat mirip dengan iPhone 4, bahkan apple pun sampai menuding kalau perusahan korea selatan ini meniru teknologi dan desainnya. Ace juga mempunyai varian yang mungkin tidak banyak orang yang menyadarinya yaitu galaxy ace - S5830i, perangkat yang sama dengan chipset yang berbeda.

Tahun 2012 samsung meluncurkan Galaxy Ace Plus, pengembangan dari Galaxy Ace. Perbedaan kedua smartphone tersebut sangat "sedikit", prosesor yang "sedikit" lebih cepat, memori yang "sedikit" bertambah dan layar yang "sedikit" lebih besar.

Desain dan dimensi

Berbeda dengan versi sebelumnya desain bentuk ace 2 mengalami banyak perubahan. Meskipun sebagian besar casing terbuat  dari plastik, namun penerus seri ace ini sedikit lebih langsing dari pendahulunya karena samsung menurunkan sedikit ketebalan smartphone ini.

Dimensi yang digunakan untuk Ace 2 adalah Panjang 11,83 x 6,22 x 1,05 cm, jika dibandingkan dengan Ace pertama yang mempunyai dimensi 11,24 x 5,99 x 1,15.
Terlihat kalau Ace 2 lebih panjang, lebih lebar namun lebih tipis daripada ace pertama.
Samsung Galaxy Ace 2 i8160 layar atas
Dalam genggaman tangan Ace 2 terasa lebih nyaman berkat berkurangnya ketebalan smartphone. Dirakit dengan sangat baik karena tidak ada bagian yang berderit atau bergoyang saat casingnya ditekan semuanya menyatu dengan sempurna yang membuat ponsel ini mengesankan untuk dipandang dan digenggam.
Samsung Galaxy Ace 2 i8160 tombol

Pada bagian depan terpasang proximity sensor (sensor jarak) yang berdampingan dengan speaker untuk menelpon. Dibawah layar 2 tombol sentuh (touch-button/soft-button) "Back" dan "menu" dengan back-light(cahaya latar) warna putih, dan diantara kedua tombol sentuh tersebut terdapat tombol "home" sebuah tombol mekanikal berbentuk oval yang dibingkai dengan plastik yang berlapis krom, lembut kala ditekan
Samsung Galaxy Ace 2 i8160 sisi kanan

Disisi kiri dihuni oleh tombol pengatur volume dan sebuah lubang untuk mengaitkan gantungan ponsel atau aksesoris sedangkan disisi kiri terdapat tombol power yang juga berfungsi untuk mengunci layar secara manual. Dibawah tombol volume terdapat Slot untuk memory eksternal microSD,  lengkap dengan penutup pengaman yang terbuat dari bahan plastik.
Samsung Galaxy Ace 2 i8160 bagian bawah

Mikrofon dan microUSB berada dibagian bawah sedangkan disisi atas diletakkan standart audio jack 3,5 untuk headphone. Kamera utama lengkap dengan LED Flashnya di terdapat pada bagian belakang bersama speaker.

Layar

Layar Samsung Galaxy Ace 2 i8160 Hampir semua ukuran diagonal layar yang memungkinkan telah digunakan oleh samsung seluruh lini telepon genggamnya, kadang perbedaan ukuran layar antara dua model ponsel samsung hanya berbeda 0,1 inci saja. Misalnya Galaxy Ace dengan panjang diagonal layar 3,5 inci, Wave 3,65 inci, Galaxy W 3,7 inci dan galaxy ace dengan panjang diagonal layar 3,8 inci.

Resolusi Galaxy Ace 2 merupakan standar resolusi yang banyak digunakan untuk smartphone dengan ukuran diagonal layar 4 inci kebawah - 480 x 800 pixel, menggunakan sensor jenis kapasitif, telah mendukung multi-touch hingga 8 sentuhan simultan dengan sensitivitas sangat baik.

Matriks menggunakan telnologi PLS-LCD yang mampu menampilkan 16 juta warna. Kualitas layar dapat dikatakan sangat baik, jika dilihat dari sudut pandang maksimum (memandang layar kiri atau kanan) kecerahan hanya berkurang sedikit, tidak ada distorsi gambar, warna juga tidak mengalami perubahanan yang berarti.

Baterai

Samsung Galaxy Ace 2 i8160 menggunakan baterai Lithium-Ion (Li-ion) dengan kapasitas 1500 mAh. Dalam keterangan terlihat kalau baterai ini  dapat digunakan selama hingga 980 menit (16 jam lebih) pada jaringan GPRS/EDGE dan 450 menit (7,5 jam) pada jaringan 3G

Pada penggunaan standar tidak berlebihan baterai smartphone ini akan bertahan selama 15-16 jam. Pengisian baterai sampai penuh akan memakan waktu selama 2,5 jam baik dari USB maupun menggunakan kabel cas.

Pada menu Pengaturan (setting) ada fitur "menyimpan energi(Saving energy)". Anda dapat mengaktifkan fitur ini untuk menghemat penggunaan baterai. Pada fitur ini anda dapat mengatur: Mematikan WiFi saat tidak terhubung ke internet, mematikan bluetooth dan GPS saat tidak melakukan aktifitas (idle), menonaktifkan sinkronisasi yang merupakan background proses, Merubah kecerahan layar dll, bahkan ponsel ini juga punya tips untuk menghemat energi.

Konektifitas

Jaringan Internet Selular
Smartphone bekerja di jaringan 2G (850/900/1800/1900 MHz) dan 3G (900/2100 MHz). Kecepatan HSDPA - sampai 14,4 Mbit / s, HSUPA - hingga 5.76 Mbit / s.

Bluetooth, versi 3.0 HS (PBAP, PBA, A2DP, AVRCP, GAP, HFP, HSP, OPP, dll).

Wi-Fi, 802.11 a / b / g / n (2,4 GHz). Fasilitas Wifi pada perangkat ini dapat dioperasikan sebagai jalur akses (Wi-Fi Hotspot), transfer file (Wi-Fi Direct) dan konten multimedia (DLNA). Dalam "Pengaturan" ada item "Tethering dan portable hotspot.

USB 2.0, dapat digunakan Untuk transfer file dan sinkronisasi data kecepatan tinggi. Ketika terhubung ke PC Ace 2 akan terdeteksi sebagai USB-Flash Disk atau USB-modem.

Memory

Internal
Smartphone Samsung Galaxy Ace 2 i8160 memiliki 768 MB (sekitar 555 MB bebas) RAM, cukup untuk menjalankan sebagian besar aplikasi yang ada di google play besar tugas. Untuk menginstal aplikasi, foto, musik dan video disediakan 4 GB Flash-memori sebagai media storage, tetapi hanya tersedia sekitar 2 GB.

Eksternal
Memory Eksternal bawaan 2 GB. Slot kartu memori microSD mendukung sampai kapasitas 32 GB.

Kamera

Kamera 5 MP dibekali sebagai kamera utama Galaxy Ace 2 yang dilengkapi dengan autofokus dan untuk mendukung kinerja kamera Simple LED-flash dipasang untuk digunakan pada kondisi cahaya
Kamera Samsung Galaxy Ace 2 i8160
rendah. Kamera depan  0,3 MP tanpa autofocus yang dapat digunakan untuk melakukan video call.

Kualitas foto tidak lebih baik dari pendahulunya, hasilnyapun sebenarnya sudah cukup lumayan, transfer warna natural, tidak banyak gangguan warna bahkan dalam foto yang diambil pada malam hari.

Video dapat direkam dengan resolusi 1280 x 720 pixel, tidak ada auto focus pada kecepatan 30 frame per detik. Kualitas hasil rekamannya dapat digolongkan baik.

Tombol khusus untuk kamera tidak disediakan untuk ponsel ini, sehingga untuk menjalankan kamera anda harus men-tap pada icon kamera di home screen atau pada menu. Respon kamera sangat baik dengan tidak adanya delay saat tombol virtual shutter disentuh saat itu juga kamera mengambil gambar

Antarmuka kamera cukup simple dengan menampilkan icon untuk memilih kamera utama atau kamera depan, mengaktifkan lampu flash disebelah kiri layar sedangkan disebelah kanan terdapat icon yang dapat digunakan untuk memilih mengambil gambar atau merekam clip video dan icon untuk mengakses galery.

CPU dan System Operasi

Galaxy Ace 2 menggunakan chipset NovaThor  U8500 yang dikembangkan oleh ST-Ericsson, Prosesor ARM dual-core Cortex-A9 dengan frekuensi clock 800 Mhz (frekuensi minimum 200 MHz) dari masing-masing inti dan untuk GPU Mali-400 MP (single core).

Untuk Sistem operasi Samsung i8160 menggunakan Android versi 2.3.4 Gingerbread yang dapat diupgrade ke  v4.1.2 (Jelly Bean)

Musik, Radio dan Video

Music player, pemutar musik standar bawaan smartphone ini memungkinkan anda untuk mengurutkan lagu berdasarkan album, playlist dan artis. Tampilan dilayar menyajikan judul lagu, kontrol volume dan skala waktu. Volume suara untuk output ke speaker rata-rata, volume untuk headphone sedikit lebih baik. Secara keseluruhan kualitas suara yang dihasilkan masih rata-rata jika dibandingkan dengan smartphone dikelasnya.

FM-Radio, beroperasi pada kisaran frekuensi 88,5 - 108MHz, dapat menyimpan sampai 8 stasiun radio favorit.

Video Player, telah mendukung format video H264, Xvid, DivX dan format file AVI, MP4, MKV, WMV dan yang paling penting telah dapat memutar format .FLV file video standart youtube. Menggunakan akselerator grafis Mali-400. Resolusi maksimum hingga 720p. Saat menonton video Anda dapat menggunakan efek 5.1

Samsung Galaxy Ace 2 (i8160) pada dasarnya sebuah smartphone yang cukup baik, tidak ada celah yang terlihat, secara keseluruhan seimbang, layar besar, prosesor cepat dan telah dilengkapi dengan akselerator grafis yang sangat baik. Kamera walaupun masih dalam kisaran rata-rata namun telah dapat merekam dengan kualitas HD

 Spesifikasi Galaxy Ace 2 i8160

 

Dimensi
Panjang 11,83 cm
Lebar 6,22 cm
Tebal 1,05 cm
Berat 122 gr
Jaringan
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
UMTS/WCDMA/3G   900 / 2100
Data/Internet HSDPA, 14.4 Mbps
Layar
Tipe PLS TFT capacitive touchscreen, 16 juta warna
Ukuran 3,8 inci
Resolusi 480 x 800 piksel
Layar Sentuh Capacitive Touchscreen, Multi-Touch
Fitur -
CPU
Chipset NovaThor U8500
Prossesor ARM dual-core Cortex-A9 800 MHz
GPU Mali-400
Sistem Operasi Android v2.3 (Gingerbread), yang dapat diupgrade ke v4.1.2 (Jelly Bean)
Memory
Internal 4 GB
RAM 768 MB RAM
Eksternal microSD, Mendukung sampai 32 GB, 2 GB bawaan
Kamera
Utama 5 MP, 2592 x 1944 piksel
Depan 0,3 MP (VGA) tanpa auto-focus
Flash LED
Video 720 pixel pada kecepatan 30 Frame per detik
Fitur autofocus, Geo-tagging, face and smile detection
Baterai
Tipe Li-Ion
Kapasitas 1500 mAh
Stand-by 670  Jam (2G) / 640 Jam (3G)
Waktu Bicara Sekitar 16 jam  20 menit  (2G) / sekitar 7 Jam 30 menit (3G)
Konektifitas
Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth  v4,0 , A2DP
USB microUSB v2.0
Sensors Accelerometer, proximity, compass
TV-out -
Advertisement
Samsung Galaxy Ace 2 i8160 | Asti Rahmi | 5

9 komentar:

  1. kenapa ace 2 saya tidak bisa buat video call, di situ tertera keterangan perangkat tidak di dukung...mohon bantuanya...thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya bisa mas, kecuali kalo video callnya pake aplikasi pihak ketiga seperti line memang tidak bisa karena hardwarenya tidak mendukung :)

      Hapus
  2. Kok samsung model i8160 yang saya punya gak terbaca datanya di laptop ketika saya hubungkan?



    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ini mba..
      - Buka Settings > Applications > Development > USB debug. Aktifkan!
      - Reboot.
      - Kembali lakukan yang diatas, Non-aktifkan USB debug.
      - Coba konekkan lagi ke laptopnya

      Mudah-mudahan membantu :)

      Hapus
    2. ace 2 sy, touchscreen nya suka jalan sendiri tanpa disentuh.. itu suka membuka folder / aplikasi ketika layar aktif,, apabila sms suka terketik sendiri.. bagaimana ya?

      Hapus
  3. Coba di factory reset dulu mas, kalo masih tetap bawa ke service center nya samsung aja :)

    BalasHapus
  4. Ooo brti ace 2 gag bisa vicallbpke line ya..kalo young new bisa ga mbak vicall pake line mhn bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ga tau kalo itu mas, belum pernah nyoba.

      Tapi kalo mau video call, coba pake skype mas, biasanya jalan di ponsel dengan spek rendah, walaupun kualitasnya tidak terlalu bagus

      Semoga bisa membantu :)

      Hapus
  5. Saya nelepon di messanger tapi proximitynya nyala padahal saya uda mematikan nya

    BalasHapus