LG Nexus 4 E960

Advertisement

LG Nexus 4 E960
Smartphone dengan merk Nexus pertama kali diproduksi oleh HTC kemudian google beralih ke samsung yang memproduksi dua ponsel Nexus berikutnya. Tampaknya Google lebih menyukai produsen-produsen smartphone dari asia untuk memproduksi smartphonenya, karena untuk Google Nexus yang keempat ini Google bekerja sama dengan LG.

Dipasaran Nexus 4 terbukti mampu menyaingi smartphone android premium lain dengan tingginya permintaan akan ponsel ini. Bahkan saking tingginya permintaan Nexus 4 sempat kekurangan stok dipasaran.

LG dan Google pun saling melempar kesalahan atas buruknya level stok smartphone ini di pasaran. LG menyatakan google membuat perkiraan yang terlalu kecil atas penjualan Nexus 4 dan Google menuding buruknya rantai distribusi LG yang menyebabkan langkanya smartphone ini dipasaran.

Desain dan Dimensi

Pada ponsel Nexus sebelumnya kalau diperhatikan desainnya akan mengikuti model tertentu dari produsennya, contoh Nexus pertama (Google one) yang diproduksi oleh HTC yang desainnya berasal dari HTC Dream.

LG Nexus tidak mengikuti desain smartphone LG secara umum yang disebut L-style. Bagian depan lebih mirip ke Galaxy Nexus, dengan bentuk kotak persegi panjang dengan sisi yang melengkung.

Bagian depan disisi kiri dan kanan sedikit miring ditepinya sehingga menggunakan layar smartphone ini bisa benar-benar dilakukan dari tepi layar. Bingkai tipis dari plastik dengan warna metalik mengelilingi smartphone ini. 

Teknologi Gorilla Glass generasi kedua (Corning Gorilla Glass 2) melindungi bagian depan dan belakang smartphone ini. Dengan dukungan teknologi ini Nexus 4 tidak akan mudah tergores karena penggunaan. Sampai saat ini hanya iPhone 4 yang dilengkapi dengan lapisan Gorolla Glass depan dan belakang.

Hal baru dan manarik pada Nexus 4 ini ada dibawah lapisan yang tahan gores dimana terdapat kotak-kotak kecil warna putih yang dicetak dengan gradasi warna yang berbeda. Jika anda memiringkan smartphone ini akan terlihat efek seperti pada film "The Matrix". Agak sulit untuk menggambarkan efek ini, difotopun kurang kelihatan anda harus melihatnya secara langsung.

Diagonal layar lumayan besar 4,7 inci membuat dimensi LG Nexus 4 ini menjadi lumayan besar panjang 13,55cm lebar 6,79cm tebal 0,89 cm dan berat 139 g. Namun dengan bagian tepi yang sedikit miring dan menggunakan bahan yang enak saat disentuh, smartphone ini masih nyaman untuk digenggam. Kualitas desain dan perakitan sangat mantap.

Kamera depan, Sensor cahaya, sensor jarak dan speaker utama terletak dibagian atas layar. Sensor cahaya bekerja dengan baik dengan terus-menerus menyesuaikan kecerahan layar dengan lingkungan sekitar, begitu juga dengan sensor jarak dapat bekerja dengan baik.

Disisi bawah terdapat mikrofon utama dan soket microUSB yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan transfer data, sayang soket ini tidak dilengkapi dengan penutup pengamannya.
spesifikasi LG Nexus 4 E960

Disisi kiri terdapat slot untuk micro SimCard dengan desain mirip dengan slot di Iphone yang berdampingan dengan pengatur volume

Tombol power yang juga berfungsi untuk mengunci layar terletak disisi kanan

Sisi atas terdapat 3,5 mm audio jack untuk headphone atau headset dan microfon kedua yang berfungsi untuk meredam suara latar saat sedang menelepon.

Dibagian belakang terdapat kamera utama bersama lampu Led Flash.

Layar

Ukuran diagonal layar LG Nexus 4 mengikuti trend pasar 4,7 inci dengan ukuran fisik panjang 10,2 cm dan lebar 6,1 cm. Sebagai perbandingan Smartphone premium seperti  LG Optimus 4X, HTC One X mempunyai ukuran diagonal yang sama dengan smartphone ini, Samsung Galaxy S3 4,8 inci sedangkan Nokia Lumia 920 sedikit lebih pendek 4,5 inci.

Menggunakan resolusi 1280 x 768 (WXGA), dengan kerapatan pixel 326 ppi, detail gambar yang
LG Nexus 4 E960 review
dihasilkan sangat bagus. Aspek rasio 15:9. Menggunakan teknologi TrueHD IPS yang mampu menampilkan 16 juta warna.

Reproduksi warna terlihat alami, walaupun sedikit didominasi dengan warna kuning, jika layar dimiringkan sedikit, layar akan kehilangan kecerahannya sedikit namun gambar dapat tampil dengan baik

Panel touch-screen menggunakan teknologi baru G2 Touch hybrid Display yang dikembangkan atas kerjasama LG Innotek dan LG Display. Menggunakan teknologi ini ketebalan layar dapat dikurangi hingga 30%. Lapisan kace Gorilla Corning memainkan peran yang penting pada smartphone ini, karena LG telah menintegrasikan sensor sentuh pada lapisan luar kaca, yang menyebabkan fisik layar menjadi lebih tipis.

Sistem Operasi dan Interface

Peluncuran Nexus 4 ini bersamaan dengan diperkenalkannya android versi ter baru 4.2 yang walaupun versinya telah naik tetapi namanya tetap sama Jelly Bean.

Pada versi ini ada sedikit perbedaan antara tata letak android 4.2 ditablet dan di smartphone. Karena tablet seperti Nexus 10 memiliki layar yang lebih besar tentu saja dengan mudah mengatur tata letak diberbagai sisi dibandingkan dengan smartphone yang memiliki layar lebih kecil.
LG Nexus 4 E960
Sama seperti Galaxy nexus, smartphone ini tidak memiliki tombol fisik seperti pada smartphone samsung galaxy misalnya, yang ada hanya tombol software bawaan Sistem Operasi.

Android 4.2 ini juga memiliki kemampuan untuk digunakan sebagai perangkat multi user, dimana setiap user dapat membuat setting yang berbeda-beda untuk aplikasi dan file yang dimilikinya, dengan kata lain mirip dengan yang dapat dilakukan pada laptop atau PC. Sayangnya hal ini tidak tersedia pada smartphone untuk saat ini.

Quick Setting menu, dari namanya mungkin telah dapat disimpulkan fungsi dari menu ini, dimana pada menu ini pengguna dapat mengatur kecerahan layar, WiFi, Airplane mode, Bluetooth, Koneksi

LG Nexus 4 E960
kejaringan data. Disini terdapat juga link yang dapat digunakan untuk mengakses langsung menu setting. Untuk mengakses menu ini dengan cara menarik keluar notifikasi bar dengan menggunakan 2 jari, bukan satu jari seperti biasanya.

Jelly bean versi baru ini juga telah mendukung Widget pada Lock Screen bahkan tambahan panel untuk widget. Dengan fitur ini pengguna dimungkinkan untuk melihat E-mail, Kalender dan pemberitahuan lainnya tanpa masuk ke homescreen.

Untuk Google Now, sekarang telah banyak info yang dapat ditampilkan oleh fitur ini seperti telah mampu menemukan event lokal atau konser, tempat-tempat wisana dan lain-lain, namun sayang mungkin belum terlalu efektif di Indonesia. Fitur ini juga akan mengakses inbox gmail pengguna untuk mencari informasi yang relevan seperti saat mendapat email konfirmasi penerbangan atau hotel, Google Now akan otomatis mengambil informasi ini dan mengingatkan pengguna tentang hal tersebut.

CPU

Smartphone LG Nexus 4 dilengkapi dengan chipset yang paling canggih Qualcomm Snapdragon APQ8064, prosesor quad-core ARM Cortex-A15 dengan clock speed masing-masing inti 1.5 GHz, yang dibuat dengan teknologi 28 nm ARMv7.

GPU Adreno 320 sebagai grafik akselelator, yang telah mendukung DirectX versi 9.3.

Kombinasi CPU ini mampu melakukan tugasnya dengan baik, tidak ada delay yang berarti saat melakukan semua aktifitas. Menjalankan aplikasi atau game berat seperti NOVA3, GTA Vice City, Asphalt 7, Modern Combat 4 dapat dilakukan dengan mulus tanpa ada delay sedikitpun.

Memory

RAM yang dibekali untuk smartphone ini seharusnya mencukupi untuk semua kebutuhan pengguna, 2 GB (Tersedia sekitar 2,4 GB). Hampir semua ponsel premium yang ada dipasaran dilengkapi dengan kapasitas yang sama.

Internal memory 8 GB/ 16 GB, para pengembang smartphone ini kayaknya memutuskan internal memoryy sudah dapat menampung semua kebutuhan pengguna sehingga tidak menyediakan External Memory.

Kamera

LG membenamkan Kamera 8 MP sebagai kamera utama untuk Nexus 4 ini, memang 8 Megapiksel tidak membuat smartphone ini mempunyai kamera terbaik dipasaran namun yang harus diingat megapiksel tidak selalu menentukan kualitas kamera.

User interface
Tampilan awal UI kamera hanya terdiri dari View Finder (Jendela bidik), dan sidebar yang berisi tombol shutter, setting dan camera mode. Saat membuka menu setting yang dapat diakses melalui tombol setting atau dengan cara men-tap dan tahan pada viewfinder, akan tampil sebuah lingkaran dengan berbagai pilihan yang mengelilinginya. Dengan menggeser jari anda kesalahsatu pilihan tersebut akan membuka pilihan selanjutnya. Pengguna dapat melakukan gerakan mencubit layar untuk men-zoom sampai 4x ( pinch-to-zoom).
LG Nexus 4 E960

Akses ke galery juga pada tampilan awal tidak terlihat, namun dengan menyapu layar kearah kiri atau kanan akan menampilkan galery. Exposure dan Focus-lock juga tersedia, pengaturan white-balance, 4 scene mode dll. Secara keseluruhan kamera Nexus 4 ini telah menyediakan banyak fasilitas untuk kebutuhan penggunanya

Fitur menarik untuk kamera adalah Photo Sphere yang mengembangkan modus panorama. Pada fitur ini foto tidak hanya diambil secara horizontal seperti pada modus panorama, tapi juga secara vertikal.

Kecepatan kamera dalam mengambil gambar tergantung pada kecepatan terkuncinya fokus pada objek yang akan difoto, tetapi rata-rata masih dibawah 2 detik.

Baterai

Smartphone ini menggunakan non-removeable Lithium Ion (Li-ion) dengan kapasitas 2100 mAh.

Menonton video pada youtube menggunakan Wifi dapat berlangsung selama 5 jam lebih sebelum baterai akhirnya kehabisan daya. Namun tentu ini merupakan pekerjaan yang mengambil banyak daya baterai. Untuk pengunaan normal setiap hari tergantung pada level kecerahan layar yang digunakan, jika menggunakan level kecerahan yang terendah smartphone ini dapat bertahan hingga 13 jam.

Kesimpulan

LG Nexus 4 telah didesain dengan sangat bagus bahkan dalam pendapat pribadi, desain smartphone lebih baik dari pada iPhone 4 atau samsung galaxy S3. Misalnya bagian sisi yang sedikit miring, lapisan Gorilla Glass 2 yang ditambah dengan lapisan oleophobic. Dan efek grafis dibagian cover belakang yang luar biasa.

Smartphone ini sangat maksimal disetiap bagian CPU, Layar, Kamera, sistem operasi cuman mungkin memory yang sedikit menjadi titik lemah karena tidak hadirnya External memory.

Secara keseluruhan LG Nexus 4 adalah sebuah smartphone premium yang luar biasa.

Spesifikasi LG Nexus 4 E960

Dimensi
Panjang 13,55  cm
Lebar 6,79 cm
Tebal 0,89 cm
Berat 139 gr
Jaringan
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
UMTS/WCDMA/3G   HSDPA 900 / 2100
Data/Internet HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
Layar
Tipe True HD IPS Plus 16 juta warna
Ukuran 4,7 inci
Resolusi 768 x 1280  piksel
Layar Sentuh Capacitive Touchscreen, Multi-Touch
Fitur Corning Gorilla Glass 2
CPU
Chipset Qualcomm APQ8064 Snapdragon
Prossesor Quad-core 1.5 GHz Krait
GPU Adreno 320
Sistem Operasi Android OS v4.2 (Jelly Bean) dapat diupgrade ke v4.3 (Jelly Bean)
Memory
Internal 8/16 GB
RAM 2 GB
Eksternal -
Kamera
Utama 8 MP, 3264 x 2448 piksel
Depan 1,3 MP
Flash LED flash
Video 1080p@30fps
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, photo sphere
Baterai
Tipe Non-removable Li-Po
Kapasitas 2100 mAh
Stand-by - (2G) / 390 Jam (3G)
Waktu Bicara -  (2G) / sekitar 15 Jam (3G)
Konektifitas
Wi-Fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, DLNA, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.0  A2DP
USB microUSB v2.0
Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
TV-out -
Fitur Lain
Wireless charging
SNS integration
Voice memo/dial/commands
Active noise cancellation with dedicated mic
Loudspeaker
Advertisement
LG Nexus 4 E960 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar