Samsung Galaxy Chat B5330

Advertisement
Spesifikasi Samsung Galaxy Chat B5330

Smartphone android biasanya full touch screen tanpa kehadiran keyboard fisik, namun samsung galaxy chat sedikit bergeser dari kebiasaan ini. Dari namanya Smartphone Touch and Type ini dapat ditebak lebih ditujukan untuk kegiatan chatting atau pesan teks yang akan semakin terasa mudah dengan hadirnya keyboard fisik, karena screen keyboard bagi sebagian orang mungkin terasa kurang nyaman dan tidak dapat melakukan aktifitas mengetik secepat jika menggunakan keyboard fisik.

Samsung Galaxy chat sebenarnya bukan ponsel samsung pertama menggunakan nama "chat". Sebelumnya samsung pernah mengeluarkan ponsel dengan nama Ch@ts, sebuah ponsel dengan harga dan fitur minimal yang ditujukan untuk remaja yang sangat gemar mengirim pesan teks.

Dimensi dan Desain

Dari segi desain Samsung Galaxy Chat lebih mirip dengan Blackberry. Jika samsung mengeluarkan versi dengan spesifikasi lebih tinggi mungkin akan menarik, karena akan berhadapan langsung dengan ponsel-ponsel blackberry.

Dengan dimensi panjang 11,8cm lebar 5,93cm tebal 1.17cm dengan berat 112g. Dibungkus dengan casing dengan bahan dasar plastik sebagai mana semua ponsel keluaran samsung.

Tombol power/Lockscreen seperti biasa terletak disisi kanan dan disisi kiri terdapat tombol pengatur volume. Standart audio jack 3,5mm berada disisi atas ponsel ini dan konektor microUSB dibagian bawah.
Spesifiksasi Samsung Galaxy Chat B5330

Diatas layar terdapat speaker utama sensor proximity, dan dibawah layar terdapat 3 tombol utama khas android yaitu Menu, Home dan Back. Satu lagi perbedaan desain ponsel ini dimana tombol home yang biasanya merupakan tombol mekanik, pada ponsel ini ketiga tombol menggunakan soft button atau tombol sentuh. Dibawah tombol inilah terdapat keyboard fisik QWERTY.

Kehadiran keyboard fisik pada ponsel ini mengubah beberapa hal seperti tidak munculnya onscreen keyboard secara default, kecuali pada aplikasi dialer, saat di buka onscreen dial pad akan muncul, tapi hal ini tampaknya karena akan lebih mudah mengetikkan nomor menggunakan onscreen dial pad ini dibanding menggunakan keyboard fisik.

Namun pada aplikasi pesan teks seperti  keyboard tidak akan otomatis muncul sebagai mana biasanya pada smartphone android full touchscreen, jadi pengguna harus menggunakan keyboard fisik untuk mengetik pesan teks.

Tombol-tombol pada Keyboard fisik telah didesain dengan sangat baik oleh samsung sekilas sangat mirip dengan keyboard blackberry, sayang tombol-tombolnya terlalu kecil sehingga pengguna harus menggunakan kuku untuk menekannya. Saat ditekan tombol ini melakukan respon yang sangat baik, mungkin keyboard ini tidak secanggih seperti keyboard blackberry tapi harus diingat Galaxy Chat ini dijual dengan harga yang relatif rendah jadi tidak bisa terlalu berharap akan adanya fitur "wah".

Namun bagaimanapun ponsel ini mencoba menawarkan kenyamanan mengetik seperti pada blackberry, nyaman tidaknya penggunaan keyboard fisik ini tergantung dari penggunanya sendiri. Pada keyboard ini terdapat tombol khusus untuk ChatOn yang merupakan aplikasi chatting buatan samsung.

Kamera utama 2 MP terletak dibagian belakang bersama dengan speaker kedua untuk mengeluarkan nada dering ponsel atau musik yang sedang diputar.

Kualitas desain dan perakitan sangat terasa saat smartphone ini digenggam  tidak ada bagian yang bergerak dan semua bagian menyatu dengan kokoh.

Layar

Ukuran diagonal layar samsung galaxy chat adalah 3 inci dengan resolusi 240 x 320 dengan kepadatan piksel 133 ppi. Jika dibandingkan dengan smartphone android lain dengan rentang harga yang lebih tinggi bisa terlihat kalau harga sangat berbanding lurus dengan kualitas. Layar tentu  saja menjadi salah satu bagian yang dipangkas habis-habisan untuk menekan harga.

Sistem Operasi dan Interface

Untung Ice Cream Sandwich telah didesain dapat berjalan pada ponsel dengan spesifikasi rendah seperti samsung galaxy chat ini dengan opsi dapat diupdate ke jellybean. Selain itu samsung juga melengkapi ponsel ini dengan TouchWiz versi terbaru 4.0 Nature UX, yang pertama kali digunakan oleh Galaxy S III dan tentu saja telah dimodifikasi sedikit agar dapat berjalan pada layar yang lebih kecil dan prosesor yang lebih lambat.

Menjelajahi interface ponsel ini dapat berjalan dengan mulus, berpindah dari dari satu panel homescreen ke panel homescreen yang lain berjalan lancar tanpa tersendat. Begitu juga saat melakukan zoom out dihomescreen yang akan menampilkan seluruh panel homescreen animasi dapat tampil dengan baik tanpa tersendat.

Selain itu samsung juga telah memasukkan beberapa aplikasi fitur dan aplikasi bawaan seperti S Planer, aplikasi google lengkap (gmail, G Plus, Youtube dan lain-lain), Quick Office yang dapat digunakan untuk membuka dokumen yang dibuat menggunakan MS-Office atau Open Office. untuk game telah tersedia Angry bird space dan Temple Ruin.

Social Hub yang merupakan gerbang dalam melakukan berbagai aktifitas dalam berbagai jaringan social network seperti facebook, linkedln, twitter dan lain-lain serta Messanger Buatan samsung ChatOn yang kabarnya telah menyentuh 100 juta pengguna.

CPU dan Memory

Smartphone ini menggunakan prosesor dengan kecepatan 850 Mhz, yang didukung dengan 512 MB RAM dan 4 GB internal memori yang jika dirasa masih kurang maka eksternal memory ponsel ini telah mendukung hingga 32 GB

Kamera

Setelah layar spesifikasi kamera samsung galaxy chat lah yang menjadi sasaran penurunan kualitas dalam memangkas biaya produksi yang secara otomatis dapat menurunkan harga jual serendah-rendahnya, 2 MP tanpa auto dan Lampu Flash. Semestinya dalam rentang harga Galaxy Chat minimal dibekali dengan 3,2 MP seperti ponsel-ponsel lain di rentang harga yang sama.

Foto yang dihasikan tentu saja tidak bisa terlalu diandalkan, namun dengan kamera 2 MP bukan berarti tidak bisa membuat foto yang bisa dipamer diberbagai media sosial, dengan penanganan kamera yang baik dan cahaya yang cukup dapat menghasilkan foto yang cukup pantas.

Baterai

Samsung Galaxy Chat diluncurkan menggunakan baterai Li-Ion 1200 mAh. Menurut keterangan resminya waktu bicara 13 jam pada jaringan 2G dan 5 jam dijaringan 3G. Mengunakan ponsel ini untuk browsing internet, download dan menjalankan banyak aplikasi akan menyerap banyak daya baterai smartphone ini dengan cepat.

Dalam kondisi standby ponsel ini dapat bertahan hingga 460 jam pada jaringan 2G dan 350 jam pada jaringan 3G. Secara keseluruhan daya tahan baterai sudah lumayan mencukupi.

Kesimpulan

Spesifikasi Samsung Galaxy Chat yang sangat minim menyebabkan banyak kekurangan bagian-bagian utama dari sebuah smarphone yaitu layar, kamera dan performa. Contoh rendahnya resolusi layar akan membuat sangat tidak nyaman saat menggunakan ponsel ini untuk menjelajahi internet atau membaca sebuah buku digital apalagi kalau mau digunakan untuk membuat atau menyunting naskah dokumen yang cukup panjang. Ponsel ini lebih ditujukan  untuk penggunaan yang tidak terlalu berat

Harga jual yang rendahpun rasanya tidak dapat menutupi ketiga kelemahan utama tersebut. Mungkin sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini ada baiknya tengok dulu review-review smartphone brand lokal dengan rentang harga dan spesifikasi yang kurang lebih sama ponsel brand lokal biasanya menang diukuran layar. Meskipun kemungkinan masih sulit jika membandingkan kualitas desain dan perakitan.

 Spesifikasi Samsung Galaxy Chat B5330

Dimensi
Panjang 11,89  cm
Lebar 5,93 cm
Tebal 1,17 cm
Berat 112 gr
Jaringan
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
UMTS/WCDMA/3G   HSDPA 900 / 2100
Data/Internet HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
Layar
Tipe TFT  256 ribu warna
Ukuran 3 inci
Resolusi 240 x 320 pixels QVGA
Layar Sentuh Capacitive Touchscreen, Multi-Touch
Fitur -
CPU
Chipset -
Prossesor 850 MHz
GPU -
Sistem Operasi Android OS v4.0 (Ice Cream Sandwich) dapat diupgrade ke v4.1.2 (Jelly Bean)
Memory
Internal 4 GB
RAM 512 MB
Eksternal microSD, Mendukung sampai 32 GB
Kamera
Utama 2 MP, 1600x1200 pixel
Depan -
Flash -
Video VGA@15fps
Fitur Geo-tagging
Baterai
Tipe Li-Ion
Kapasitas 1200 mAh
Stand-by 520 Jam (2G) / 380 Jam (3G)
Waktu Bicara 14 Jam  (2G) / sekitar 5 Jam (3G)
Konektifitas
Wi-Fi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v3.0  A2DP
USB microUSB v2.0
Sensors Accelerometer, proximity, compass
TV-out -
Fitur Lain
Image/video editor
SNS integration
S Planer
Active noise cancellation with dedicated mic
Loudspeaker
Advertisement
Samsung Galaxy Chat B5330 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar