Samsung Galaxy Core I8260 dan Core Duos I8262

Advertisement
Review Samsung Galaxy Core
Samsung Galaxy Core datang dalam dua tipe yaitu Galaxy Core (I8260) dan Galaxy Core Duos (I8262), perbedaan dari keduanya seharusnya sudah dapat ditebak dari kebiasaan samsung dalam penamaan ponselnya yang mana Duos berarti ponsel yang dibekali dengan 2 slot simcard. Tidak ada perbedaan yang mencolok dari spesifikasi hardware atau aplikasi yang di benamkan kedalam kedua smartphone ini, kecuali slot Simcard

Samsung Galaxy Core merupakan smartphone android dengan harga jual yang  rendah dengan layar sentuh 4,3 inci, prosesor dual-core 1,2 GHz, RAM 1GB dan kamera utama 5 MP.  Disisi software Android 4.1 Jelly Bean berperan sebagai sistem operasi yang dipadu dengan TouchWiz sebagai antarmuka. Dilengkapi oleh fitur Smart Stay (layar tetap aktif saat pengguna sedang membaca), Smart Alert (pengguna mendapatkan pemberitahuan langsung dari pesan yang masuk saat Anda telepon diaktifkan) dan S Voice (voice control). Berikut review lengkap hp Samsung Galaxy Core

Desain

Desain Galaxy Core merupakan desain smartphone khas Samsung, terbuat dari cetakan yang sama seperti smartphone Android samsung lainnya dan masih menggunakan casing yang terbuat dari plastik. Dengan sudut melengkung dihiasi dengan bingkai plastik perak metalik yang kelihatan seolah-olah terbuat dari almunium sepanjang sisi-sisinya

Casing yang terbuat dari plastik glossy, mungkin dibuat dari bahan dengan kualitas minimal karena bekas sidik jari dengan mudah melekat pada casing sehingga harus terus-menerus dibersihan.

Galaxy Core datang dengan dua pilihan warna yaitu putih dan biru. Dirakit dengan kualitas prima tidak ada bagian yang bergerak semua bagian menyatu dengan kokoh.

Smartphone ini cukup ringkas dan mudah digunakan dengan sebelah tangan plus tidak akan ada bagian yang keluar seperti pada beberapa smartphone besar samsung saat dimasukkan kedalam kantong baju.

Samsung Galaxy Core reviewTata letak tombol sama seperti yang lain, Tombol fisik besar yang diletakkan ditengah, diapit oleh dua tombol sentuh dikiri dan kanan. Tombol power berada disisi kanan dan pengatur volume disisi kiri. Port microUSB  terletak dibagian bawah sedangkan 3,5mm standar audio jack berada dibagian atas

Lensa untuk kamera 5 MP Galaxy Core terletak dibagian belakang yang didampingi oleh lampu flash LED disebelah kanan dan celah untuk speaker disebelah kirinya

Layar

Panjang diagonal layar ponsel ini 4,3 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel (WVGA), sebuah resolusi yang cukup kecil di era layar 720p bahkan 1080p (Full HD), dengan kerapatan piksel 217 ppi ini akan terlihat titik-titik pixel layar, mungkin layar galaxy core ini tidak akan setajam yang diharapkan, walaupun sebenarnya hal ini dapat dimaklumi kalau mengingat harga smartphone ini, karena layar merupakan salah satu bagian yang biasa dikorbankan untuk menekan harga jua.

Hal pertama yang mungkin menjadi perhatian pengguna smartphone ini saat mengaktifkan ponsel ini adalah layarnya kurang terang, Namun akurasi warna layar tinggi dan secara umum gambar yang dihasilkan layar ponsel ini cukup lumayan dengan sudut pandang yang baik dimana warna dan kecerahan tidak mengalami perubahan yang berarti saat layar dilihat dari samping.

Tidak ada sensor cahaya yang berarti tidak ada pengaturan kecerahan otomatis. Untuk mencapai harga yang serendah-rendahnya memang banyak yang harus dikorbankan, walaupun sebenarnya ketidakhadiran sensor cahaya mungkin akan mengganggu untuk sebagian pengguna. Untungnya, Samsung menempatkan slider kecerahan tepat di dropdown notifikasi untuk mengatur kecerahan layar dengan cepat saat dibutuhkan.

User Interface

Android 4.2 Jelly Bean menjadi sistem operasi smartphone samsung ini, dilengkapi dengan antarmuka TouchWiz Nature UX, versi TouchWiz yang sama yang digunakan oleh samsung S3 dan hanya terpaut satu versi dengan TouchWiz terbaru yang digunakan oleh S4 yaitu Nature UX 2.0
Review Samsung Galaxy Core I8260 dan Core Duos I8262

Tampilan lockscreen sama seperti Galaxy S3, tap dan geser kearah manapun akan membuka tampilan lockscreen, suara tetesan air akan terdengar saat homescreen ditampilkan, tidak ada efek gelombang air seperti pada Galaxy S3.

Untuk aktifitas membuka kunci layar samsung menyediakan beberapa cara lagi selain yang telah disebutkan tadi seperti pengenalan wajah, pengenalan wajah dan suara, membuka lockscreen dengan pola yang telah ditentukan sebelumnya atau menggunakan pin.

Review Samsung Galaxy Core I8260 dan Core Duos I8262Terdapat 7 Panel Homescreen yang dapat digunakan untuk widget atau shortcut aplikasi dan folder. Melakukan gerakan mencubit (pinch) pada layar akan zoom out semua panel layar yang tersedia, disini pengguna dapat menambah, menghapus atau mengatur urutan panel homescreen.

Pada bar notifikasi telah tersedia banyak fitur untuk akses cepat seperti, mengaktifkan dan mematikan WiFi, GPS, Bluetooth, mengatur orientasi layar dan pada baris kedua terdapat slider untuk mengatur kecerahan yang layar, ketidakhadiran sensor cahaya membuat pengaturan ini menjadi penting terutama saat ponsel digunakan diluar ruangan dimana kecerahan layar harus dinaikkan dan kemudian diturunkan kembali saat telah berada didalam ruangan untuk menghemat baterai.

Widget cuaca dan media, telah disediakan samsung untuk smartphone android ini bersama dengan aplikasi yang powerfull seperti S Planner, musik dan video player dan file manager. Untuk phonebook samsung menambahkan sedikit sentuhan seperti saat menyapu kearah kanan pada nama kontak akan memunculkan pilihan untuk menelepon sedangkan menyapu kekiri untuk mengirim sms.

Galaxy Core menyediakan beberapa pilihan untuk menginput teks. Keyboard QWERTY virtual samsung adalah salah satu keyboard terbaik jika dibandingkan dengan keyboard bawaan android atau keyboard pihak ketiga yang banyak tersedia di Google Play, responsif, dengan ukuran tombol yang lumayan besar dan adanya jarak spasi antar tombol.

Menyapu keyboard kekiri atau kekanan akan mengganti tampilan keyboard dari alphabetik ke simbol. Menginput teks dengan menggunakan keyboard ini juga ada dua cara yang pertama dengan cara men-tap huruf demi huruf seperti biasa, dan cara kedua adalah dengan cara menyapu dari huruf ke huruf tanpa mengangkat jari dari layar, dengan mengaktifkan fitur continous input.

Jika anda ingin mencoba cara lain untuk menginput teks, smartphone ini masih punya fitur pengenalan tulisan tangan yang keakuratannya cukup lumayan. Selain itu hp samsung Galaxy Core dibekali dengan fitur prediksi teks cangggih yang mampu mempercepat proses pengetikan atau mengurangi kesalahan dalam pengetikan. Fitur ini dapat mempelajari kebiasaan pengguna dalam menulis kata dengan mempelajarinya dari e-mail, postingan facebook atau tweet di twitter.

Radio FM, Music dan Video Player

Radio FM Galaxy Core telah dilengkapi dengan RDS, antarmuka aplikasi ini sederhana dengan tombol putar seperti pada radio tape tempo dulu digunakan untuk mencari frekuensi radio, pencari otomatis tentu saja telah disiapkan. Pengguna dapat menyimpan 12 stasiun favorit. Untuk mengaktifkan radio membutuhkan headset yang bertindak sebagai antena. Suara dari radio dapat dialihkan ke loudspeaker dan pengguna dapat merekam siaran radio yang sedang didengarkan.

Music Player, Menggunakan aplikasi pemutar musik yang sama dengan sebagaian besar smartphone galaxy samsung. Telah tersedia banyak pilihan preset untuk output suara termasuk costum yang dapat diatur sendiri settingannya oleh pengguna ponsel ini. Fitur Music square juga hadir pada ponsel ini.

Video Player, HP Android samsung biasanya mempunyai video player, namun untuk sedikit kurang fitur, karena ponsel ini tidak dapat memutar Video HD, MKV dan XviD tidak dapat berjalan dengan mulus, hanya format MP4 dan AVI yang bisa berjalan dengan baik. Namun player ini telah mempunyai fitur yang medukung subtitle, jadi dapat mencari subtitle untuk video yang sedang diputar.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy Core 5MP dengan resolusi maksimal 2560 x 1920 yang dilengkapi dengan lampu flash LED yang dapat membantu pada lingkungan dengan tingkat cahaya rendah. Antarmuka kamera secara keseluruhan sama dengan Galaxy S3. Disisi kanan bagian atas terdapat tombol switch untuk berpindah antara kamera dan camcorder, tepat dibawah switch ini terdapat tombol shutter untuk mengambil gambar dan disudut kanan bawah ada lah shortcut untuk galery.

Cukup banyak fitur yang berikan pada smartphone ini diantaranya smile shot, touch focus, continous shot, panorama dan saat sedang merekam video dapat sambil mengambil gambar walaupun dengan resolusi rendah.

Foto yang dihasilkan oleh kamera ini kurang memuaskan dengan banyaknya noise yang terbentuk bahkan dilingkungan dengan cahaya yang melimpah, sangat kurang sesuai dengan kameranya yang sudah 5MP yang seharusnya dapat memproduksi hasil yang lebih baik.

Untuk rekaman video, smartphone ini dapat merekam video dengan resolusi 720 x 480 pixel, 30 frame per detik untuk suara hanya bisa merekam dengan kualitas mono. Hasil rekaman yang lumayan, sedikit lebih baik dari pada hasil fotonya.

Konektifitas

Smartphone ini telah mempunyai berbagai fitur standar untuk konektifitas, untuk jaringan GSM ponsel ini sudah mendukung Quad-band 2G dan dual-band 3G denan HSDPA 7,2 Mbps dan HSUPA 5,76Mbps. Wifi telah meliputi standar b/g/n dan dapat berfungsi sebagai portable hotspot. Bluetooth sudah versi 3.0 dan GPS

Kesimpulan

Samsung Galaxy Core merupakan smartphone dengan harga terjangkau namun dilengkapi fitur yang lengkap walaupun sebenarnya masih ada beberapa ponsel yang lebih baik dikelasnya. seperti Sony Xperia M dan Nokia Lumia 620 yang menawarkan spesifikasi hardware yang lebih baik atau dengan menambah sedikit Galaxy S3 mini mungkin dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Untuk spesifikasi smartphone ini anda bisa lihat disini 
Advertisement
Samsung Galaxy Core I8260 dan Core Duos I8262 | Asti Rahmi | 5

2 komentar: