Samsung Galaxy Fame S6810

Advertisement
Spesifikasi Samsung Galaxy Fame S6810

Dunia smartphone mungkin lebih disibukkan dengan smartphone-smartphone premium dengan dukungan kualitas mumpuni, performa mantap, fitur selangit dan menggunakan komponen-komponen canggih  keluaran terakhir, namun satu hal yang tidak pernah lepas dari smartphone premium adalah harganya!! yang mungkin membuat sebagian orang berfikir dua kali untuk memilikinya walaupun sangat mengidam-idamkannya. Jika kebutuhan ponsel anda tidak terlalu wah mungkin tidak perlu membuang uang begitu banyak untuk ponsel premium.

Lini Samsung Galaxy selalu berkembang dengan berbagai model yang ditujukan untuk setiap segmen pasar, samsung selalu berusaha untuk memasuki semua segmen pasar smartphone bahkan membuat segmen pasarnya sendiri. Galaxy Fame merupakan smartphone android yang berada di bagian bawah lini samsung galaxy dengan mentarget segmen pasar menengah kebawah dengan kisaran harga jual barunya 1.700.000-an, dengan layar 3,5 inci, prosesor 1 Ghz single-core dan kamera 5 Mega Pixel yang telah menjadi standar di kelas smartphone menengah kebawa.

Jika anda belum pernah memiliki smartphone dari samsung sebelumnya dan  kantong tidak menjangkau smartphone premium seperti Samsung Galaxy S4, mungkin Galaxy Fame pantas untuk di tengok. Dengan desain yang sangat mirip dengan S3 bisa dikatakan Fame merupakan salah satu smartphone yang sangat lumayan dikelasnya.

Salah satu keunggulan ponsel ini adalah telah menggunakan Jelly Bean sebagai sistem operasinya dan kameranya telah menggunakan kamera 5 mega pixel. Cuman dari sini kualitas ponsel ini akan lebih dibawah dibanding kompetitor sekelasnya.

Layar 3,5 inci namun dengan resolusi yang kecil jika dibandingkan dengan ukuran layarnya, sudut pandang yang sangat buruk yang mana warna akan terdistorsi jika anda memandang layar galaxy fame ini dari samping, walaupun dengan hanya bergeser sedikit kesamping kualitas tampilan layar ponsel ini akan jatuh.

Desain

Galaxy Fame sangat jelas mengikuti desain casing S3, mulai dari bentuk warna sampai ke bingkai yang mengelilingi smartphone ini. Dengan menggunakan dimensi Panjang 11,32 cm, Lebar 6,16 cm dan tebal 1,16 cm dan berat 120,6 gr. Mungkin sedikit mungil dibandingkan dengan smartphone lain namun dimensi ini membuatnya sangat nyaman untuk digenggam dengan satu tangan.

Pada sisi-sisi galaxy fame ini terdapat pengatur volume, standar jack 3,5 mm, tombol power dan port micro-USB yang dapat digunakan untuk transfer data dan mengisi ulang baterai. Bagian belakang terdapat kamera 5 MPnya dan speaker sedangkan slot kartu microSD terdapat dibawah penutup casing belakang bersama dengan slot SIM card dan baterai tentunya.

Layar

Samsung Galaxy Fame S6810 Samsung Galaxy Fame dilengkapi dengan layar yang berukuran 3,5 inci yang agak sedikit kecil dibandingkan dengan sebagian besar smartphone yang beredar dipasaran namum hal ini membuatnya tidak merepotkan untuk digenggam dengan satu tangan, namun sedikit kurang luas untuk on-screen keyboard, menampilkan foto, video atau aplikasi.

Ukuran layar ponsel ini mungkin akan sedikit menyulitkan jika anda mempunyai ukuran jari yang besar, jadi jika anda bermaksud untuk membeli ponsel ini pastikan anda mencoba terlebih dahulu sebelum membayarnya.

Menggunakan resolusi 320 x 480 pixel, yang merupakan resolusi yang sangat minim untuk ukuran smartphone android keluaran baru, dengan sudut pandang yang sangat buruk, warna akan terdistorsi walaupun ponsel dimiringkan sedikit.

CPU dan Sistem Operasi

Salah satu kelebihan Samsung Fame adalah dengan telah menggunakan Android 4.1.2 Jelly Bean sebagai sistem operasinya. Layout dan pengoperasiannya kurang lebih sama dengan versi-versi android pendahulunya jadi tidak akan banyak kesulitan bagi pengguna sistem operasi android untuk menggunakannya.
Samsung Galaxy Fame S6810

Secara total terdapat tiga homescreen yang dapat diisi dengan icon aplikasi atau widget. Mungkin tidak terlalu banyak jadi anda harus sedikit selektif untuk menempatkan widget atau aplikasi yang akan ditempatkan pada homescreen. Dibagian bawah terdapat tiga icon aplikasi yang dapat diatur sesuai dengan selera.

Bar notifikasi yang dapat di munculkan dengan mengusap bagian atas layar memuat pengaturan-pengaturan penting seperti kecerahan layar, konektifitas Wi-Fi, Bluetooth yang sangat memudahkan untuk mengaktifkan aau menonaktifkan sebuah fungsi tanpa harus mengakses pengaturan pada menunya.

Berbeda dengan interface ponsel ini yang nampak rapi dan sederhana, performa ponsel ini tidak bisa dikatakan yang terbaik karena prosesor 1Ghz yang dibekali untuk smartphone ini tampaknya harus merangkak untuk menjalankan aplikasi, bahkan aplikasi utama pun tidak dapat berjalan dengan mulus. Beralih ke satu homescreen ke yang lain akan terasa delay waktunya, apalagi jika telah dipasangi beberapa widget, hal yang sama terasa jika menarik turun notifikasi bar atau mengakses sebuah menu akan terasa delay beberapa detik.

Kamera

Dibagian belakang Samsung Galaxy Fame ini terdapat kamera 5 MegaPixel yang agak sedikit mewah untuk ukuran kelas ponsel ini. Hasil bidikannya juga sudah lumayan dapat mencapai eksposur secara keseluruhan dengan baik, degan noise minimal bahkan didaerah gelap. Reprosuksi warna yang dihasilkan juga sudah lumayan dengan menampakkan perbedaan warna yang jelas walaupun terdapat sedikit penurunan pada objek yang agak jauh.

Baterai

Galaxy Fame, dilengkapi dengan baterai Li-Ion yang berkapasitas 1300mAh, yang mungkin tidak terlalu besar tapi sudah cukup mengingat smartphone ini menggunakan layar dengan resolusi rendah dan prosesor single-core yang tidak akan menarik daya yang terlalu besar dalam penggunaannya.

Dalam keterangannya smartphone ini tahan hingga 6 jam  digunakan pada jaringan 3G, daya baterai ponsel ini akan tersedot dengan deras jika digunakan untuk menonton video streaming seperti youtube, namun dapat bertahan lama saat standby.

Atur kecerahan layar serendah-rendahnya, matikan Wi-Fi, Bluetooth, GPS saat tidak digunakan akan dapat membantu ponsel ini bertahan digunakan dari pagi sampai malam.

Kesimpulan

Walaupun didesain sangat mirip dengan Galaxy S3, Kamera yang bagus dan harga terjangkau. Namun kinerja yang tidak terlalu baik dan layar yang kurang maksimal, mungkin ada baiknya membandingkannya terlabih dahulu dengan ponsel sekelasnya sebelum mengambil keputusan.

Spesifikasi  Samsung Galaxy Fame S6810

Dimensi
Panjang 11,32 cm
Lebar 6,16 cm
Tebal 1,16 cm
Berat 120 gr
Jaringan
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
UMTS/WCDMA/3G   900 / 2100
Data/Internet HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, 3G, EDGE, GPRS
Layar
Tipe TFT capacitive touchscreen, 256 Ribu Warna
Ukuran 3,5 inci
Resolusi 320 x 480 pixels
Layar Sentuh Capacitive Touchscreen, Multi-Touch
Fitur -
CPU
Prossesor 1 GHz
Sistem Operasi Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean)
Memory
Internal 4 GB
RAM 512 MB RAM 
Eksternal microSD, Mendukung sampai 64 GB, 2 GB bawaan
Kamera
Utama 5 MP,  2592х1944 pixels
Depan VGA
Flash LED
Video VGA @25fps
Fitur Auto-focus, Geo-tagging, touch focus, face detection
Baterai
Tipe Li-Ion
Kapasitas 1300 mAh battery
Stand-by 420 Jam (2G) / 380 Jam (3G)
Waktu Bicara 8 Jam (2G) / 6 Jam (3G)
Konektifitas
Wi-Fi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Wi-Fi Direct
Bluetooth  v4.0 with A2DP
USB microUSB v2.0
TV-out  -
Sensors Accelerometer, proximity, compass
Advertisement
Samsung Galaxy Fame S6810 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar