Samsung Galaxy Grand Duos I9082

Advertisement
Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Duos I9082

Desain dan Dimensi

Samsung pada kenyataannya seperti beberapa perusahaan lain, pada beberapa tahun terakhir dalam memproduksi smartphone selalu mengambil desain dari produk andalannya, produk yang telah terbukti laku keras dipasaran. Galaxy Grand Duos tidak terkecuali, hampir seluruhnya desainnya disalin dari smartphone premium populer Galaxy S III: berbentuk oval, bentuk kontrol yang sama dan rincian spesifik S3, posisi sensor, tombol, kamera dan lampu flash. Tidak banyak perbedaan.

Dengan menggunakan dimensi panjang 14,3 cm, lebar 7,6 dan tebal 0,96 cm (untuk Galaxy S III - 13,6 x 7,0 x 0,86 cm), berat - 162 gram (Galaxy S III 133 gram). dimensi dari Grand ini tampaknya cukup nyaman. Smartphone ini secara teoritis dapat dengan mudah masuk dalam saku celana jeans, celana atau jaket. Kulitas desain tentu saja sangat baik sebagaimana halnya dengan smartphone samsung lain.

Di atas layar terdapat sensor cahaya dan proximity sensor, kamera depan dan speaker. Speaker ponsel ini memiliki volume yang cukup tinggi, namun dalam melakukan percakapan dapat diatur sesuai dengan keinginan. Secara umum, kualitas speaker sangat baik.

Di bawah layar adalah tombol mekanik yang telah banyak digunakan pada smartphone samsung dalam bentuk trapesium persegi panjang dengan tepi halus. Saat ditekan tombol ini hampir tenggelam di dalam tubuh ponsel, dengan sedikit bunyi "klik". Di sebelah kanan dan kiri tombol sentuh (soft-button) jika lampu backlight tombol ini tidak menyala, tombol ini hampir tidak kelihatan.

Pada sisi bawah terdapat soket microUSB plug, diatas standar 3,5 mm audio jack untuk headphone atau headset.

Di sisi kiri terdapat tombol pengatur Volume dan disebelah kanan terdapat tombol power dengan penempatan yang sangat baik karena berada karena untuk tepat di bawah ibu jari Anda, atau jika anda kidal tepat pada jari telunjuk atau jari.

Lampu Flash, kamera, yang dibingkai oleh krom plastik dan Speaker terletak di bagian belakang smartphone.

Slot Sim Card dan Slot kartu memory external microSD, terletak dibawah cover belakang bersama baterai.

Layar

Ukuran diagonal layar Samsung Galaxy Grand Duos 5 inci (ukuran fisik - panjang 10,9cm, lebar 6,5 cm). Sebuah ukuran layar yang sekarang banyak digunakan pada smartphone-smartphone premium dari berbagai merk.

Sayang resolusi yang digunakan Grand Duos sangat kecil yaitu 480x800 piksel! sebuah resolusi yang sebenarnya sangat-sangat tidak memadai untuk ukuran layarnya yang besar. Sangat mirip dengan ponsel-ponsel murah cina yang berlayar besar dengan kualitas yang kurang. Tapi mungkin hal ini bisa dimaklumi karena kabarnya Galaxy Grand ini didesain untuk pasar cina dan Indonesia

spesifikasi Samsung Galaxy Grand Duos I9082

Menggunakan kapasitif touch-screen, dengan sensitivitas sangat tinggi dan mampu membaca 10 titik sentuhan yang dilakukan bersamaan.

Sudut pandang yang besar berkat teknologi IPS yang dibenamkan pada smartphone ini merupakan salah satu nilai plus untuk layar ponsel ini, warna tidak akan terlalu terdistrosi jika layar dipandang dari samping

CPU dan System Operasi

Galaxy Grand duos menggunakan chipset Broadcom 28.155, Prosesor Cortex-A9 dual-core, GPU single-core graphics accelerator VideoCore IV, dukungan kamera 20 megapiksel, video yang pemutaran 720r/1080r, sound system yang terintegrasi.

Dalam penggunaan smartphone ini sangat mengejutkan bisa bekerja dengan cepat Antarmuka berjalan lancar tanpa delay, "gangguan" dan "bug" juga. Dan yang paling menarik adalah galaxy grand ini mampu menjalankan game-game spek tinggi seperti GTA Vice City, Asphalt 7, NOVA3, Dead Space, dan sejenisnya.

Smartphone ini menggunakan sistem operasi Google Android  versi 4.1.2  Jelly Bean. Yang kemungkinan dapat di upgrade ke versi selanjutnya.

Memori dan Memory Card

Smartphone Samsung i9082 memiliki 1 GB RAM (tersedia - 796 MB dan rata-rata sekitar 400 MB) ,  yang sudah memadai untuk menjalankan sebagian besar aplikasi yang ada pada google play atau menjalankan berbagai aplikasi utamanya.

Untuk menginstal aplikasi, foto, musik dan video dialokasikan 8 GB Flash-RAM yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan internal. Jika masih belum puas memory External microSD telah mendukung hingga kapasitas 64 GB.

Kamera

Galaxy Grand Duos dilengkapi dengan dua buah kamera. Kamera utama  8 MP (autofocus) dengan resolusi maksimal 3264 x 2448 pixels dan kamera depan 2 MP (tanpa autofocus, untuk video call). Simplex LED-flash untuk membantu pencahayaan kamera utama.

Kualitas foto yang sangat baik, dan hampir identik dengan foto yang diambil pada Galaxy S3 atau Note II: detail tinggi, warna-warna alami, rentang dinamis yang lebar, tidak adanya distorsi.

Secara umum, sedikit agak mengherankan ternyata ponsel ini dibekali dengan kamera yang berkualitas prima. Gambar yang dihasilkan kamera depan dalam mengambil foto tidak jauh berbeda dari kamera utama.

Untuk Video Grand Duos bekerja dengan resolusi hingga 1920x1080 pixel pada 30 frame per detik, terlepas dari tingkat pencahayaan. Dalam merekam, ada dua jenis fokus: otomatis dan semi-otomatis  hasilnya pun sama dengan hasil foto dapat menghasilkan kualitas yang baik.

Antarmuka yang persis sama seperti pada Samsung smartphone keluaran terakhir. Satu-satunya hal yang hilang adalah modus HDR.

Fitur video:
Format File: MP4
Video Codec: AVC, 17 Mbit / s
Resolusi: 1920 x 1080 @ 30 f / s
Audio codec: AAC, 128 kb / s
Saluran: 1 channel, 48 kHz

Baterai

Sebuah baterai Lithium-Ion dengan kapasitas 2100 mAh digunakan untuk sumbaer daya smartphone ini. Kapasitas baterai ini mungkin tidak terlalu besar tapi dengan layar yang beresolusi rendah, kecerahan ditingkat paling rendah, chipset yang digunakan juga chipset yang sederhana dapat membuat ponsel ini bertahan dalam waktu yang lama dalam penggunaannya.

Dalam keterangan resminya waktu  ponsel ini selama 440 jam dan waktu bicara - hingga 10 jam. Dengan 20-25 menit dari panggilan sehari, 4-5 jam 3G, beberapa jam Wi-Fi, satu jam menonton video dan mendengarkan musik beberapa jam, Galaxy Grand Duos dapat bertahan hingga 12-13 saat dicas penuh.

Konektifitas

Smartphone bekerja di jaringan 2G (850/900/1800/1900 MHz) dan 3G (900/2100 MHz). Kecepatan HSDPA - untuk 21 Mbit / s, HSUPA - hingga 5.76 Mbit / s.

Bluetooth versi 4.0 HS (A2DP, LE, EDR).

Wi-Fi 802.11 a / b / g / n (2,4 GHz).

Untuk transfer file dan sinkronisasi data juga digunakan oleh kecepatan tinggi USB 2.0. Ketika terhubung ke PC.

Dual SIM Card

Ponsel ini dapat menggunakan dua buah kartu SIM yang aktif bersamaan dan tentu saja saat berbicara di SIM lain tidak akan aktif.

Untuk mengganti sim card ponsel ini dapat dilakukan secara "hot swap" yang artinya anda dapat mengganti sim card saat smartphone ini sedang aktif tapi untuk kenyamanan lebih disarankan untuk mematikan ponsel terlebih dahulu saat mengganti sim card.

Web Browser

Menggunakan Android-browser standar untuk smartphone ini sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk menjelajahi internet berket penggunaan prosesor ARMv7 yang telah mendukung Flash-animasi dengan kecepatan tinggi sehingga tidak ada lag atau buffering saat menonton video dari youtube.
Music Player, Radio FM dan Video Player.

Music Player. pemutar musik standar samsung yang dibekali untuk ponsel ini sudah memadai untuk memuaskan kebutuhan kebanyakan orang untuk mendengarkan musik. Pemutar musik ini dapat mengurutkan lagu berdasarkan album, playlist dan artis. Pada tampilan dilayar menampilkan nama lagu, kontrol volume dan skala waktu. Dalam pengaturan anda dapat mengirim musik (melalui pesan MMS, Bluetooth, e-mail dan Wi-Fi), atau menggunakan lagu sebagai nada dering atau pesan.

Kualitas suara dari headphone bawaan Samsung i9082 ini juga sangat bagus. Speaker utama yang terletak dibelakang dapat menghasilkan suara yang keras, suara bass ringan  yang terdengar bersih. Volume akan turun sebesar 40-50%, jika Anda menutupi speaker.

FM-radio. Beroperasi pada frekuensi 88,5-108 MHz. Didukung oleh RDS. Sensitivitas tidak terlalu tinggi, dengan volume standar.

Pemutar video. Dalam menu telepon ada label terpisah yang mengacu kepada manajer peluncuran file video. Pemutar video ini mampu "memahami" codec H264, Xvid, DivX dan format file AVI, MP4, MKV, WMV. Pemutar video memainkan video dalam resolusi hingga 1080p. Untuk mendukung format video lain dan format audio lain anda harus menginstal player pihak ketiga yang banyak terdapat pada google play.

Kesimpulan

Walaupun banyak kekurangan pada layarnya, namun dengan kamera yang setara dengan Galaxy S3, performanya saat bekerja yang yang sangat cepat dapat memuaskan saat digunakan merupakan salah satu patokan (paling tidak untuk saya sendiri) paling penting dalam memilih sebuah ponsel atau smartphone.

Untuk spesifikasi smartphone ini dapat anda lihat disini
Advertisement
Samsung Galaxy Grand Duos I9082 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar