Samsung Galaxy Mega 6.3 i9200 dan Galaxy Mega 5,8 Duos i9152

Advertisement
Spesifikasi Samsung Galaxy Mega 6.3 i9200
Suksesnya Samsung Note dipasaran membuat Samsung menjadi produsen pertama yang sukses dengan smartphone dengan ukuran diagonal layar 5 inci. Salah satu kunci sukses samsung note adalah memiliki stylus, kapasitas baterai yang tinggi dan fakta bahwa meskipun ukuran perangkat ini besar namun tetap bisa nyaman digenggaman.

Saat samsung  meluncurkan Note pertama produsen lain hampir tidak memperdulikan potensi dipasar smartphone layar besar, tapi dengan dikeluarkannya Note II hampir semua produsen telah memasuki pasar ini. Perlombaan pun dimulai, persaingan untuk menunjukkan siapa yang punya ukuran diagonal terbesar pun tidak bisa terelakkan.

Satu hal yang bisa dikatakan bahwa samsung note telah membuka ceruk pasar baru di kelas smartphone premium. Namun dengan predikat premium harga jual tinggi untuk samsung note menjadi celah tersendiri yang dapat digerogoti oleh kompetitornya. Maka dari itu samsung membutuhkan perangkat dengan layar lebar, tapi dengan harga yang relatif terjangkau untuk melindungi pasar Samsung Note. Inilah salah satu faktor dikeluarkannya samsung android terbaru dengan nama Samsung Galaxy Mega.

Samsung Galaxy Mega terdiri dari dua tipe yaitu Galaxy Mega 5,8 Duos i9152 dan Galaxy Mega 6.3 i9200

Desain dan Dimensi

Ukuran dimensi untuk masing-masing adalah Galaxy Mega 5.8 16,26 cm Panjang x Lebar 8,24 cm Lebar x 0.9 cm tebal dengan berat - 182 gram. Sedangkan untuk Galaxy Mega 6.3, Dimensinya Panjang 16,76 x Lebar 8,8 x Tebal 0,8 cm, berat - 199 gram. Bandingkan dengan dimensi Galaxy Note - 15,11 x 8,05 x 0,94 cm, dengan berat 183 gram.


 Perhatikan perbandingan ukuran layar dengan beberapa smartphone dibawah ini
Samsung Galaxy Mega dengan Ponsel lain

Kalau ditinjau dari beratnya perbedaan kedua perangkat ini bisa dikatakan hampir tidak terasa. Kalau diliat secara subjektif dari sisi ukuran ponsel ini siapa pun akan mempunyai kesan kalau smartphone android ini akan susah digenggam, walaupun kenyataannya menggunakan perangkat-perangkat ini sama  mudahnya dengan smartphone lain yang punya diagonal lebih kecil.

Material penyusun casing masih menggunakan bahan yang sama dengan yang terdapat pada ponsel-ponsel keluaran terakhir samsung yaitu plastik glossy.

Tombol pengatur terletak disisi kiri yang terletak sejajar dengan tombol power yang berada pada sisi kanan. Standar audio jack terdapat  dibagian atas ponsel ini dan soket microUSB diletakkan dibagian bawah. Kedua type galaxy mega ini masing-masing ditawarkan dengan dua pilihan warna yaitu putih dan hitam.

Layar

Perbedaan panjang diagonal layar dari kedua tipe Galaxy mega ini sekilas tidak mempengaruhi kualitas layar, tapi ternyata tidak demikian. Pada Galaxy Mega 5.8 dengan resolusi layar 540 x 960  membuat gambar tidak begitu tajam. Warna yang dihasilkan cukup lumayan asal tidak dibandingkan dengan Note 2, apalagi Galaxy S4, tapi mengharap sesuatu yang luar biasa dengan rentang harga smartphone ini adalah sebuah hal yang mustahil. Menggunakan tipe layar TFT-PLS yang sudah dapat dipastikan akan kesulitan pada sentuhan sinar matahari secara langsung. Namun besarnya ukuran layar masih dapat dijadikan keunggulan tersendiri.
Samsung Android Terbaru

Pada Galaxy Mega 6.3, setelah mendapat tambahan ukuran diagonal dibanding saudaranya, smartphone android ini mempunyai resousi yang jauh lebih baik yaitu 1280 x 720 pixel. Tampilan gambar cerah dan jelas. Walaupun dibekali dengan tipe layar yang sama TFT-PLS namun Galaxy Mega 6.3 dibekali dengan fitur yang terbaik yang memungkinkan ponsel ini untuk memaksimalkan bahkan mengatur suhu warna layar (Item menu yang mempunyai pilihan profil - Dynamic Standar dan Movie). Selain itu tampilan font dilayar juga terlihat lebih baik, pengatur kecerahan otomatis juga dapat bekerja dengan akurat.

Sewaktu menggunakan browser menjelajahi internet akan terlihat kalau Galaxy Mega 6.3 ini dapat mengimbangi kualitas layar Note 2. 720p untuk layar yang begitu besar memang bukan ratio yang bagus untuk standar tampilan layar, jika anda melihat smartphone ini lebih dekat akan terlihat titik pixel seperti ponsel-ponsel kelas bawah dengan, walaupun sebenarnya hal itu bukan sesuatu yang terlalu buruk karena layar yang besar dirancang untuk dilihat dari jarak yang agak jauh dalam waktu yang lama dengan tanpa mengganggu kenyamanan.

CPU

Galaxy Mega 5.8 menggunakan chipset Broadcom, Dual-core prosesor yang masing-masing inti bekerja pada frekuensi sampai 1,4 GHz. Grafik akselelator menggunakan VideoCore 4.

Galaxy Mega 6.3 menggunakan Chipset Qualcomm - Snapdragon 400 dengan  dual-core prosesor yang masing-masing inti berjalan pada frekuensi 1,7 GHz. Grafik akselelator menggunakan Adreno 305.

Memori

Kedua tipe Galaxy Mega mempunyai 1,5 GB RAM dengan memori internal tersedia sebesar - 8 GB, Slot microSD telah mendukung penggunaan kartu memori sampai kapasitas  64 GB

Kamera

Galaxy Mega menggunakan kamera 8 megapixel yang dilengkapi dengan autofocus, teknologi kamera yang sama persis dengan yang digunakan pada Galaxy S3, jadi untuk persoalan kamera kualitas adalah jaminan.

Salah satu keuntungan menggunakan kamera pada ponsel yang mempunyai layar besar adalah view findernya (jendela tembak) lebih lega.

Air View, Smart Screen, S Voice dan Google Now

Samsung Galaxy Mega 6.3 hadir dengan sejumlah fitur canggih yang berasal dari ponsel andalan samsung saat ini Galaxy S4. Walaupun beberapa fitur serperti Air Gestures hanya tersedia di lini Galaxy S4 saja, namun smartphone ini masih diberikan beberapa fitur yang tak kalah menariknya.

Air View, Fitur ini diperkenal pada Galaxy Note II sebagai fitur dari S Pen. Galaxy Mega tidak dilengkapi dengan S Pen, namun untuk menggunakan fitur ini tidak membutuhkan S Pen, karena layar ponsel ini mampu mendeteksi jari saat berada diatasnya, namun posisi jari harus berada dalam jarak sekitar 1 cm diatas layar.

Fungsi fitur ini adalah menampilkan informasi preview, melihat lagu yang akan dimainkan berikutnya dengan menempatkan jari diatas tombol Next pada player, menempatkan jari ada timeline video akan menampilkan preview video.

Smart Stay, fitur ini memastikan layar tetap menyala saat anda sedang melihatnya. Fitur ini sangat membantu saat sedang membaca artikel di internet atau file pdf yang panjang, karena pengguna tidak akan direpotkan dengan harus berulang kali menyalakan layar yang mati karena screen time out.

Smart Rotate, Fitur ini akan menggunakan posisi wajah anda dari pada informasi accelerometer saat memutuskan apakah orientasi layar akan diubah atau tidak.

Sayang Fitur Smart Scroll dan Smart Pause tidak hadir di galaxy mega padahal kedua fitur ini hanya membutuhkan kamera depan, tidak seperti fitur air gesture yang membutuhkan sensor khusus


S Voice adalah fitur perintah suara (Voice Command) yang merupakan aplikasi tandingan untuk fitur siri di iPhone, fitur ini dapat digunakan untuk memulai dan menjawab panggilan telepon, mendikte teks, menjalankan aplikasi, membuat memo suara, membuat/menambah pengingat dan jadwal acara, mengatur dan menunda alarm dan bahkan menjawab sebuah pertanyaan. Cuman fitur ini tidak bisa bekerja secepat atau seakurat Google Now.

Android Jelly Bean telah dilengkapi dengan Google Now, fitur ini terintegrasi dengan akun google pengguna sehingga dapat mengakses kegiatan harian pengguna, seperti percarian diinternet, e-mail. Fitur ini selalu berusaha memberikan informasi yang relevan bagi penggunanya. Seperti mengetahui team olahraga yang di follow pada G+, ramalan cuaca, bahkan fitur ini dapat memberikan informasi tentang orang-orang terkenal.


Baterai

Galaxy Mega 5.8 menggunakan baterai Li-Ion 2600 mAh, sedangkan 6.3 menggunakan 3200 mAh. Jika dibandingkan Note 2 menggunakan 3100 mAh, note 2 merupakan salah satu smartphone yang mampu digunakan pada berbagai kodisi penggunanya.

Rata-rata pada kondisi baterai penuh tanpa penggunaan yang berlebihan mega 5.8 dapat digunakan sekitar satu hari, sementara Note 2 dengan tingkat penggunaan yang sama dapat digunakan 2 kali lebih lama. Pada Mega 6.3 dapat digunakan selama satu setengah hari pada beban kerja yang sama, sudah hampir menyamai Note 2.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai sekitar 2 jam.

Konektifitas

Bluetooth. Bluetooth versi 4.0 (LE). Ketika mentransfer file ke perangkat lain yang mendukung teknologi ini transfer rate teoritis adalah sekitar 24 Mbit / detik.

Bluetooth ini medukung profil, Headset, Handsfree, Serial Port, Dial Up Networking, File Transfer, Push Objek, Pencetakan Dasar, Akses SIM, A2DP.

USB. Versi USB - 2,0 data rate - sekitar 25 MB / detik. Di Android 4 untuk beberapa alasan menolak modus USB Mass Storage, hanya tersisa MTP (seperti modus PTP).

MicroUSB konektor juga mendukung MHL, ini berarti bahwa dengan menggunakan kabel khusus (tersedia di toko elektronik), Anda dapat menghubungkan ponsel ke TV (untuk HDMI-output).

Untuk jaringan GSM-EDGE Galaxy Mega menggunakan Class 12.

Wi-Fi. Didukung oleh standar 802.11 a / b / g / n / ac (Mega 5.8 a / b / g / n),

Juga untuk 802.11 n standar didukung modus HT40, yang menggandakan bandwidth Wi-Fi, namun harus terhubung pada perangkat yang juga telah mendukung modus ini.

Wi-Fi Direct.

NFC. Perangkat ini hadir teknologi NFC, dapat digunakan dengan berbagai aplikasi tambahan.

S Beam.

Port inframerah. (Hanya Mega 6.3). Kebutuhan untuk menggunakan telepon sebagai remote control untuk berbagai peralatan rumah tangga.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Galaxy Mega merupakan samsung android terbaru kelas menengah yang cukup solid, sebuah alternatif untuk Note 2 yang harganya selangit, jika ingin mencoba bagaimana rasanya menggunakan smartphone yang mempunyai layar yang luar biasa lega dengan harga yang mungkin tidak terlalu mahal? maka ponsel ini dapat dijadikan pilihan,

Tapi jika anda menginginkan ponsel yang mudah digunakan atau lebih sering menggunakan ponsel dengan satu tangan maka Samsung Galaxy Mega kurang cocok untuk anda


 Spesifikasi Samsung Galaxy Mega 6.3 i9200 dan Galaxy Mega 5,8 Duos i9152


Dimensi

Galaxy Mega 6.3

Galaxy Mega 5,8

Panjang

16,76 cm

16,26 cm

Lebar

8,8  cm

8,24 cm

Tebal

0,8 cm

0,9 cm

Berat

199 gr

182 gr

Jaringan


GSM

850 / 900 / 1800 / 1900

UMTS/WCDMA/3G  

900 / 2100

Data/Internet

HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps

Layar

Tipe

SC-LCD,  16 Juta Warna

TFT

Ukuran

6,3 inci

5,8 Inci

Resolusi

720 x 1280 pixel

540 x 960 pixel

Layar Sentuh

Capacitive Touchscreen, Multi-Touch

Capacitive Touchscreen, Multi-Touch

Fitur

-


CPU

Chipset

Qualcomm Snapdragon 400
Broadcom,

Prossesor

Dual-core 1.7 GHz Krait

Dual-core 1.4 GHz

GPU

Adreno 305

 VideoCore 4

Sistem Operasi

Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean)

Memory

Internal

8/16 GB

8 GB

RAM

1,5 GB

1,5 GB

Eksternal

microSD, Mendukung sampai 64 GB

Kamera

Utama

8 MP, 3264 x 2448 pixe

Depan

1.9 MP

Flash

LED flash

Video

1080p@30fps, stereo

1080p@30fps

Fitur

Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, HDR, panorama

Geo-tagging, touch focus, face and smile detection

Baterai

Tipe

Li-Ion

Kapasitas
3200 mAh
2600 mAh

Stand-by

420 Jam

-

Waktu Bicara

17 Jam  (2G) /  10 Jam (3G)

-

Konektifitas

Wi-Fi

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot

Bluetooth

v4.0,  A2DP,  LE

USB

microUSB v2.0 (MHL), USB On-the-go, USB Host

microUSB

Sensors

Accelerometer, gyro, proximity, compass

TV-out

TV-out (via MHL A/V link)

-

Fitur Lain
Smart Stay

Smart Alert

S Vocce

Active noise cancellation with dedicated mic

Loudspeaker
Advertisement
Samsung Galaxy Mega 6.3 i9200 dan Galaxy Mega 5,8 Duos i9152 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar