Samsung Galaxy Note 10.1 - MultiScreen, Popup Video, SmartStay, SmartRotation, Browser, Gallery

Advertisement

Multiscreen Galaxy Note 10.1

Fitur ini merupakan salah satu yang paling berguna baik di smartphone terlebih pada tablet. Pada dasarnya multiscreen adalah fitur multitasking yang memungkinkan pengguna menjalankan 2 aplikasi secara berdampingan pada mode landscape atau satu di atas yang lain di bawah pada mode potrait, seperti yang biasa dilakukan pada windows dilaptop atau PC. Sayangnya fitur ini sedikit dibatasi sehingga tidak semua aplikasi dapat menggunakannya.

Samsung Galaxy Note 10.1 - Multiscreen

Fitur multiscreen ini tidak saja membuat pengguna dapat melakukan 2 aktivitas secara bersamaan, namun dalam fitur ini terdapat beberapa aktivitas yang mungkin dapat memudahkan pengguna dalam melakukan kegiatan hariannya. Pengguna dapat men-drag and drop media dari satu aplikasi ke aplikasi lain, Copy paste seperti pada laptop atau PC dan menukar posisi aplikasi yang sedang berjalan.

Pop-up Video Player Galaxy Note 10.1

Fitur multitasking lain yang ada pada tablet ini, sebuah fitur yang sama persis dengan yang terdapat pada smartphone Samsung Galaxy S3. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonton video dalam mode popup (melayang), tanpa bingkai, ukuran windownya juga dapat diubah-ubah dan dapat memindahkan posisinya ke semua bagian layar.

Samsung Galaxy Note 10.1 - Popup Video

Smart-stay dan Smart-rotation

Smarstay memungkinkan layar table ini tetap dalam keadaan menyala saat pengguna sedang melihat kearah layar. Fitur ini akan mencegah tablet mematikan layar dan masuk kemode standby, sehingga pengguna tidak harus men-tap layar atau menekan tombol power setiap 30 detik atau 1 menit.

Samsung Galaxy Note 10.1 - Smartstay

Menggunakan kamera depan Galaxy Note 10.1, smartstay akan berusahan mendeteksi mata pengguna, jika mendeteksi mata pengguna sedang melihat kearahnya, atau lebih tepatnya kearah layar, maka fitur ini akan membuat layar tetap menyala selama pengguna masih memandang kearah layar dan akan membiarkan layar mati secara otomatis jika tidak mendeteksinya. Karena fitur ini hanya memanfaatkan kamera depan seharusnya semua smartphone atau tablet dapat menggunakan fitur seperti ini.

Smartrotation, fitur ini berfungsi mengubah orientasi layar berdasarkan sudut penglihatan pengguna.

Browser Galaxy Note 10.1

Samsung menjejali banyak aplikasi untuk tablet ini namun sayang, mereka melupakan salah satu aplikasi yang harus ada pada sebuah tablet ICS yaitu Chrome, yang mungkin merupakan browser yang paling digemari oleh pengguna android, tapi tentu saja browser andalan Google ini dapat dengan mudah di download dari Google play.

Namun browser bawaan ICS pun sudah memadai untuk penggunaan sehari-hari. Browser ini telah mendukung, mengubah ukuran teks, pinch to zoom, membaca offline dan dukungan flash.

Samsung Galaxy Note 10.1 - Browser review Samsung Galaxy Note 10.1 - Browser

Apapun browser yang menjadi pilihan pengguna, kualitas saat sebuah halaman diperbesar terlihat sangat baik pada tablet ini, menjelajahi halaman-halaman web sebuah website, atau berpindah dari sebuah website kewebsite  lain dapat berjalan dengan mulus bahkan pada halaman-halaman yang banyak memuat konten multimedia.

Prosesor Quad-core yang dipadu dengan RAM 2 GB membuat browsing dengan multi tab berjalan dengan baik, Waktu loading halaman cukup cepat namun hal ini tentu saja tergantung juga pada jaringan yang digunakan.

Gallery Galaxy Note 10.1

Gallery yang digunakan tablet ini adalah gallery standar bawaan ICS yang sedikit berbeda dengan gallery Honeycomb yaitu pada album thumbnail, pada ICS thumbnail tampil lebih besar. Secara default seperti pada semua smartphone atau tablet android semua gambar yang terdapat pada tablet ini akan disinkronkan ke Picasa Album akun Google.

Samsung Galaxy Note 10.1- Gallery Samsung Galaxy Note 10.1 - Gallery Samsung Galaxy Note 10.1

Diatas kiri terdapat pilihan dalam mengurutkan gambar dan video yang terdapat pada gallery ini, dengan pilihan berdasarkan nama album, tanggal, lokasi dan tag. Secara default gallery akan menampilkan semua gambar dan video yang terdapat pada tablet ini, namun pengguna dapat mengatur agar gallery hanya manampilkan gambar saja atau video saja. Sebelah kanan atas terdapat shortcut untuk menjalankan kamera dan menu setting untuk gallery.

Review Gallery - Samsung Galaxy Note 10.1 Review Gallery - Samsung Galaxy Note 10.1 Review Gallery - Samsung Galaxy Note 10.1

Saat membuka sebuah album foto, maka icon-icon dibar atas akan berubah sedikit, icon kamera berubah menjadi tombol untuk memulai slide show, sedangkan dikiri atas muncul sebuah icon yang berfungsi untuk kembali ketampilan depan gallery.

Ada sebuah cara yang asik untuk zoom-in dan zoom-out gambar yang sedang tampil di gallery dengan menggunakan fitur tilt to zoom, dengan cara men-tap dan tahan pada dua titik dilayar, kemudian miringkan kedepan untuk zoom-in dan miringkan kebelakang untuk zoom-out.
Advertisement
Samsung Galaxy Note 10.1 - MultiScreen, Popup Video, SmartStay, SmartRotation, Browser, Gallery | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar