Samsung Galaxy Note 10.1 - Sistem Operasi dan Interface

Advertisement

Sistem Operasi dan Interface Galaxy Note 10.1

Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich menjadi sistem operasi tablet ini yang tentu saja dibalut oleh TouchWiz, antarmuka buatan Samsung. Pada tablet ini telah terpasang aplikasi-aplikasi standar Google seperti Google play, Gmail, Google Maps, People, Google+ dan Gtalk.

Disamping itu  terdapat juga aplikasi-aplikasi buatan Samsung sendiri seperti S Note, S Planner, S Suggest, ChatOn, AllShare Play, Games Hub, Learning Hub, Music Hub, Smart Remote dan Video Hub dan samsung Apps serta aplikasi lain seperti Polaris Office, Dropbox. Untuk Dropbox pengguna tablet ini mendapat 50GB cloud storage selama 2 tahun.

Untuk memaksimalkan penggunaan tablet ini pengguna masih harus bolak-balik ke Google play untuk mendownload aplikasi-aplikasi dan widget yang diinginkan dan jangan lupa untuk mengupdate semua aplikasi yang telah terpasang.

Lockscreen Galaxy Note 10.1

Samsung Galaxy Note 10.1-  lockscreen

Bagian bawah halaman lockscreen ini terdapat 4 icon shortcut aplikasi yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tersebut langsung dari lockscreen yang secara default terdiri dari S Note, Web Browser, Video Player dan Gallery. 

Pada menu setting pengguna dapat mengganti keempat aplikasi default ini sesuai dengan keinginan atau menggantinya dengan widget yang menampilkan ramalan cuaca daerah lokal.
Samsung Galaxy Note 10.1 - pengaturan lockscreen

Settingan defaultnya untuk membuka locscreen dapat dilakukan dengan mengusap layar ke arah mana pun yang akan diikuti dengan efek gelombang air dan akan menampilkan halaman Homescreen utama. Efek gelombang air saat mengusap layar dapat dihilangkan pada menu setting.

Untuk membuka lockscreen sebenarnya banyak alternatif yang dapat dipilih pada menu pengaturan (Setting).

Samsung Galaxy Note 10.1 pengaturan lockscreen

Homescreen Galaxy Note 10.1

Homescreen Samsung Galaxy Note 10.1

Pada mode landscape Tombol navigasi terdapat disudut kiri bawah homescreen: Back, Home, Task switcher dan tombol screenshot yang merupakan tombol tambahan dari TouchWiz, Tombol Search terdapat pada sudut kiri atas, App drawer terletak di kanan atas dan notifikasi bar terdapat di sudut kanan bawah.

Samsung Galaxy Note 10.1 - Homescreen Samsung Galaxy Note 10.1 - Homescreen Samsung Galaxy Note 10.1 - Homescreen

Secara default terdapat 6 panel homescreen yang dapat digunakan pengguna untuk menempatkan shortcut aplikasi, folder dan widget. Mencubit layar (pinch) akan menampilkan seluruh panel homescreen, dari sini pengguna dapat menghapus, menambah, mengatur ulang posisi panel dan menentukan panel homescreen mana yang akan menjadi homescreen utama dengan mengklik gambar rumah di kanan atas masing-masing panel.

Samsung Galaxy Note 10.1 - edit homescreen

Pada Notifikasi bar terdapat tombol-tombol pengaturan cepat yang menawarkan fungsionalitas lebih banyak daripada notifikasi default ICS, disini pengguna dapat mengaktifkan atau me-non aktifkan GPS, Wi-Fi, suara, bluetooth, auto rotasi dan mode pesawat.
Samsung Galaxy Note 10.1 - Bar Notifikasi

Mini Apps Galaxy Note 10.1

Di bagian tengah taskbar bawah terdapat satu tombol yang menampilkan barisan aplikasi yang disebut Mini Apps. Mini Apps adalah jendela menu independen yang akan selalu berada di atas semua aplikasi yang sedang berjalan. Secara default aplikasi yang terdapat pada menu Mini Apps terdiri dari dialer, pesan teks, email, kalkulator, pemutar musik, S Planner dan S Memo.

Samsung Galaxy Note 10.1 - Mini apps

Setiap aplikasi yang dijalankan melalui menu mini apps ini tidak akan berjalan full screen sebagai mana biasanya tetapi dalam jendela-jendela kecil lengkap dengan tombol close disudut kanan atasnya, hal seperti ini sering kita lihat pada desktop komputer atau laptop, namun untuk android hal ini adalah sesuatu yang baru.

Samsung Galaxy Note 10.1 - Mini apps Samsung Galaxy Note 10.1 Mini apps Samsung Galaxy Note 10.1 Mini apps

Keyboard Galaxy Note 10.1

Galaxy Note 10.1 menggunakan versi keyboard terakhir buatan Samsung sendiri. Keyboard ini telah dilengkapi dengan fitur seperti “swipe”  dan dapat mengganti bentuk keyboard dengan melakukan gerakan mencubit (pinch) pada keyboard, yang akan menampilkan 3 pilihan bentuk keyboard.

Samsung Galaxy Note 10.1
Samsung Galaxy Note 10.1 - keyboard review Review keyborad - Samsung Galaxy Note 10.1 Samsung Galaxy Note 10.1 - Keyborad  review
Advertisement
Samsung Galaxy Note 10.1 - Sistem Operasi dan Interface | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar