Samsung Galaxy Pocket S5300

Advertisement
Samsung Galaxy Pocket S5300
Gambar: Samsung.com

Salah satu keunggulan android yang merupakan Sistem Operasi Open-Source adalah Android dengan mudah dapat diatur dan beradaptasi dengan semua jenis konfigurasi hardware. Hal ini berarti Android dapat berjalan pada smartphone dengan dukungan hardware terkini dengan spesifikasi super seperti Galaxy S4 tetapi juga dapat berjalan dengan mulus pada ponsel dengan spesifikasi minimal seperti Samsung Galaxy Pocket yang akan kami review berikut ini

Fitur Utama
Layar : 2.8" QVGA TFT touchscreen 256 ribu warna
Prosesor : 832MHz ARM 11 (ARMv6)
Memori: RAM : 289 MB, Internal :3 GB
Sistem Operasi : Android OS v2.3.6 (Gingerbread) Plus TouchWiz UI

Kamera: Utama: 2 MP, Depan: -

Walaupun datang dengan spesifikasi yang rendah tetapi galaxy pocket masih bisa berdiri tegak karena telah dilengkapi dengan berbagai fitur sebagai smartphone android sejati, seperti Quad-band GSM yang memastikan ponsel ini dapat digunakan di mana pun anda berada lengkap dengan jaringan 3G, WiFi, GPS dan layar kapasitif yang telah mendukung multi-touch, internal memory yang lumayan tinggi serta dukungan hotswap untuk memori eksternal, masih banyak smartphone-smartphone kelas menengah bahkan smartphone premium yang tidak mendukung hot-swap untuk memori eksternal.

Desain dan Dimensi

Dimensi Samsung Galaxy Pocket adalah panjang 10,37 cm, Lebar 5,75 cm dan tebal 1,2 cm. Desain ponsel ini sekilas sangat mirip dengan Galaxy S namun penempatan port dan slot ponsel ini sama dengan Galaxy Y.

Samsung Galaxy Pocket S5300Dibawah layar dapat pengaturan tombol khas android dimana terdapat sebuah tombol mekanikal "Home" yang lebih besar dan menonjol dari pada dua tombol lain yaitu "Menu" dan "Back" yang merupakan tombol sentuh dengan lampu backlight yang akan menyala kala disentuh. Diatas layar akan ditemukan lubang speaker dan sensor jarak, tidak ada kamera depan atau sensor cahaya.
Sisi kanan dihuni oleh tombol power yang juga berfungsi sebagai tombol untuk mengunci layar, sementara disisi kiri terdapat tombol untuk mengatur volume.

Samsung Galaxy Pocket - belakangSisi atas ponsel ini ada jack headphone 3,5 mm dan port microUSB yang dilindungi oleh penutup yang terbuat dari plastik, sedangkan sisi bawah terdapat mikrofon dan celah kecil yang digunakan untuk melepaskan penutup baterai.

Bagian belakang ponsel ini terdapat kamera 2 MP yang ditempatkan disebelah kiri atas bersebelahan dengan kisi-kisi untuk speaker belakang.

Interface

Pengguna Galaxy Pocket tidak akan mungkin merasakan ICS berjalan diponselnya, mereka harus puas dengan Gingerbread yang dilapisi dengan TouchWiz, semua fitur dasar dari sebuah smartphone android hadir di ponsel ini seperti: widget, multi homescreen, Youtube, Google Play dan lain-lain

Lockscreen menampilkan tanggal, waktu dan notifikasi namun tidak semua notifikasi yang masuk ditampilkan disini, pengguna hanya akan melihat notifikasi panggilan tak terjawab dan sms, notifikasi email atau IM tidak akan tampil disini, kemungkinan ukuran layar yang kecil menjadi penyebabnya.

TouchWiz Homescreen yang mungkin telah familiar oleh sebagian besar pengguna smartphone android samsung menghiasi ponsel ini kala diaktifkan. Pengguna dapat menggunakan 7 panel homescreean yang dapat diisi dengan widget atau shortcut aplikasi yang telah terinstall. Jika anda membutuhkan hanya beberapa panel homescreen maka sebaiknya sisanya dihapus saja karena hal ini dapat mempercepat navigasi antar panel homescreen
Samsung Galaxy Pocket S5300 - home screen
Menekan tombol menu pada homescreen akan memungkinkan pengguna ponsel ini untuk memasukkan lebih banyak widget dan shortcut aplikasi kedalam homescreen atau untuk sekedar mengganti wallpaper. Live wallpaper juga telah didukung Galaxy Pocket ini, walaupun samsung tidak menyertakannya dalam ponsel ini

Layar

Ukuran diagonal layar ponsel ini adalah 2,8 inci yang jika dibandingkan dengan Galaxy Y yang memiliki dimensi yang hampir sama, layarnya mempunyai ukuran 3 inci.

Samsung Galaxy Pocket S5300Menggunakan teknologi layar TFT touch-screen display dengan resolusi 240x320 (QVGA) yang hanya dapat menampilkan 256 ribu warna. Pada layar inilah kunci dari rendahnya harga penawaran ponsel ini, menggunakan teknologi layar yang telah lawas dan resolusi yang serendah-rendahnya dapat memotong banyak ongkos produksi sehingga ponsel ini bisa ditawarkan dengan harga murah.

Spesifikasi hardware Galaxy pocket sebenarnya mampu menjalankan sebagian besar aplikasi android termasuk game-game sederhana seperti fruit ninja atau Angry bird, namun karena resolusi dan ukuran layar yang sangat kecil, aplikasi atau game dengan element grafis kecil harus dihindari, karena akan nampak buruk pada layar ponsel ini.

Layarnya yang kecil sama sekali tidak membawa masalah saat menggunakan keyboard QWERTY, kecuali jika anda mempunyai tangan yang cukup besar, namun kembali lagi ukuran layar dan resolusi yang sangat-sangat kecil membuat tulisan agak sulit untuk dibaca untuk sebagian orang

Prosesor dan Memori

Galaxy Pocket menggunakan prosesor 832 MHz single-core dengan kinerja yang cukup baik gerakan UI lumayan mulus tanpa adanya delay yang berarti.

Salah satu point plus ponsel ini adalah internal memori yang disediakan lumayan besar untuk ukuran ponsel kelas bawah yaitu sebesar 3 GB, yang artinya penguna ponsel ini dapat menginstall aplikasi sebanyak yang diinginkan, tidak seperti ponsel lain dikelasnya yang hanya memiliki internal memori minimal. Selain itu memori eksternal yang telah mendukung hingga 32 GB dan tentu saja adanya fitur hot-swap cukup menghibur.

Kamera

Sebagai ponsel kelas bawah dibekali dengan kamera 2MP mungkin sudah lebih dari cukup walaupun kamera ini tidak dilengkapi dengan auto fokus dan lampu flash. Resolusi maksimal 1600 x 1200 namun telah dilengkapi dengan fitur geo-tagging.
Samsung Galaxy Pocket S5300

Gambar yang dihasilkan sesuailah kualitas kameranya, dengan detail yang kurang dan semakin memburuk dibagian tepi, warna agak kusam dan pada objek yang terang cendrung overexpose. White Balance tidak bekerja dengan baik sehingga foto dalam ruangan tidak akan menghasilkan gambar yang bagus, namun kualitas akan sedikit membaik jika di luar ruangan di mana cahaya melimpah

Konektifitas

Point plus lainnya untuk galaxy Pocket adalah kelengkapannya dalam hal konektivitas standar mulai dari Jaringan 3G, WiFi sampai bluetooth serta USB

Galaxy Pocket siap untuk dibawa berkeliling dunia karena telah dilengkapi dengan quad-band GSM/EDGE/GPRS dan Dual-band 3G dengan kecepatan HSDPA 3,6 Mbps

Untuk WiFi ponsel ini telah mendukung b/g/n, Bluetooth 3.0 dengan dukungan A2DP dan USB v2.0

Ponsel ini dilengkapi juga dengan penerima sinyal GPS, yang dapat mengunci satelit dalam waktu kurang dari 1 menit dengan fitur A-GPS dalam keadaan tidak aktif. A-GPS dapat mempercepat proses ini namun satu hal yang anda harus ingat A-GPS membutuhkan koneksi internet.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Pocket S5300
Agak sulit mengharapkan sesuatu yang luar biasa dari Galaxy Pocket karena dipandang sekilas saja telah mencerminkan harganya. Menjamin harga murah yang kompetitif membutuhkan pengorbanan kualitas yang tidak sedikit hal ini dapat terlihat dari kualitas layar dari ponsel ini.

Namun meski demikian smartphone ini masih punya beberapa point plus diantaranya kelengkapan konektifitas dan memori internal yang besar. Jika anda lebih memandang harga sebuah smartphone dibanding style dan kinerjanya mungkin Samsung Galaxy Pocket ini cocok untuk anda.



 Spesifikasi Samsung Galaxy Pocket S5300

Dimensi
Panjang 10,37 cm
Lebar 5,75 cm
Tebal 1,2 cm
Berat 97 gr
Jaringan
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
UMTS/WCDMA/3G   900 / 2100
Data/Internet HSDPA, 3.6 Mbps; HSUPA
Layar
Tipe TFT  256 ribu warna
Ukuran 2.8 inci
Resolusi 240 x 320 pixels QVGA
Layar Sentuh Capacitive Touchscreen, Multi-Touch
Fitur -
CPU
Chipset -
Prossesor 832 MHz ARM 11
GPU -
Sistem Operasi Android OS, v2.3 (Gingerbread)
Memory
Internal 3 GB
RAM 289 MB
Eksternal microSD, Mendukung sampai 32 GB
Kamera
Utama 2 MP, 1600x1200 pixel
Depan -
Flash -
Video QVGA@15fps
Fitur Geo-tagging
Baterai
Tipe Li-Ion
Kapasitas 1200 mAh
Stand-by 800 Jam (2G) / 500 Jam (3G)
Waktu Bicara 17 Jam  (2G) / sekitar 5 Jam (3G)
Konektifitas
Wi-Fi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v3.0;  A2DP
USB microUSB v2.0
Sensors Accelerometer,  compass
TV-out -
Fitur Lain
Image/video editor
Google Search, Maps, Gmail,
YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa
Voice memo/dial/commands
Active noise cancellation with dedicated mic
Loudspeaker
Advertisement
Samsung Galaxy Pocket S5300 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar