Samsung Galaxy S III mini I8190

Advertisement
Samsung I8190 Galaxy S III mini review

Samsung Galaxy S3 adalah ponsel terlaris Samsung di 2012, tetapi bagi sebagian orang smartphone ini mungkin terlalu besar atau terlalu mahal. Jika Anda adalah salah satunya, Galaxy S3 Mini mungkin bisa menjadi pilihan alternatif.

Dengan meledaknya penjualan Galaxy S3 dipasaran, bukan sebuah tindakan yang mengherankan jika kemudian samsung menawarkan versi S3 yang mempunyai spesifikasi lebih rendah, dilabeli dengan nama "mini" dan dijual dengan setengah harga. Galaxy S3 mini merupakan sebuah contoh strategi penjualan yang sangat mengagumkan dari samsung yang memanfaatkan momentum galaxy S3.

Salah satu yang menarik dari peluncuran S3 mini ini adalah layarnya dengan ukuran 4 inci yang merupakan salah satu nilai jual dari iPhone 5, dan samsung menyebut smartphone ini "mini".

Desain dan Dimensi

S3 Mini terlihat sangat mirip dengan Galaxy S3, tapi dengan ukuran yang lebih kecil. Samsung android ini bukan smartphone yang langsing, tapi itu memiliki bentuk yang lebih bulat namun hal ini membuatnya dapat dengan mudah digunakan dengan satu tangan. Casing terbuat dari bahan plastik yang sama dengan yang digunakan pada S3. Didesain minimalis dengan satu tombol mekanik yang terletak di bawah layar. Saat diluncurkan ponsel ini tersedia dengan 2 pilihan warna yaitu Biru dan Putih.

Menggunakan dimensi panjang 12,25cm x lebar 6,3cm dan tebal 0,99cm dengan berat 120 g, ponsel ini akan sangat nyaman kala digenggam. Tidak ada keraguan bahwa Galaxy S3 Mini tampak luar biasa, ukurannya menjadi satu-satunya indikasi awal bahwa smarphone android ini tidak dimaksudkan untuk menjadi sebuah ponsel premium.

Salah satu pembeda dari saudaranya terletak pada dua bidang utama smartphone yaitu prosesor dan layar, dengan chipset 1GHz dual-core dan 4-inch resolusi layar WVGA sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan Galaxy S3.

Di tempat lain, Samsung telah membekali Galaxy S3 Mini dengan operasi sistem Android 4.1.1 Jelly Bean, kamera belakang 5MP dengan flash, dan kamera depan VGA. Seperti yang telah disebutkan, Galaxy S3 Mini akan sangat nyaman di telapak tangan, ukuran lebih kecil artinya akan jauh lebih nyaman untuk digenggam daripada Samsung Galaxy S3.

Tombol lock / power duduk di sisi kanan, yang diletakkan sejajar dengan tombol pengatur volume yang berada di sisi kiri. Ukuran kecil ponsel membuat kedua tombol ini dapat dengan sangat mudah dijangkau.


Samsung Galaxy S III mini I8190

Dua buah soft-button kapasitif, Back dan Menu mendampingi tombol home yang merupakan sebuah tombol mekanik tradisional khas samsung yang terletak tepat di bawah layar. Samsung telah menggunakan tata letak tombol seperti ini sejak meluncurkan Galaxy S yang pertama.

Pada bagian depan Galaxy S3 Mini ini terdapat speaker dan kamera depan (VGA) yang dapat digunakan untuk membuat gambar profil Facebook atau video chatting seperti Skype dan video call dijaringan 3G tentunya.

Dua port utama terletak di ujung-ujung Samsung Galaxy S3 Mini, micro USB terletak di bagian bawah (samping mikrofon), dan port 3.5mm headphone berada di bagian atas. Pengaturan yang masih mengikuti tata letak standar Samsung.

Bagian belakang ponsel dihuni oleh kamera 5MP, lampu flash, speaker dan logo Samsung. Slot SIMcard dan slot microSD diletakkan tersembunyi di balik penutup baterai.

Secara keseluruhan desain Samsung Galaxy S3 Mini ini sangat mengesankan. Desain melengkung yang  sangat nyaman di tangan, dan bertubuh lebih kecil membuatnya lebih mudah untuk digenggang, dengan setiap bagian dari ponsel ini dapat diakses dengan satu tangan.

Bagi mereka yang mencari ponsel yang uptodate, dengan layar yang tidak terlalu besar, tidak terlalu berat dan harga yang lebih ramah untuk kantong, Samsung Galaxy S3 Mini mungkin dapat membuat anda terkesan.

Layar

Layar S3 mini merupakan kunci dari kata "mini" yang disandangnya, walaupun telah menggunakan teknologi layar yang sama dengan galaxy S3 yaitu Super AMOLED, namun ukuran diagonal diturunkan ke 4 inci, mungkin dengan tujuan untuk menyamai ukuran layar iPhone 5, dengan resolusi 480 × 800 yang sebenarnya merupakan spesifikasi yang sama persis dengan layar yang digunakan pada Galaxy S, dengan sedikit peningkatan seperti adanya lapisan oleophobic finger print resistant, yang mencegah bekas sidik jari tertinggal pada lay ar saat digunakan. Namun secara keseluruhan tampilannya sama saja dengan Galaxy S. 

Samsung Galaxy S III mini I8190

Dengan resolusi sekecil ini S3 mini belum bisa berdiri tegak jika disandingkan dengan iPhone 5 yang mempunyai resolusi 640 x 1136 pixels, apalagi jika dibandingkan dengan layar S3, layar S3 Mini ditengok bagaimanapun, jauh dari layar 720p yang digunakan  S3. Kualitas layar S3 Mini ini dapat dikatakan dilevel rata-rata, yang artinya tampilan teks atau icon tidak akan setajam seperti pada smartphone high-end. Pada penggunaan sehari-hari hal ini tidak akan menjadi sebuah kendala. namun saat akan membaca halaman sebuah website disinilah kualitas layar berperan penting.

Terlepas dari warisan Super Amoled-nya. Jika Anda terbiasa dengan resolusi ponsel-ponsel premium layar S3 Mini akan mengecewakan. Walaupun sebenarnya tidak akan terlalu kelihatan, kecuali kalo ada seseorang sedang menggunakan smartphone premium tepat disamping anda, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengantongkannya dengan segera.

CPU, System Operasi dan Memory

Galaxy S3 Mini menggunakan choset NovaThor U8420, sebuah prosesor dual-core Cortex-A9 clock 1GHz ditambah dengan 1GB RAM dan Mali-400 sebagai pengolah grafisnya. Operasi Android 4.1 Jelly Bean kadang  sedikit lag selama penggunaan entah kenapa hal seperti ini bisa terjadi spesifikasi CPU terlalu rendah atau Android-nya yang sedikit berat perangkat ini?

Ada 2 pilihan untuk Galaxy S III Mini berdasarkan internai memory-nya, yaitu 8GB dan 16GB. Namun, jika Anda membutuhkan lebih banyak penyimpanan, ponsel ini telah mendukung kapasitakartu Micro SD hingga 32GB.  
 

Kamera

S3 mini "hanya" dibekali dengan kamera 5 MP dengan resolusi maksimal 2592×1944, tidak seperti galaxy S3 yang menggunakan kamera 8 MP, walaupun sebenarnya kamera yang baik tidak tergantung pada ukuran sensornya, namun kehilangan hampir setengah MP dari saudara tuanya tentu akan mempengaruhi hasil akhir bidikan ponsel ini.

Aplikasi kamera dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup menarik selective focus yang dapat gunakan untuk mengatur dimana titik fokus berada. Pengaturan lampu flash, modus bidikan, efek warna, scene mode, auto/macro fokus, timer, white balance, ISO, Geo tagging.

Pada Shooting mode (Mode bidikan) terdapat pilihan Single Shot, Continuous, Panorama, Buddy Photo Share, Smile Shot and Cartoon. Single Shot dan Continuous dari nama telah bisa dipahami fungsi dari fitur ini jadi tidak perlu penjelasan lebih lanjut begitu juga dengan mode Panorama. Mode kartun akan membuat hasil bidikan seperti digambar tangan

Dua mode bidikan yang menarik adalah smile shoot dan Buddy photo share. Smile shoot akan mengatur kamera untuk otomatis mengambil gambar jika mendeteksi objek yang sedang difoto sedang difoto, tentu saja yang dimaksud objek disini adalah seseorang bukan bangunan, karena kalo memotret bangunan menggunakan mode ini sampai baterai habis pun kamera tidak akan mengambil gambar :D. Buddy photo share adalah mode yang mengatur agar kamera mengambil gambar saat mendeteksi wajah seseorang.

Secara keseluruhan performa dan hasil dari kamera S3 mini ini mengesankan, kehilangan 3 MP dibandingkan dengan galaxy S3 tampaknya tidak membuat kamera ponsel android ini kehilangan kualitasnya, jadi jika anda keluar rumah dan ketingalan kamera poket anda dirumah, jalan saja terus karena kamera S3 mini dapat mengantikannya. Tapi kalau kamera DSLR yang ketinggalan tentu saja anda harus memutar untuk mengambilnya :D.

Video
Untuk mengambil rekaman video tersedia pilihan resolusi dari 320 x 240, 640 x 480, 720 x 480 dan 1280 x 720. Sayang untuk S3 mini samsung tidak membekali dengan pengaturan-pengaturan yang mungkin berguna untuk pengguna seperti timer, exposure, white balance, walaupun mungkin sebagian pengguna smartphone ini tidak akan benar-benar tau cara memanfaatkan pengaturan-pengaturan ini tapi akan sangat menyenangkan jika ponsel memiliki pengaturan seperti itu. 


User Interface

Pada posisi stanby dengan layar terkunci terlihat S3 mini masih meneruskan tema "inspired by nature" yang hadir pada galaxy S3. Mengikuti UI kustom lainnya seperti HTC Sense, lock screen dapat memberikan akses cepat sampai ke tiga aplikasi yang secara default terdiri dari ChatOn - jawaban Samsung untuk BBM dan iMessage, mesin pencari Google dan aplikasi Kamera. Tiga aplikasi pada lock screen ini dapat diatur sesuai dengan selera pengguna.

Salah satu hal yang menarik yang dapat dilakukan pada lock screen adalah pengguna dapat mengakses aplikasi kamera dengan cepat, dengan cara menekan layar dan memutar orientasi layar ke posisi landscape, mungkin cara ini sedikit sulit pada awalnya, namun jika telah terbiasa fitur ini akan sangat membantu.

Walaupin S3 mini telah menggunakan versi Touchwiz terbaru namun tampilan home screen hampir tidak ada yang berubah masih sangat mirip dengan Samsung Galaxy S3, antarmuka pengguna buatan samsung ini membuat tampilah home screen smarthphone ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel samsung keluaran lama.

Untuk membuatnya lebih sederhana, menu pengaturan memungkinkan Anda untuk mengubah mode layar Home Screen, antara modus Basic dan modus Easy,  dimana mode easy dapat memudahkan untuk pengguna yang baru pertama kali menggunakan ponsel samsung.

Sejak Android Honeycomb, widget dapat diakses melalui tab app drawer, memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau widget yang menampilkan ukuran widget sehingga Anda tahu apakah itu akan terdapat cukup tempat pada layar yang Anda pilih.

Widget Utama yang telah menjadi keharusan pada hampir setiap smartphone modern, adalah widget jam. Widget Jam Samsung adalah sebuah widget yang sangat menarik, dengan latar belakang taman yang mencerminkan kondisi waktu dan cuaca dari lokasi pengguna.

Android telah lama memiliki kemampuan untuk menampilkan lima ikon di Dock bagian bawah layar, namun versi Touchwiz sebelumnya hanya mengizinkan menampilkan empat, dan itu termasuk app drawer itu sendiri. Fitur lain yang berguna adalah kemampuan untuk menempatkan folder di dock, yang dapat membebaskan lebih banyak ruang.

Pada layar Home, menekan tombol menu atau menekan agak lama tempat kosong pada layar memberikan Anda pilihan untuk membuat folder kosong, dan dari sana Anda dapat drag dan drop aplikasi ke dalamnya.

Untuk menampilkan banyak folder dan widget, Samsung Galaxy S3 Mini memungkinkan sampai tujuh home screen. Berpindah pada tujuh layar home screen tersebut dapat berjalan dengan mulus

App drawer juga telah memiliki beberapa penyesuaian, dengan kemampuan untuk mengurutkan aplikasi dengan cara apapun yang Anda pilih, sehingga Anda dapat mendedikasikan layar tertentu untuk aplikasi tertentu, abjad atau dalam bentuk list.

Salah satu fitur kunci dari pengalaman Android, ditiru iOS, adalah notifications bar. Menggesekkan bar kebawah akan membuka akses ke layar pemberitahuan, lengkap dengan pengaturan cepat yang Samsung telah dimasukkan ke dalam setiap versi Touchwiz.

S3 Mini juga memiliki panel multi-tasking Android, diakses dengan menekan lama tombol home. Dari sana Anda dapat membuka, atau memilih semua aplikasi Anda baru dibuka.

Samsung juga memasukkan banyak fitur lainnya, seperti kemampuan untuk memiliki persentase baterai di bar pemberitahuan, dan  Smart stay eye-tracker.

Contact, Message dan Browser

Contact
Semua fitur yang terdapat pada aplikasi contact bawaan S3 hadir pada versi mininya. Aplikasi kontak pada S3 mini yang disediakan samsung mampu mengambil daftar teman pengguna dari Facebook dan Google+, jaringan sosial twitter telah menghilang dari daftar jaringan sosial yang diintegrasikan ke smartphone samsung sejak update ICS pada galaxy S2.

Setiap kontak dihiasi dengan gambar profil, yang diambil dari Google atau gambar profil Facebook mereka.

Kontak dapat kelompokkan ke dalam grup, memiliki favorit atau widget, atau diset untuk memiliki ringtone dan pola getaran yang berbeda. Kontak dari account yang berbeda dapat digabung.

Message
Pesan teks merupakan salah satu faktor penting untuk sebuah smartphone, jika dulu pesan teks hanya terbatas pada sms dan mms, maka sekarang sebuah smartphone tidak akan lengkap jika tidak memiliki Email client dan Internet Message (IM) yang semakin banyak bermunculan dari yang berbayar sampai yang gratisan, dari yang sederhana sampai yang penuh variasi.

Untuk IM pada S3 mini tersedia chat on dan Gtalk sedangkan untuk email tentu saja menggunakan gmail yang telah terintegrasi dengan baik pada sistem operasi. Rumor peluncuran BBM pada android sangat ramai dibicarakan belakangan ini, jika hal tersebut bisa terwujud, BBM akan memperkaya pilihan IM pada android.

Browser
Android 4.1 Jelly Bean, pertama pertama kali digunakan pada Google Nexus 7, Jelly Bean menjadi versi Android pertama yang telah mendukung penuh Chrome, browser andalan Google, walaupun sebenarnya ICS telah mendukung chrome, namun di jelly bean telah disempurnakan, namun sayang chrome bukanlah browser default S3 mini

Bukan memandang enteng browser default samsung namun jika dibandingkan dengan chrome masih sangat jauh. Walau sebenarnya browser bawaan samsung cukup baik dengan tampilan yang apik, URL bar akan ikut tergulung jika pengguna menggulung halaman kebawah dan akan muncul kembali jika telah mencapai bagian halaman yang paling atas.

Music, Video dan Radio Player

Pemutar musik
Saat anda menghubungkan headphone ke samsung galaxy S3 mini, anda harus membuka bar notifikasi karena disana akan tersedia akses ke berbagai media seperti, Musik Player, Video Player, Youtube, Video Hub dan Radio FM, sebuah sentuhan manis yang sangat memudahkan pengguna untuk menggunakan berbagai media player yang tersedia pada smartphone ini.

Pada user interface music player terdapat tombol untuk play/pause dan tombol untuk melewatkan sebuah lagu, sayang samsung tidak melengkapi player ini dengan kemampuan untuk mengontrol dari lock screen.

Pemutar musik ini menyediakan berbagai pengaturan equalizer yang disebut Sound Alive, dengan daftar yang cukup panjang seperti seperti Pop, Rock, Jazz sampai Virtual 7.1 dan Concert Hall serta pengaturan costum. Pada player ini tersedia juga timer untuk mematikan musik yang sangat berguna jika anda membutuhkan sedikit musik lembut untuk pengantar tidur dan akan mati secara otomatis setelah anda tertidur sehingga tidak akan menghabiskan banyak daya baterai karena ponsel terus-menerus memainkan musik sepanjang malam.

Radio FM
RadioFM sekarang telah menjadi sebuah fitur yang harus ada dalam sebuah smartphone dan S3 mini tidak terkecualikan. Seperti pada smarthphone lain, untuk menggunakan fitur radio ini anda membutuhkan headphone yang terhubung ke ponsel karena akan berfungsi sebagai antena, namun pengguna masih dapat menggunakan speaker belakang untuk mendengarkan siaran radio favorit jika merasa tidak nyaman menggunakan headphone untuk waktu yang lama. Antarmuka pemutar radio ini didesain dengan sangat baik sehingga pengguna tidak akan menemukan kesulitan yang berarti dalam menggunakannya, ditambah dengan adanya fitur untuk merekam siaran radio yang sedang belangsung.

Video Player
Galaxy S3 mini mewarisi pemutar video pendahulunya yang dapat dikatakan terbaik untuk pemutar video android. Datang dengan dukungan untuk format video H.264, MPEG-4, VC-1, WMV7, H.263, WMV8, Sorenson Spark, MP43 dan VP8 dan tata letak pemutar video pada Samsung Galaxy S3 Mini sangat ramping dan futuristik.

Salah satu fitur yang menarik untuk video player yang telah diteraokan pada semua seri galaxy keluaran terbaru adalah Pop-up Player, yang dapat diakses dengan menggunakan tombol kecil di kanan bawah yang berfungsi melanjutkan menonton video setelah pengguna menggunakan fungsi lain atau melakukan kegiatan lain diponsel ini.

Baterai

Smartphone android ini menggunakan baterai Li-ion dengan daya sebesar 1500 mAh, jka dibandingkan galaxy S2 saja dibekali dengan beterai dengan daya sebesar 1650 mAh, mengapa galaxy S3 "hanya" dipasangi baterai dengan daya yang lebih rendah. Namun hal ini dapat dipahami karena S3 mini hanya menggunakan prosesor dual-core dengan layar yang lebih kecil ditambah lagi dengan teknologi samsung untuk menghemat baterai.

Konektifitas

Samsung galaxy S3 mini tidak mendukung jaringan 4G, Meskipun 4G tidak ditawarkan, Samsung telah memberikan dukungan penuh 3G, sampai HSPA 14.4. Selain itu telah tersedia teknologi NFC, yang artinya fitur seperti S Beam, yang dapat mengirim file dengan cepat pada smarphone seri galaxy.

Selain NFC ada beberapa pilihan lain untuk konektifitas, seperti Wi-Fi Direct yang dapat digunakan untuk mentransfer file, sayangnya hanya sedikit perangkat yang dapat mendukung fitur ini, namun sebagian besar smarphone seri galaxy telah mendukung fitur ini.

Untuk koneksi Wi-Fi, Samsung Galaxy S3 Mini telah mendukung 802.11a/b/g/n 2.4 dan 5GHz.

Menghubungkan Samsung Galaxy S3 Mini ke PC dapat dilakukan baik melalui kabel microUSB yang telah disediakan, atau melalui Kies Air, software milik Samsung yang memungkinkan transfer file nirkabel. Dukungan USB hanya tersedia untuk USB 2.0 jadi jangan berharap transfer supercepat.

Pengguna dapat menghubungkan USB flash drive ke S3 mini ini yang berarti penyimpanan data secara teoritis tidak terbatas, namun untuk melakukan hal ini membutuhkan tambahan hardware yang dijual terpisah
Advertisement
Samsung Galaxy S III mini I8190 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar