Samsung Galaxy S3 I9300

Advertisement
Samsung Galaxy S3

Sejarah lini Samsung Galaxy adalah serangkaian keberhasilan yang berkelanjutan, galaxy selalu dapat mengungguli kompetitor-kompetitornya dari desain, kinerja, prosesor dan terutama layar. Galaxy S sebagai contoh memiliki penjualan yang baik setelah hampir tiga tahun setelah peluncurannya. Diperkenalkan pada bulan Juni 2010, model ini masih relevan saat ini, karena penurunan harga dan ponsel ini menawarkan fungsi yang sangat baik dan rasio harga / kualitas yang baik. Di pasar smartphone touchscreen dapat dihitung seberapa lama sebuah model dapat bertahan dipasaran, agar dapat bertahan didunia smartphone yang sangat dinamis dan kompetitif sebuah model harus mempunyai keunggulan kualitas yang signifikan. Secara khusus, perangkat yang termasuk dalam kategori ini adalah Samsung Galaxy dan Apple iPhone.

Galaxy S2 diluncurkan dalam bayang-bayang kesuksesan Galaxy S dipasaran, namun pasar berbicara dengan tegas dalam waktu singkat Galaxy S2 melampauinya dan menjadi tren baru untuk penggemar Android hal ini dibuktikan oleh rekor penjualan. Siklus hidup smartphone ini dapat dipastikan juga akan sangat panjang. Sewaktu Galaxy S3, diluncurkan pada tanggal 3 Mei 2012, terjadi penurunan harga untuk galaxy S2 dan ledakan pertumbuhan penjualan. Kejadian yang sama sewaktu S2 diturunkan kepasaran, peluncurannya telah mendorong penjualan Galaxy S.

Jika dibandingkan dengan situasi saat peluncuran S2, Galaxy S3 diluncurkan dalam situasi pasar yang sarat akan kompetitor dan terlebih lagi S3 harus menghadapi persaingan dari dalam yaitu Galaxy Note. Salah satu keunggulan note adalah didiagonal layar, kemampuan untuk mengunakan stylus untuk menulis teks dan menggambar, namun dari sisi harga Galaxy S3 lebih unggul. Untuk Note samsung menunda update ke Android 4 ICS agar tidak mengurangi daya tarik Galaxy S3 yang telah menggunakan versi ini.

Salah satu hal penting untuk galaxy S3 adalah smartphone ini telah tersedia pada sebagian besar negara dua sampai tiga minggu setelah peluncurannya dan dimulai pada tanggal 4 mei operator-operator besar didunia membuka pre-order untuk S3, hal ini membuktikan bahwa Galaxy S3 telah berhasil memikat hati operator-operator besar didunia dan dalam waktu yang singkat mematahkan seluruh rekor penjualan yang pernah dicanangkan oleh S2. Dalam waktu 5 bulan pertama sejak peluncurannya galaxy S3 telah terjual sebanyak 20 juta unit.

Samsung Galaxy S3 merupakan salah satu smartphohe premium terbaik tahun 2012 yang hanya dapat disandingkan dengan HTC One X (S3 dapat mengalahkannya dari sisi penjualan) dan iPhone.

Desain dan Dimensi

Casing yang terbuat dari plastik polikarbonat mungkin tidak akan memuaskan semua orang mengingat S3 merupakan sebuah ponsel premium dengan harga yang tidak murah, casing plastik akan memberikan kesan murah pada sebagian orang. Namun satu hal yang jelas Galaxy S3 I9300 tidak akan terasa murahan karena memiliki Gorilla Glass 2 sebagai pengaman layar, interior yang didesain mewah, penambahan fitur yang lebih canggih dan penutup baterai yang lebih solid.

Dimensi yang digunakan smartphone ini adalah Panjang 13,66 x lebar 7,06 x Tebal 0,86 cm dan berat 133 gram. Sebagai perbandingan berikut dimensi Galaxy S2 (12,53 x 6,61 x 0,85 mm dan 116 gram) dan HTC One X (13,44 x 6,99 x 0,89 cm dan 130 gram). Seperti yang tertera diatas, dibandingkan dengan dimensi S2, ukuran S3 naik sedikit, namun kenaikan ukuran smartphone ini lebih dipengaruhi karena peningkatan dimensi layar. Secara keseluruhan S3 sangat mirip dengan Galaxy Nexus - sudut lengkung, layar HD dengan bezel(bingkai) lebih minim.

Pada awal peluncurannya S3 tersedia dalam dua warna yaitu putih dan biru tua. Warna lain seperti hitam atau abu-abu dikeluarkan diwaktu yang berbeda.

Untuk kebutuhan operator-operator besar yang menawarkan pre-order galaxy S3 sedikit memodifikasi desainnya tanpa meninggalkan desain asli terlalu jauh, jadi ada sedikit perbedaan desain galaxy S3 pada masing-masing region negara.

Samsung Galaxy S3 standar audio jack 3,5 mm
Samsung Galaxy S3 kameraTombol pengatur volume disisi kanan sejajar dengan tombol power yang berada disisi kiri, kedua tombol ini sangat mudah dijangkau oleh jari kala menggenggam Samsung I9300 ini.

Slot microUSB ditempatkan dibagian bawah bersama microphone utama ponsel ini. Di bagian atas terdapat stadar jack 3,5 mm.
 
Samsung Galaxy S3 baterai dan slot microSDBagian belakang terdapat Kamera Utama yang didampingi oleh LED Flash dan Speaker. Penutup baterai juga terbuat dari bahan polycarbonate yang sama, slot microSD diletakkan didalam bersama dengan slot simcard

Bagian depan yang tentu saja sebagian besar didominasi oleh layar, sebuah tombol mekanis yang diapit oleh dua tombol sentuh (soft-button) dibagian bawah layar dan pada bagian atas layar terdapat kamera depan bersama sensor cahaya dan sensor jarak.

Samsung Galaxy S3 layar dan tombol utamaSecara keseluruhan Samsung Galaxy S3 dengan desain kontur yang ramah dengan telapak tangan, terasa sangat nyaman saat digenggam.

Layar

S3 dibekali layar dengan ukuran diagonal 4,8 inci, yang menggunakan teknologi Super AMOLED HD dengan resolusi 1280x720 piksel dan sanggup menampilkan 16 juta warna. Layar kapasitif, mendukung hingga penekanan 10 tombol yang dilakukan disaat bersamaan. Kualitas layar yang sangat baik, jumlah titik per inci cukup mampu bersaing dengan layar Retina yang dimiliki Apple iPhone. Seperti layar yang digunakan di Galaxy Nexus layar smartphone ini menggunakan teknologi ini PenTile.

Salah satu fitur baru untuk layar dismartphone ini adalah Smart Stay, dimana fitur ini akan melacak bola mata anda dan akan memastika layar tetap menyala saat anda sedang melihat kearah layar, fitur ini sangat berguna saat membaca sebuah artikel panjang.
Samsung Galaxy S3  Smart Stay

Secara teori sistem kerja fitur ini adalah sebagai berikut, anda bisa mengatur agar screen time out(berapa lama layar akan menyala jika tidak ada aktifitas yang terjadi pada ponsel) selama 15 detik, kemudian jika anda sedang sedang membaca sebuah artikel tanpa menekan tombol atau melakukan sentuhan, maka layar smartphone ini akan tetap menyala meski waktu screen time out 15 detik tadi telah lewat, karena fitur smart stay akan mendeteksi arah mata anda yang sedang tertuju pada layar dan akan mencegah layar dimatikan.

Kualitas layar adalah sebanding dengan Galaxy Nexus, dengan sedikit berbeda kecerahan dan sedikit detail font di browser, tapi gambaran ini hampir tidak terlihat. Secara keseluruhan kualitas layar baik, yang berada di atas rata-rata untuk smartphone yang beredar dipasaran.

Memory

Samsung I9300 Galaxy S3 tersedia dengan pilihan 16, 32 dan 64 GB memori internal. RAM 1 GB, yang akan tersedia sebanyak 800 MB untuk digunakan menjalankan berbagai aplikasi.

Slot memory eksternal telah mendukung hingga 64 GB. Sedangkan memori bawaan untuk ponsel ini sebesar 2 GB.

CPU dan System Operasi

Ini adalah ponsel pertama dari Samsung, yang menggunakan Exynos 4412 Quad-core Cortex-A9, frekuensi masing-masing inti - hingga 1,4 GHz dan untuk GPU ponsel ini menggunakan Mali-400MP. System operasi yang digunakan adalah Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich) yang dapat di upgrade ke 4.1.2 (Jelly Bean)

Camera

Samsung membuat langkah yang tidak biasa pada kamera galaxy SIII, yaitu membekali ponsel ini Kamera 8 MP dengan resolusi maksimal 3264x2448 pixels, sama persis dengan yang dimiliki oleh S2, sebenarnya bukanlah masalah jika galaxy S3 "hanya" memiliki kamera yang sama dengan generasi sebelumnya, 8 MP sudah mencukupi untuk menangkap momen apapun, namun samsung yang biasanya mengejar spek tinggi untuk setiap ponsel yang baru diluncurkannya, jadi smartphone dengan sebuah kamera yang memiliki spesifikasi yang sama dengan generasi sebelumnya bukanlah jalan yang biasa ditempuh oleh samsung.

Meskipun smartphone ini tidak dilengkapi dengan tombol khusus untuk kamera, namun mengakses kamera bukanlah hal yang sulit, salah satu yang dapat mempermudah dalam mengakses kamera adalah menyimpan icon kamera pada home screen. Dengan sedikit trik anda dapat membuka kamera dengan cepat, yaitu dengan cara tap pada layar dan tahan kemudian putar layar ke mode landscape, hal ini akan membuka kamera seketika.

Pada ponsel ini dapat mengedit semua penempatan icon sesuai dengan selera pengguna untuk membuatnya lebih mudah digunakan, lebih mudah mengatur fungsi-fungsi yang sering digunakan agar dapat di akses dengan cepat.

Terdapat juga fitur baru untuk kamera pada Galaxy S3 ini, yaitu anda dapat menggunakan efek sebelum mengambil gambar. Salah satu efek yang menarik adalah efek yang dapat memfilter warna, jadi anda dapat membuat sebuah hasil yang menarik dimana hasil fotonya hanya akan menampilkan warna merah dan biru

Kamera depan 1,9 MP, yang sudah mencukupi untuk mengambil gambar diri sendiri dengan kualitas yang tidak terlalu buruk, bahkan dapat juga digunakan untuk merekam video

Untuk merekam video kamera smartphone ini menggunakan resolusi maksiman 1920 x 1080 (yang juga merupakan resolusi default) pada 30fps, anda dapat mengatur pengaturan standar seperti, white balance dan anti-shake namun sayang tidak dilengkapi dengan efek slow-motion.

Baterai

Masa pakai baterai merupakan salah satu isu penting buat smartphone dengan spesifikasi tinggi, belum ada pengguna yang terpuaskan oleh penggunaan baterai pada smartphone yang telah beredar di pasaran dan belum ada satu produsen pun yang mampu mengatasi permasalahan baterai ini.

Samsung Galaxy SIII menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 2100 mAh  (1650 mAh di Galaxy S2). Digunakannya baterai ini untuk memastikan agar layar besar dengan format Full HD tidak akan mengisap habis daya dengan cepat, walaupun usaha ini masih jauh dari sukses.

Pilihan Konektivitas

Bluetooth, Bluetooth versi 4.0 (LE). Ketika mentransfer file ke perangkat lain yang mendukung teknologi ini memungkinkan transfer rate yang secara teoritis adalah sekitar 24 Mbit / s, dengan jarak maksimal 10 meter.

Model ini mendukung berbagai profil seperti, Headset, Handsfree, Serial Port, Dial Up Networking, File Transfer, Push Objek, Pencetakan Dasar, Akses SIM, A2DP.

USB, Di Android 4 untuk beberapa alasan menolak modus USB Mass Storage, hanya tersisa MTP (seperti modus PTP). Versi USB - 2, data rate - sekitar 25 MB / s.

Saat terhubung ke PC, sistem operasi tidak memperbolehkan koneksi yang bersamaan dari USB dan Bluetooth, Bluetooth harus dinonaktifkan terlebih dahulu jika sedang terkoneksi dengan PC dan akan menggunakan koneksi USB begitu juga sebaliknya. Jika terkoneksi pada PC menggunakan USB baterai smartphone ini akan secara otomatis terisi ulang.

Konektor microUSB  telah mendukung MHL, ini berarti bahwa dengan menggunakan kabel khusus (dijual terpisah), Anda dapat menghubungkan smartphone ini ke TV (untuk HDMI-output).

Wi-Fi Direct. Protokol baru, yang dirancang untuk menggantikan Bluetooth

NFC. Perangkat ini hadir teknologi NFC, dapat digunakan dengan berbagai aplikasi tambahan.

Jaringan GPRS-EDGE perangkat ini telah menggunakan Class 12.

Wi-Fi. Didukung oleh standar 802.11 a / b / g / n dan untuk 802.11 n telah mendukung mode HT40, yang akan melipat gandakan kecepatan transfer Wi-Fi namun tentu saja harus terhubung dengan perangkat yang juga telah mendukung mode ini.

S Beam. Teknologi eksklusif dari Samsung, yang memungkinkan untuk mentransfer file besar yang berukura Gigabyte keperangkat lain dalam waktu beberapa menit, sejauh ini baru Galaxy S3 yang menggunakan teknologi ini.

Musik, Video dan Radio

Musik Player
Pemutar musik standar yang terdapat pada Samsung  Galaxy SIII I9300 adalah sebuah player yang
Samsung Galaxy S3 Headphone notifikasi bar
telah cukup layak dengan menawarkan semua fungsi yang dimungkinkan untuk terdapat pada sebuah smartphone premium, dari wireless streaming sampai smart playlist semua terangkum pada music player bawaan ini. Contoh yang paling mudah adalah saat ponsel ini mendeteksi adanya koneksi dengan headset maka secara otomatis ponsel ini menampilkan music player dan jika anda membuka notofikasi bar, disana terdapat optimasi headphone untuk beberapa aplikasi. Untuk memuaskan selera dalam mendengarkan musik  samsung melengkapi player ini dengan 20 EQ yang berbeda yang masing dapat disesuaian sesuai dengan keinginan, suara yang dihasilkan sangat sangat sesuai dengan harapan.

Kualitas output meningkat signifikan karena penggunaan chip Wolfson WM1811, pada S2 samsung menggunakan chip yang dibuat oleh yamaha.

Samsung Galaxy S3 music squarePada Galaxy S3 ini samsung menawarkan fitur baru yaitu Music Square, sebenarnya fitur semacam ini pertama kali diperkenalkan oleh sony ericsson yang menyebutnya dengan Sense, pada dasarnya fitur pada fitur ini anda dapat membuat playlist dan menandainya sesuai dengan suasana hati. Jadi jika anda ingin lagu yang"passionate" atau "exciting" untuk merubah mood anda maka S3 I9300 akan membuatnya tersedia untuk anda dengarkan

DLNA sebenarnya telah dapat didukung oleh smartphone ini yang mungkinkan untuk berbagi lagi secara streaming dengan perangkat yang berada didekatnya, namum dalam penggunaan masih agak sedikit meyulitkan.

Radio
Seperti pada pemutar musik, Radio FM pada smartphone ini dilengkapi berbagai macam fungsi yang dimungkinkan untuk sebuah smartphone premium. Fungsi yang paling menarik untuk Radio FM galaxy S3 ini adalah anda dapat merekam musik yang sedang dimainkan oleh sebuah stasiun radio yang sedang anda simak, fungsi seperti ini tidak banyak ditawarkan oleh merk lain.

Video Player
Video player standar yang terdapat pada Galaxy S3 I9300 bisa dipastikan salah satu yang terbaik dari semua player saat ini. Player standari ini dapat dengan mudah menyaingi bahkan melampaui berbagai macam video player yang di tawarkan di Google Play, baik yang gratisan maupun yang berbayar.

Salah satu kelebihan utama video player S3 ini terdapat pada tata layout yang didesain berkesan futuristik, tanpa meninggalkan kederhanaan dan kemudahan dalam penggunaannya. Tombol play/ pause, next dan previous yang besar sangat mudah untuk menggunakannya demikian juga dengan slidernya yang dapat dengan mudah diambil dan menggerakkan kecepatan pemutaran video sesuai dengan keinginan anda.

Keyboard

Salah satu poin penting dalam penginputan teks adalah keyboard yang sangat berperan penting kala menulis sms, e-mail atau catatan, Virtual Keyboard yang terdapat pada smartphone ini dapat bekerja dengan baik, dapat memilih beberapa bahasa dan mengganti format bahasa dengan mudah, mendukung mode swype dimana jari dapat digeser dari satu huruf kehuruf yang lain tanpa harus mengangkatnya dari layar dan setelah selesai smartphone ini akan menebak kata yang dimaksud, dengan algoritma yang telah disempurnakan secara keseluruhan fitur ini mampu menebak hampir 100 persen kata yang dimaksud, adapun jika kata yang ditebak pertama bukanlah kata yang dimaksud, anda dapat opsi dari daftar drop-down yang biasanya terdapat kata yang benar.

Begitu juga pada mode landscape, keyboard ponsel ini dapat bekerja dengan baik. DiGoogle play banyak terdapat aplikasi keyboard dari yang standar sampai yang canggih, dari yang berbayar sampe yang gratisan, namun keyboard Galaxy S3 telah didesain dengan sempurna hingga anda tidak akan tertarik lagi untuk mendownload berbagai macam keyboard yang terdapat pada google play.

Pada pesan SMS secara default, satu percakapan (pesan dari satu orang) dibatasi sampai 200 pesan. Anda mengatur batasan ini sampai 5000 pesan. Dari Pengaturan lain ponsel ini memiliki kemampuan untuk mengatur font sendiri.

Aksesoris

Samsung memberi perhatian khusus pada aksesoris untuk produk-produk yang diluncurkan akhir-akhir ini terutama untuk produk premiumnya. Untuk Samsung Galaxy S3 tersedia berbagai macam aksesori ada yang telah di bundel kedalam paket penjualan dan ada pula yang dijual terpisah, dari stylus sampe wireless charging (Pengisian baterai tanpa kabel).

 Spesifikasi Samsung Galaxy S3 I9300

Dimensi
Panjang 13,66 cm
Lebar 7,06 cm
Tebal 0,86 cm
Berat 133 gr
Jaringan
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
UMTS/WCDMA/3G   900 / 2100
Data/Internet HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, GPRS/EDGE   Class 12
Layar
Tipe Super AMOLED HD, 16 juta Warna
Ukuran 4,8 inci
Resolusi 720 x 1280 pikel
Layar Sentuh Capacitive Touchscreen, Multi-Touch
Fitur Corning Gorilla Glass 2
CPU
Chipset Exynos 4412 Quad
Prossesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A9
GPU Mali-400MP
Sistem Operasi Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich) dapat diupgrate ke 4.1.2 (Jelly Bean)
Memory
Internal 16/32/64 GB
RAM 1 GB RAM
Eksternal microSD, Mendukung sampai 64 GB, 2 GB bawaan
Kamera
Utama 8 MP, 3264 x 2448 piksel
Depan 1.9 MP,  720p @30fps
Flash LED
Video 1080p @30fps, dual-video rec
Fitur Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization
Baterai
Tipe Li-Ion
Kapasitas 2100 mAh
Stand-by 590  Jam (2G) / 790 Jam (3G)
Waktu Bicara Sekitar 21 jam  40 menit  (2G) / sekitar 11 Jam 40 menit (3G)
Konektifitas
Wi-Fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth  v4.0, A2DP, EDR
USB microUSB v2.0 (MHL), USB On-the-go
Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
TV-out MHL A/V link
Fitur Lain
S-Voice natural language commands and dictation
Smart Stay eye tracking
Dropbox (50 GB storage)
Active noise cancellation with dedicated mic
Loudspeaker
Advertisement
Samsung Galaxy S3 I9300 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar