Samsung Galaxy S4 GT-I9500

Advertisement
Review Samsung GT-I9505 Galaxy S4

Seri Galaxy dari samsung merupakan sebuah kisah sukses dari smartphone, hal ini dapat dilihat dari pencapaian Samsung Galaxy S3 yang dalam lima bulan pertamanya telah menembus angka 20 juta unit yang terjual dipasaran. Jika kita melihat lagi di versi sebelumnya Galaxy S2 yang juga merupakan produk sukses dengan penjualan 10 juta unit pada 5 bulan pertamanya, walaupun tidak sehebat Galaxy S3, tapi angka 10 juta bukanlah angka yang sedikit

Tidak ada perubahan desain yang mendasar pada galaxy S4 ini, dari bentuk dan rupanya sangat identikal dengan galaxy S3 atau Note II dan galaxy-galaxy premium lain. Dimensinya pun hanya berubah "sedikit" jika dibandingkan dengan galaxy S3, yang dimaksud dengan "sedikit" disini adalah Galaxy S4 sedikit lebih tipis, sedikit lebih ringan dan sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan galaxy S3, layarnya pun cuman sedikit lebih besar. Namun untuk karakteristik lain seperti baterai, layar mengalami peningkatan signifikan.

Desain

Casing menggunakan bahan yang berkualitas yaitu plastik polycarbonate, yang membuat casing smartphone ini menjadi kokoh dan eksklusif dengan dibingkai dengan warna metalik pada sisinya. Saat peluncurannya Samsung Galaxy S4 ini mempunyai 2 pilihan warna yaitu hitam dan abu-abu, dalam keterangan resminya ke depan smartphone ini akan tersedia dengan pilihan warna yang lebih banyak.
Review Samsung GT-I9505 Galaxy S4

Secara keseluruhan desain casing untuk smartphone ini dilakukan dengan sangat baik tidak ada bagian yang bergerak sewaktu ditekan yang menandakan tidak ada hal yang meleset dari desain dan saat produksi, penutup cover belakang misalnya dapat terkancing dengan mudah dan melekat dengan erat, namun tidak susah untuk membukanya.

Disisi depan tentu saja didominasi oleh layar 4,99 inci smartphone ini dan lampu notifikasi yang terdapat di sebelah kiri atas layar, dibawah layar terdapat 3 tombol standar android samsung, tombol tengah yang terlihat paling besar dan menonjol merupakan tombol mekanik yang diapit dengan 2 soft-button (tombol sentuh) yang dilengkapi dengan backlight, lampu backlight pada soft button ini dapat diatur seberapa lama backlight ini menyala setelah disentuh. Tombol Volume berada disisi kiri dan tombol power terletak disisi kanan.

Disisi anda akan melihan port IR sebuah fitur yang telah lama hilang sejak kemunculan smartphone-smartphone dengan sistem operasi dengan harga yang terjangkau, port IR ini dapat digunakan untuk mengotrol peralatan rumah yang menggunakan remote kontrol Infra Red, seperti televisi, DVD Player atau AC. Port 3,5mm standar jack untuk headphone juga terdapat disisi atas, sedangkan disisi bawah dihuni oleh konektor microUSB yang di temani oleh microphone utama smartphone ini.

Layar

Review Samsung GT-I9505 Galaxy S4
Ukuran diagonal layar Samsung Galaxy S4 ini 4.99 inci, menggunakan tipe layar SUPER AMOLED HD dengan resolusi 1920 x 1080 pixel, satu hal tantang layar SUPER AMOLED HD ini, penggunaan tipe ini kadang membuat layar kelihatan terlalu terang dengan warna yang kelihatan tidak alami lagi, namun samsung telah menyediakan pengaturan yang dapat digunakan untuk menyesuaikan agar sesuai dengan selera anda.

Membandingkan dengan layar yang digunakan pada S3 pada smartphone ini walaupun layarnya sedikit lebih besar namun mengkonsumsi daya yang lebih sedikit dibanding dengan layar S3.

Secara keseluruhan layar GT-I9505 Galaxy S4  ini hampir tanpa celah, berbicara soal layar samsung masih tetap yang terdepan dibanding dengan pesaing-pesaingnya, mengembangkan dan memproduksi sendiri layar untuk jejeran produknya adalah hal yang sangat sulit untuk disaingi. Kecanggihan layar untuk galaxy S4 ini hanya dapat dibandingkan dengan HTC Butterfly dan iPhone 5.

Internal dan Eksternal Memory

Galaxy S4 menggunakan 16 GB internal memory (kedepan akan akan tersedia versi 32 GB dan 64 GB). RAM sebesar 2 GB yang setelah diisi oleh sytem operasi, tersedia sekitar 940 MB yang sudah sangat cukup memadai untuk semua aplikasi yang tersedia di Google Play.

Memory Eksternal bawaan smartphone android ini sebesar 8 GB, S4 ini mendukung pengunaan eksternal memory sampai 64  GB.

Hardware

Samsung Galaxy S4 diluncurkan dengan 2 versi harware.
Versi Pertama dan yang paling banyak ditemui dipasaran, Snapdragon 600 (clock speed quad core dari Qualcomm 1,9 GHz, Grafis co-processor Adreno 320).

Versi yang kedua Exynos 5410 Octa dibangun di atas arsitektur ARM-big.LITTLE dan menggunakan dua prosesor quad-core (secara kolektif, delapan core) pada prosesor tunggal arsitektur Cortex A7 (frekuensi masing-masing inti hingga 1,2 GHz) pada prosesor tunggal Cortex-A15 (frekuensi hingga 1,8 GHz). Grafis co-processor menggunakan PowerVR SGX 544MP3 533 MHz.

Jika dibandingkan performa dari kedua versi hardware ini, dalam pengujian Exinos 10 persen bekerja lebih baik dibanding Snapdragon 600.

Camera

Samsung GT-I9505 tidak dilengkapi dengan tombol khusus untuk mengambil gambar. Spesifikasi untuk kamera adalah Matrix 13 megapixel bacxklit BSI, aperture 2,4, ISO 100 sampai 800 (Setting manual). Layar adalah nilai tambah yang sangat besar untuk smartphone ini, karena telah beresolusi HD dengan tingkat kecerahan yang tinggi memungkinkan untuk menampilkan gambar dengan kualitas yang sangat tinggi dilayar. Namun jika hasilnya ditampilkan pada layar komputer ceritanya akan lain, tidak semantap tampilan dilayar smartphone.

Mengaktifkan kamera dari menu hanya membutuhkan 1-2 detik sampai kamera siap digunakan, Autofokus cukup cepat, sewaktu kamera diaktifkan dapat dengan segera memulai mengambil gambar dan dengan peningkatan prosesor memungkinkan untuk mengambil gambar puluhan frame perdetik.

Antarmuka kamera tidak mengalami perubahan yang berarti jika dibandingkan dengan antarmuka S3, pada quick menu setting anda dapat mengatur pengaturan dasar dari kamera, untuk pengaturan lebih
Samsung Galaxy S4 GT-I9505
Secara default ISO diatur auto, tetapi anda dapat mengatur manual dengan pilihan 100, 200, 400 dan 800 unit. Ada fitur yang menarik dalam menu pengaturan yaitu fitur pendeteksi pencahayaan rendah, yang jika diaktifkan pada kondisi cahaya yang kurang, akan secara otomatis berpindah ke modus malam.

Digital zoom x4, tidak ada yang berubah dalam hal ini, S3 mempunyai fasilitas yang sama. Kamera samsung adalah salah satu yang terbaik untuk sebagian besar telepon dan perangkat yang beredar dipasaran. Baik terhadap detail, rendering berkualitas tinggi .

Lampu kilat LED bukanlah yang terbaik, karena dalam beberapa kasus, terdapat berkas warna biru

Samsung memberikan perhatian khusus pada kualitas pemotretan dalam cahaya rendah. Sampai saat ini, tidak ada produsen kamera di kelas smartphone premium yang dapat memberikan hasil foto dengan kualitas yang sangat baik dalam kondisi cahaya rendah.

Ponsel ini memiliki beberapa pilihan untuk efek yang dapat Anda terapkan untuk foto. Efek dari hal berikut: Vignette, Grey-skala, Sepia, Vintage, Turquoise, Rainbow, Komik, Gothic Noir, Fish Eye.

Resolusi maksimum untuk video - 1980 x 1020 piksel (30 frame per detik). Kualitas rekaman meningkat dibandingkan dengan Galaxy S3.

Baterai

Baterai yang dipasang untuk  Galaxy S4 GT-I9505 ini adalah Li-Ion 2600 mAh (Di Galaxy S3 cuman 2100mAh), semakin besarnya kapasitas layar dan berkurangnya konsumsi daya pada layar secara teori seharusnya dapat mengawetkan penggunaan baterai namun penggunaan prosesor versi baru dan tambahan beberapa fitur yang mempengaruhi penggunaan daya akan mengeliminir teori tadi.

USB, Bluetooth, pilihan konektivitas

Bluetooth. Bluetooth versi 4.0 (LE). Ketika mentransfer file ke perangkat lain yang mendukung teknologi ini , transfer rate secara teoritis adalah sekitar 24 Mbit / s. Model ini mendukung berbagai profil bluetooth, seperti Headset, Handsfree, Serial Port, Dial Up Networking, File Transfer, Push Objek, Pencetakan Dasar, Akses SIM, A2DP. Fitur ini berjalan tanpa masalah dengan headset bluetooth.

Sambungan USB, Di Android 4 untuk beberapa alasan menolak modus USB Mass Storage, hanya tersisa MTP (seperti modus PTP). Versi USB yang digunakan adalah USB 2.0 dengan transfer data rate - sekitar 25 MB / s.

Koneksi USB dan bluetooth tidak bisa dikoneksikan secara bersamaan ke PC, jika koneksi bluetooth sedang berlangsung dengan PC anda anda harus mematikan terlebih dahulu untuk menggunakan koneksi USB. Koneksi USB ke PC akan secara otomatis mengisi ulang baterai smartphone ini.

MicroUSB konektor juga mendukung MHL, ini berarti bahwa dengan menggunakan kabel khusus (Dijual terpisah dan dapat di beli pada toko elektronik), Anda dapat menghubungkan ponsel ke TV (untuk HDMI-output).

Untuk GPRS-EDGE Smartphone ini mendukung jaringan Class 12.

Wi-Fi. Mendukung standar 802.11 a / b / g / n / ac, Cara kerjanya sama saja dengan Bluetooth. Anda dapat menyimpan jaringan yang dipilih dan akan secara otomatis menyambung jika mendeteksinya kembali. Galaxy S4 ini dilengkapi dengan fitur yang dapat mengkonfigurasi koneksi ke ruoter dengan satu sentuhan, untuk melakukan hal ini, tekan tombol WPA pada router, dan mengaktifkan tombol serupa dalam smartphone ini (WPA SecureEasySetup).

Juga untuk standar 802.11 n, S4 telah mendukung mode HT40, yang menggandakan bandwidth Wi-Fi yang tentu saja harus didukung pula dengan perangkat lain untuk membuat fitur ini dapat digunakan.

Wi-Fi Direct. Protokol, yang dirancang untuk menggantikan Bluetooth atau bisa dikatakan membuka persaingan dengan bluetooth. Protokol ini sekarang telah sampai ke versi ketiga. Untuk menggunakan fitur ini, dari pengaturan Wi-Fi, pilih bagian Wi-Fi Direct, telepon mulai mencari perangkat di sekitar. Pilih perangkat yang diinginkan, mengaktifkan koneksinya dan proses pertukaran file pun bisa dimulai. Fitur ini dapat digunakan dari file manager, Anda dapat melihat file pada perangkat lain, dan mengirim atau mengambil ke peperangkat tersebut. Hal ini dapat juga dilakukan langsung dari galeri, atau bagian lain dari telepon.

NFC. Perangkat ini hadir teknologi NFC, dapat digunakan dengan berbagai aplikasi tambahan.

S Beam. Teknologi ini memungkinkan untuk mentransfer file dengan ukuran beberapa gigabyte dalam waktu beberapa menit ke ponsel lain.

Port inframerah. Port ini dapat mengubah smartphone ini menjadi remote control untuk berbagai peralatan peralatan rumah tangga dan telah dikonfigurasi secara otomatis untuk hampir semua model.

Keyboard

Seperti yang telah ada pada versi sebelumnya smartphone android Galaxy S4 ini dilengkapi dengan fitur TouchWiz yang memaksimalkan kualitas penggunaan keyboard. Word Prediction (prediksi kata) yang algoritmanya telah ditingkatkan, mode T9 input (analog Swype). Jika Anda tidak menggunakan kedua mode input tersebut, hanya menggesek jari Anda ke area keyboard, ia memainkan peran touch pad. Sangat nyaman dan Anda akan terbiasa dengan fitur ini dalam beberapa menit.

Kesimpulan


Samsung telah sekali lagi meningkatkan spesifikasi ponsel terbarunya Samsung Galaxy S4 dan membuat smartphone ini menawarkan fungsionalitas lebih dari kompetitornya. Ditambahkan banyak fitur-fitur baru yang sangat menyenangkan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Disisi kamera tidak ada yang luar biasa meskipun resolusi yang digunakan lebih besar dari S3.

Spesifikasi Samsung GT-I9505 Galaxy S4

Spesifikasi Samsung GT-I9505 Galaxy S4

Dimensi
Panjang 13,66 cm
Lebar 6,98 cm
Tebal 0,79 cm
Berat 130 gr
Jaringan
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
UMTS/WCDMA/3G   900 / 2100
Data/Internet HSDPA, 42.2 Mbps; HSUPA 5.76 Mbps, 3G, EDGE, GPRS
Layar
Tipe Super AMOLED HD, 16 juta Warna
Ukuran 5.0 inci (Tepatnya 4,99 inci)
Resolusi 1080 x 1920 pixels
Layar Sentuh Capacitive Touchscreen, Multi-Touch
Fitur Corning Gorilla Glass 3
CPU
Versi I
Chipset Snapdragon 600
Prossesor Qualcomm 1,9 GHz
GPU Adreno 320
Versi II
Chipset Exynos 5 Octa 5410
Prosesor Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 & Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU PowerVR SGX 544MP3
Sistem Operasi Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean)
Memory
Internal 16/32/64 GB
RAM 2 GB RAM (980 MB Bebas)
Eksternal microSD, Mendukung sampai 64 GB, 8 GB bawaan
Kamera
Utama 13 MP,  4128 x 3096 piksel
Depan 2 MP,1080p@30fps, dual video call
Flash LED
Video 1080p @30fps, dual-video rec
Fitur Dual Shot, Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch-focus, face and smile detection, image stabilization, HDR
Baterai
Tipe Li-Ion
Kapasitas Li-Ion 2600 mAh battery
Stand-by (2G) / 370 Jam (3G)
Waktu Bicara (2G) / 17 Jam (3G)
Konektifitas
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth  v4.0 with A2DP, EDR, LE
USB microUSB v2.0 (MHL 2), USB On-the-go, USB Host
TV-out  via MHL 2 A/V link
Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, temperature, humidity, gesture
Fitur Lain
S-Voice natural language commands and dictation
Smart stay, Smart pause, Smart scroll
Air gestures
Dropbox (50 GB storage)
Active noise cancellation with dedicated mic
Loudspeaker
Advertisement
Samsung Galaxy S4 GT-I9500 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar