Acer Liquid E2

Advertisement

Smartphone acer mungkin bukan gadget yang sering anda lihat di rak-rak display toko. Namun harga smartphone acer  seringkali berada dibawah merk-merk top dikelas yang sama. Liquid E2 adalah sebuah smartphone android dikelas menengah dengan tenaga Quad-Core.

Desain dan Dimensi Acer Liquid E2

Sepertinya smartphone acer ini didesain untuk sedikit berbeda dengan sebagian besar desain smartphone android yang berbeda dipasaran. Dibanding desain yang dapat menarik perhatian atau menggunakan casing logam, desain liquid E2 ini dapat dijabarkan melalui speaker ganda dibagian belakang yang sedikit berbeda. Mungkin acer ingin menyatakan bahwa ponsel ini mempunyai kualitas speaker diatas rata-rata.

Jika memandang sekilas smartphone ini terlihat bahwa Acer kurang memperhatikan detail hal ini dapat anda lihat pada lampu latar tombol soft-key di bagian bawah layar. Dimensi yang digunakan ponsel ini cukup standar, panjang 13,1 cm lebar 6,8 cm dan tebal 0,99 cm dengan berat 140 gr. Sedikit lebih berat dan tebal jika dibandingkan dengan Galaxy S3.

Pada bagian belakang yang terbuat dari plastik lembut dan sedikit kenyal kala disentuh dapat memberikan sedikit point plus untuk ponsel ini karena dapat digenggam dengan nyaman.

Dibagian belakang terdapat Kamera utama dengan lampu LED Flash dan speaker ganda terletak dibagian atas dan dibawah. Disisi kiri terdapat tombol pengatur volume yang cukup tipis namun dapat dipastikan pengguna akan dengan mudah menemukan tombol ini dalam kegelapan.


Dibagian atas terdapat standart 3,5mm audio jack dan tombol power.  Dibawah terdapat slot microUSB dan slot yang berfungsi untuk membuka cover belakang.

Kualitas rakitan ponsel ini sangat baik karena semua bagian menyatu dengan sangat pas, tidak ada bagian yang bergerak atau berderit saat ditekan.

Layar Acer Liquid E2

Ukuran diagonal layar Acer Liquid E2 4,5 inci dengan resolusi 960 x 540 sedikit dibawah resolusi high-definition 720p. Menggunakan teknologi IPS dengan kerapatan pixel 245 ppi yang lumayan baik. Sebenarnya layar ponsel ini sudah lumayan tajam namun sayang titik-titik pixel masih kelihatan dipinggiran icon.

Mendukung "multi-touch" sampai 10 sentuhan secara simultan, tidak terdapat lapisan oleophonic pada layar yang dapat membuat jari-jari pengguna dapat meluncur dengan mudah diatas layar sekaligus mengurangi menempelnya bekas sidik jari.

Sudut pandang layar ponsel ini luas karena menggunakan teknologi layar IPS (link ke teknologi layar) memang didesain untuk mempunyai sudut pandang yang luas dan tingkat kecerahan warna yang tinggi. Namun seperti halnya pada sebagian besar smartphone sinar matahari langsung akan membuat layar sulit dibaca.

Operating System dan Interface Acer Liquid E2

Satu lagi point plus untuk Acer Liquid E2 adalah karena telah menggunakan sistem operasi android versi 4.2 Jelly Bean, tanpa terlihat adanya kostumasi besar-besaran seperti pada smartphone-smartphone samsung (link ke labelk samsung). Semua fitur asli bawaan Jelly Bean seperti widget lockscreen dan desain baru notifikasi bar semua hadir pada ponsel ini.

Prosesor dan Memory Acer Liquid E2

Smartphone ini menggunakan prosesor Quad-core dari MediaTek - MT6569, dengan kecepatan masing-masing inti 1,2 Ghz. Arsitektur Chip MediaTek MT6589 ini mengambil dasar dari arsitektur Cortex A7, yang telah terbukti sangat hemat dalam menggunakan daya baterai.

Untuk grafis Liquid E2 menggunakan PowerVR SGX 544MP, mungkin bukan spesifikasi yang "wah" untuk grafis akselelator namun sangat membantu ponsel ini dalam menjalankan game-game yang cukup berat dengan cukup baik.

Untuk mendukung kinerja prosesor 1 GB RAM dibenamkan untuk ponsel ini yang rasanya sudah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi yang tersedia pada Google Play. Memori Internal tersedia sebesar 4 GB yang jika dirasa masih kurang, pengguna dapat memperbesar kapasitas penyimpanan smartphone ini dengan menggunakan memori eksternal yang telah mendukung hingga 32 GB.

Kamera Acer Liquid E2

Acer melengkapi Liquid E2 ini dengan dua buah kamera, Kamera Utama yang terletak dibelakang adalah kamera 8 MP dengan auto-focus dan lampu Flash LED, kamera ini lumayan cepat dalam mengambil gambar dan yang lebih penting adalah foto dihasilkan dalam warna yang akurat. Namun kualitas foto tentu tergantung juga pada kondisi lingkungan saat itu.

Antarmuka telah didesain dengan baik, Dibagian atas terletak tombol pilihan untuk mengambil foto atau merekam klip video dan akses kegalery yang juga menampilkan hasil foto yang diambil terakhir terletak di kanan atas. Dikiri terdapat tombol instant untuk mengambil foto dan merekam video, disebelah kanan terdapat berbagai mode umum untuk pemotretan.



Untuk mengambil gambar pengguna dapat menggunakan tombol shutter pada interface kamera, tombol volume atau mentap dan tahan pada layar untuk memfokus dan mengambil gambar.

Salah satu fitur yang paling menarik yang disertakan pada kamera ponsel ini adalah tersedianya mode HDR yang biasanya hanya tersedia pada smartphone premium. Mode ini dapat mengambil gambar 99 kali berturut-turut.

Untuk merekam video kamera Acer Liquid E2 juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur seperti Electronic image stabilization (EIS) yang bekerja cukup baik dalam mengurangi rekaman yang kurang baik akibat ponsel yang bergoyang saat merekam.

Kamera depan 2 MP yang dapat digunakan untuk video call atau video conferencing di skype atau viber.

Acer Liquid E2 - Multimedia

Layar Acer Liquid E2 yang lega dan telah didukung oleh teknologi IPS mungkin dapat menggoda penggunanya untuk selalu menonton video setiap saat. Untuk keperluan tersebut Acer telah melengkapi ponsel ini dengan dukungan berbagai format yang umum digunakan termasuk DivX, Xvid dan MKV bahkan video dengan kualitas tinggi.

Untuk video player menggunakan video bawaan dari aplikasi Gallery, namun tentu saja pengguna dapat dengan mudah browsing ke Google Play untuk mendownload aplikasi pemutar video yang lebih baik seperti MX player.

Untuk pemutar musik Liquid E2 ini menggunakan pemutar musik bawaan Jelly bean yang mengatur dengan rapi semua file musik pengguna kedalam folder-folder yang diurut berdasarkan artis atau lagu.

Baterai Acer Liquid E2

Acer Liquid E2 menggunakan baterai Li-Ion dengan kapasitas 2000 mAh. Dengan chip yang dapat menghemat daya baterai ponsel ini dapat digunakan sehari penuh tanpa harus diisi ulang dengan catatan ponsel tidak digunakan berlebihan. Menurut keterangan resminya waktu bicara 9 jam sedangkan waktu standby 18,8 hari.

Kesimpulan

Acer Liquid E2 adalah smartphone direntang harga menengah, dengan kualitas perakitan yang sangat baik, baterai yang tahan lama, dual-simcard.  Prosesor Quad-core dengan memori yang lumayan besar dan telah menggunakan versi android terbaru walaupun bukan versi yang terakhir.

Secara keseluruhan smartphone ini cukup baik berimbang antara harga dan kualitas yang ditawarkan.

Spesifikasi Acer Liquid E2

Dimensi
Panjang 13,1 cm
Lebar 6,8 cm
Tebal 0,99 cm
Berat 140 gr
Jaringan
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
UMTS/WCDMA/3G   900 / 2100
Data/Internet HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
Layar
Tipe IPS LCD   16 juta warna
Ukuran 4,5 inci
Resolusi 540 x 960  pixel (kerapatan pixel 254 ppi)
Layar Sentuh Capacitive Touchscreen, Multi-Touch
Fitur -
CPU
Chipset MTK 6589
Prossesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU PowerVR SGX 544MP
Sistem Operasi Android versi 4.2.1 (Jelly Bean)
Memory
Internal 4 GB
RAM 1 GB
Eksternal microSD, Mendukung sampai 32 GB
Kamera
Utama 8 MP, Resolusi Maksimal 3264 x 2448 pixel
Depan 2 MP
Flash LED flash
Video 1080p @ 30fps
Fitur Geo-tagging, autofocus, touch focus
Baterai
Tipe Li-Ion
Kapasitas 2000 mAh
Stand-by 450 Jam
Waktu Bicara 9 Jam
Konektifitas
Wi-Fi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v3.0;  A2DP, EDR
USB microUSB v2.0
Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass
TV-out -
Fitur Lain
MP3/WAV/WMA/eAAC+ player
Voice memo/dial
MP4/H.264/H.263 player
Active noise cancellation with dedicated mic
Loudspeaker Ganda
Advertisement
Acer Liquid E2 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar