Samsung Galaxy Ace 3

Advertisement
Samsung Galaxy Ace 3
Lini Galaxy Ace mendapatkan generasi barunya tahun ini Galaxy Ace 3, yang merupakan generasi ke-3 dari Samsung Galaxy Ace yang diluncurkan pada tahun 2011. Pada generasi ketiga ini sebenarnya tidak ada peningkatan yang signifikan pada smartphone ini, ponsel ini lebih cocok kalau dikatakan merupakan upgrade tahunan dari samsung. Samsung android terbaru ini telah menggunakan android 4.2 sebagai sistem operasinya dan antarmuka buatan samsung yang terbaru TouchWiz Nature UX.

Desain dan Dimensi

Dibentuk dalam kebiasaan samsung menggunakan casing berbahan plastik, desain ace 3 ini secara menyeluruh masih belum jauh meninggalkan pendahulunya. Smartphone ini sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan ace 2 untuk menampung layarnya yang lebih besar, lengkungan pada sisi sedikit lebih meruncing namun lebarnya kurang lebih sama.

Menggunakan dimensi panjang 12,12 cm x lebar 6,27 cm x tinggi 0,98 dengan berat 115 g, yang tidak terlalu besar hingga dapat dengan mudah diselipkan pada kantong celana atau jaket dan dengan mudah dapat dioperasikan menggunakan satu tangan.

Layar

Galaxy Ace 3 menggunakan layar TFT capacitive touchscreen, dengan lebar diagonal 4 inci dan menggunakan resolusi 480 x 800 pixel. Layar ini dapat menampilkan warna yang baik denan sudut pandang yang luas.

Kecerahan layar tidak terlalu tinggi dan tanpa adanya sensor cahaya yang berarti dibawah sinar matahari langsung layar akan sangat sulit dibaca bahkan pada tingkat kecerahan maksimal.

CPU dan System Operasi

Sebuah prosesor dual-core 1 Ghz dibenamkan pada smartphone android baru ini, sebuah prosesor

Samsung andriod baru ini menjalankan system operasi android 4.2 Jelly Bean dengan kecepatan yang lumayan walaupun bukan yang tercepat dikelasnya.
Samsung Galaxy Ace 3
yang telah menjadi standar pada segment yang ditarget oleh Galaxy Ace 3 ini.

Camera

Smartphone ini menggunakan kamera 5 MP dengan resolusi maksimal 2592 x 1944 pixel yang telah dilengkapi dengan auto-focus dan lampu flash LED yang membantu pencahayaan pada lingkungan dengan tingkat pencahayaan yang rendah serta antarmuka kamera samsung yang baru yaitu Nature UX. Antarmuka yang baru ini menawarkan lebih sedikit mode dalam mengambul gambar jika dibandingkan dengan ponsel samsung yang menggunakan kamera resolusi tinggi.

Hasil gambar juga lumayan, sudah cukup sesuai dengan spesifikasi kameranya itu sendiri. Walau ada sedikit kekurangan pada detail gambar namun reproduksi warna dapat dilakukan dengan baik, walaupun masih terdapat beberapa kliping bayangan pada situasi gerakan dengan tingkat dinamis tinggi. White balance dapat bekerja dengan baik. Secara keseluruhan hasilnya sangat baik untuk dilihat kembali.

Samsung Galaxy Ace 3 dapat melakukan perekaman video dengan resolusi 720p pada 30fps yang merupakan resolusi yang sama yang digunakan pada ace 2 jadi sama sekali tidak ada peningkatan, dan dapat dikatakan resolusi yang agak rendah untuk kebanyakan smartphone keluaran terbaru.

Proses perekaman video dapat berjalan dengan baik, perekaman yang dilakukan diluar ruangan dengan cahaya yang cukup banyak tersedia detail dan representasi warna yang dihasilkan cukup akurat, suara pun dapat terekam dengan baik, smartphone ini mampu memfilter suara-suara background yang tidak perlu. Namun jika dilakukan pada situasi tingkat cahaya yang rendah, kualitas hasil rekaman akan jatuh.

Galery, Pemutar musik dan pemutar video

Galeri menawarkan modus tampilan split yang menampilkan folder di sebelah kiri, dan konten di sebelah kanan untuk akses yang lebih mudah. Anda juga dapat mengedit foto dengan banyak pilihan fitur perbaikan foto dan efek warna yang dapat dilakukan langsung dari aplikasi itu sendiri, TouchWiz, tapi di sini opsi Photo Editor harus didownload secara terpisah.

Pemutaran musik dilakukan melalui pemain TouchWiz stock player, yang menawarkan banyak mode suara dan preset equalizer. Loudspeaker adalah menghasilkan suara yang standart, tapi relatif bersih tanpa adanya distorsi terdengar walau menggunakan volume maksimal.

Pemutar video dapat memutar sebagian besar format video yang banyak digunakan, termasuk MKV dan file Xvid, dan telah mendukung resolusi 1080p (HD).

Baterai

Galaxy Ace3 menggunakan baterai Li-ion 1500 mAh. Tidak ada keterangan resmi tentang berapa lama baterai ini dapat bertahan waktu siaga dan waktu bicaranya, namun dengan melihat kapasitas baterainya dapat diperkirakan kalau ponsel ini tidak akan bertahan lama jika digunakan seharian.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Ace 3 adalah smartphone yang hanya mengalami sedikit peningkatan jika dibandingkan dengan pendahulunya, hargalah yang akan menjadi faktor penentu apakah smartphone android terbaru dari samsung ini akan sukses dipasaran atau tidak, karena smartphone ini tidak menawarkan banyak perbedaan dengan ponsel-ponsel dikelas menengah kebawah.

Advertisement
Samsung Galaxy Ace 3 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar