Samsung Galaxy Note 10.1 - Desain dan Layar

Advertisement
Samsung Galaxy Note 10.1 review

Galaxy Note 10.1 lebih ditujukan pada pengguna yang membutuhkan tablet berkualitas tinggi, powerfull dan penuh dengan berbagai macam fitur, serta mereka yang membutuhkan dukungan S PEN dalam bekerja.

Hadirnya S Pen pada sebuah tablet memberikan warna baru, pengalaman baru bagi penggunanya yang mungkin agak sulit didapat pada tablet lain. Tingkat presisi yang tidak dapat dilakukan oleh jari tangan dan perangkat lunak yang disertakan pada tablet ini melengkapi keunggulan Samsung Galaxy Note 10.1.

Desain dan Dimensi Galaxy Note 10.1

Berbagai tuntutan hukum dilayangkan Apple untuk desain tablet Samsung sebelumnya membuat Samsung lebih berhati-hati dalam mendesain semua tabletnya agar tidak mirip lagi dengan iPad.

Tablet ini hadir dengan dimensi Panjang 26,2cm, Lebar 18 cm dan tebal 0,89 cm. Saat diluncurkan tablet ini tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu putih dan hitam. Mari kita melihat peletakan tombol, slot, sensor dan kamera pada Samsung Galaxy Note 10.1 N8000


Samsung Galaxy Note 10.1 Review review Galaxy Note 10.1


Bagian depan yang tentu saja sebagian besar digunakan oleh  layar 10,1 incinya. Diatas layar terdapat sensor cahaya dan kamera depan.  Di kanan dan kiri layar terdapat speaker stereo dengan kualitas yang cukup baik.  Pada tablet ini tidak tersedia tombol fisik, karena ICS telah menyediakan tombol software

Disisi atas (Landscape) adalah tempat bagi sebagian besar tombol dan slot yang ada pada tablet ini, berurutan dari kiri ke kanan Tombol power, Tombol pengatur volume, slot microSD, IR Port, 3,5 mm standar audio jack, Slot SimCard. 

Samsung Galaxy Note 10.1 review Samsung Galaxy Note 10.1 review Samsung Galaxy Note 10.1 review

Peletakan slot audio jack di bagian atas tablet, agak sedikit kurang tepat karena akan lebih memudahkan pengguna jika diletakkan pada sisi kiri atau kanan.

Salah satu kelebihan Galaxy Note 10.1 dibandingkan tablet lain adalah adanya slot microSD yang dapat menambah kapasitas penyimpanan tablet ini. Jadi pengguna dapat menambah kartu memori 64 GB jika membutuhkan kapasitas yang lebih besar untuk menyimpan file mp3 atau film.

Hadirnya jaringan 3G pada tablet ini merupakan kelebihan lain tablet ini jika dibandingkan dengan tablet premium lain seperti Asus Transformer, yang belum mempunyai versi yang menawarkan jaringan broadband selular.

Konektor untuk koneksi ke PC yang sekaligus berfungsi untuk mengisi ulang baterai tablet ini terletak dibagian bawah bersama dengan microfon utama dan slot untuk S Pen.

Samsung Galaxy Note 10.1 review Samsung Galaxy Note 10.1 review Samsung Galaxy Note 10.1 review


Kamera 5 MP dan lampu LED Flash terletak dibagian belakang.

Samsung Galaxy Note 10.1 review Samsung Galaxy Note 10.1 review Kamera Utama



Seluruh bagian casing tablet ini terbuat dari plastik yang sama dengan Samsung Galaxy S3. Dari jarak jauh tablet ini terlihat desain cantik tablet ini, namun jika dilihat dari jarak dekat maka akan terlihat bekas-bekas sidik jari yang melekat mulai dari layar sampai diseluruh casingnya, walaupun pengguna hanya menggunakannya dalam waktu singkat, casing dan layar tablet ini sangat mudah sekali kotor oleh bekas sidik jari penggunanya.

Secara keseluruhan kualitas desain dan perakitannya sudah sempurna semua bagian menyatu dengan ketat sehingga tidak ada bagian yang longgar atau bergerak saat dipegang. Bingkai perak yang sedikit menggembung membantu memberikan tempat memegang, namun bagian belakang yang mengkilap dan licin menjadikan tablet ini tidak terlalu menyenangkan dipegang untuk waktu lama.

Sehingga menjadikan galaxy note 10.1 tidak senyaman tablet lain yang juga terbuat dari plastik premium namun dengan bagian belakang yang bertekstur seperti transformer pad 300 atau yang belakangnya berlapis almunium seperti New iPad.

Dengan berat 595g, menjadikan galaxy note 10.1 ini sangat ringan untuk sebuah tablet yang lebih lebar dibandingkan dengan tablet lain, bahkan lebih ringan dari new iPad dan iPad 2

Layar  Samsung Galaxy Note 10.1

Sesuai dengan namanya tablet ini menggunakan layar dengan diagonal 10,1 inci, dengan resolusi 1280x800 sehingga kerapatan pixel tablet ini 149 ppi. Menggunakan layar PLS LCD, PLS (Plane to Line Switching) adalah teknologi yang dikembangkan oleh samsung untuk menyaingi teknologi IPS (In-Plane Switching) buatan  Hitachi  Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel tentang Teknologi Layar Smartphone.

Samsung Galaxy Note 10.1 review
Samsung Galaxy Note 10.1 review


Teknologi PLS  dapat menampilkan warna-warna natural yang lembut dengan sudut pandang yang tinggi, tampilan layar tidak ter-distorsi walaupun dipandang dari samping. Kecerahan di tingkat maksimum dapat digunakan untuk menonton film di lingkungan yang terang seperti di luar ruangan, Kecerahan yang paling minimum dapat digunakan untuk membaca di ruangan yang gelap dengan nyaman. Namun di bawah sinar matahari langsung layar akan memudar meski pun informasi yang terdapat pada layar masih dapat dilihat dengan baik.

Jika membandingkan dengan iPad 3 dengan layar Retina Display-nya dengan resolusi 2.048 x 1.536, layar Galaxy Note 10.1 ini terlihat sangat buruk, padahal layar yang digunakan iPad 3 di produksi oleh samsung.

review Samsung Galaxy Note 10.1Seperti yang telah disebut di atas tablet ini dilengkapi dengan sensor cahaya yang berfungsi untuk mengatur kecerahan layar berdasarkan kuantitas cahaya disekitar tablet ini. Sensor ini bekerja dengan sangat baik dengan mampu menyesuaikan kecerahan layar di berbagai lingkungan dengan kuantitas cahaya yang berbeda. Namun jika dirasa masih kurang memuaskan, telah tersedia pengaturan manual yang terdapat pada notifikasi bar atau menu setting

Bekas sidik jari dapat dengan mudah mengotori permukaan layar, hal ini dapat terlihat dengan jelas saat layar dalam keadaan mati, namun bekas sidik jari ini tentu saja dapat dengan mudah dibersihkan.
Layar Samsung Galaxy Note 10.1 memiliki tingkat kecerahan yang tinggi, warna natural dengan sudut pandang yang tinggi. Dilengkapi dengan lapisan oleophobic yang membuat jari dapat bergerak diatas permukaan layar dengan sangat nyaman.

Satu hal penting yang perlu diingat hampir semua smartphone dan tablet yang dihasilkan oleh samsung menggunakan teknologi layar yang dikembangkannya sendiri, dan teknologi ini masih bisa dikatakan dapat mengungguli pesaing-pesaingnya, mengingat hal tersebut bukan hal yang berlebihan jika banyak penggemar gadget berharap spesifikasi tinggi dibenamkan untuk layar tablet ini, di samping itu tablet ini mengusung nama Note yang biasanya merupakan perangkat premium yang dibekali dengan spesifikasi hardware yang terbaru.

Namun tampaknya samsung lebih memilih untuk bereksperimen dengan menggunakan spesifikasi layar yang minimal dan resolusi yang rendah. Mungkin tujuannya untuk menekan harga tentunya.
Advertisement
Samsung Galaxy Note 10.1 - Desain dan Layar | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar