Samsung Galaxy S4 Mini I9190

Advertisement
 Samsung  Galaxy S4 Mini I9190

Pada bulan April tahun 2013 Samsung meluncurkan smartphone andalannya di lini high-end smartphone: Samsung Galaxy S4. Jika dibandingkan dengan pendahulunya Samsung Galaxy S III hampir disetiap bagian mengalami peningkatan, hanya casing yang tidak mengalami perubahan yang berarti dengan masih menggunakan bahan plastik yang menurut sebagian penggunanya merusak pemandangan dan terasa agak murahan untuk sebuah smartphone premium.

Meskipun smartphone dengan layar besar sekarang ini sedang trend, namun tidak semua orang tertarik untuk menggunakan smartphone dengan ukuran jumbo yang sedikit menyulitkan jika digunakan dengan satu tangan. Untuk mereka yang lebih melihat smartphone yang mempunyai kualitas produksi yang tinggi tapi tidak mesti dengan kinerja terbaik, atau isi dalam yang menggunakan teknologi terkini, mungkin dapat mengalihkan perhatiannya pada versi yang lebih kecil dari seri yang menjadi andalan samsung saat ini.

Samsung galaxy S3 mini misalnya sebuah versi mungil dari  Galaxy S III yang fenomenal saat itu, yang diluncurkan enam bulan setelah S3 diperkenalkan dipasaran. Kini Samsung Galaxy S4 sedang dalam masa jayanya, sangat mudah untuk memprediksi bahwa samsung akan segera meluncurkan versi yang lebih kecil, dan benar saja samsung kali ini tidak menunggu sampai enam bulan untuk meluncurkan versi kecil dari S4 namun dalam jangka waktu 3 bulan Galaxy S4 mini telah diperkenalkan dipasaran

Perbandingan  Samsung  Galaxy S4 Mini


Selanjutnya, akan ada lebih banyak varian Galaxy S4, seperti Zoom dan Active. Pada Zoom samsung mencoba mengawinkan antara kamera digital dan smartphone, sedangkan Active didesain untuk tahan air dan karena itu memiliki bentuk yang sedikit berbeda.

S4 Mini masuk kepasaran dengan rentang harga 5 jutaan yang mana akan langsung berhadapan dengan Nokia Lumia 820, Sony Xperia SP, dan saudaranya sendiri yang mungkin sudah lawas namun masih populer Samsung Galaxy S3. Namun pesaing utamanya adalah HTC One Mini, versi mini dari ponsel yang katanya "smartphone terbaik" di dunia.

Apple belum merilis versi hemat dari ponsel andalannya namun rumor tentang iPhone 5C yang rencananya ditawarkan dengan biaya yang lebih rendah, terus berhembus.

S4 mini dibangun dengan spesifikasi prosesor dual-core clock 1.7GHz didukung dengan 1.5GB RAM dan layar 4.3-inch Super AMOLED QHD, dengan dimensi panjang 12,46cm, lebar 6,13 cm dan tebal 0,89 cm serta berat 107 g.

Samsung tetap mempertahankan layar Super AMOLED meskipun dengan resolusi dipangkas. QHD terlihat cukup baik pada 4.3 inci ukuran diagonal layar ponsel ini. Desain Galaxy S4 mini mereplikasi keseluruhan desain asli S4 dengan sangat detail. Bahkan sebagiana besar fitur air gestures dapat digunakan.

Dimensi Samsung Galaxy Mini S4 adalah panjang 12,46 cm, Lebar 6,13 cm dan tebal 0.89 cm, cukup jauh jika dibandingkan dengan S4 walaupun S4 mini sedikit lebih tebal.
Ketebalan Samsung Galaxy S4 Mini


Desain

Samsung Galaxy Mini S4 cukup mengesankan untuk dilihat. Sudut berbentuk bulat terlihat elegan dan seluruh perangkat terlihat rapi. Bezel di sepanjang kedua sisi tidak terlalu lebar, yang membuat ponsel ini tampak ramping dan modern. Warna perak metalik membuat bezel smartphone ini terlihat seperti terbuat dari plat logam walau sebenarnya hanya terbuat dari plastik.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya S4 mini adalah replika identik dengan ukuran yang lebih keil dari Samsung Galaxy S4, sayang dengan ukuran yang lebih kecil smartphone ini kehilangan kesan "premiumnya" namun disisi lain smartphone ini jadi lebih mudah di gunakan dengan menggunakan satu tangan.

 Samsung  Galaxy S4 Mini I9190
Di atas layar terdapat speaker dan deretan sensor yang terdiri dari sensor cahaya, proximity sensor dan sensor untuk air gestures yang dapat digunakan untuk mengontrol aplikasi seperti pemutar musik, gallery gambar atau web browser tanpa menyentuh layar. Selain itu terdapat juga 1,9 megapiksel kamera depan yang dapat digunakan untuk Video Call.

Dibagian bawah layar terdapat tiga tombol standar android menu dan back menggunakan tombol soft-key(tombol sentuh) sedangkan home dengan bentuk yang lebih besar menggunakan tombol mekanikal

Pengatur volume terdapat di sisi kiri S4 mini, sedangkan disisi kanan dihuni oleh tombol power yang sekaligus berfungsi untuk mengunci layar.
 Samsung  Galaxy S4 Mini I9190 dari berbagai sisi
Bagian atas ponsel ini terdapat slot untuk standart audio jack 3.5mm, mikrofon sekunder dan blaster IR yang dapat mengubah ponsel ini menjadi remote control untuk peralatan rumah. Aplikasi remote control juga telah disediakan sehingga fitur ini dapat langsung digunakan. Port microUSB berada di bagian bawah berdampingan dengan mikrofon utama

Bagian belakang S4 mini terletak lensa kamera 8MP, yang mampu merekam video dengan resolusi 1080p,  dan lampu LED flash dibawah lensanya. Kisi-kisi untuk speaker belakang terletak di sudut kiri bawah. Slot Kartu microSD terletak dibawah penutup cover belakang dan berada dibawah baterai bersama slor untuk SIMCard, posisi ini mengisyaratkan bahwa fitur hot-swap untuk memori eksternal tidak tersedia.
 Samsung  Galaxy S4 Mini tampak belakang

Layar

Samsung Galaxy S4 mini menggunakan layar dengan panjang diagonal 4.3 inci, kurang sedikit dari S4 yang ukuran diagonal layarnya 5 inci, menggunakan teknologi layar Super AMOLED dengan resolusi QHD (960 x 540 piksel) yang menggaransi kualitas layar smartphone ini.

Pixel density (kerapatan pixel) layar ponsel ini sebesar 256 pixel per inci yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan galazy S4 sebesar 441 pixel per inci dan tidak Full HD tidak seperti S4, tapi dengan kualitas layar yang tinggi agak sulit melihat perbedaan Pixel density yang cukup besar.

Warna dan kontras keduanya sangat kuat, detail gambar juga dapat ditampilkan dengan sangat jelas dan juga sangat baik. Untuk sudut pandang layar Galaxy S4 Mini ini juga sangat baik.
 Samsung  Galaxy S4 Mini dalam Genggaman

Ukuran layar yang lebih kecil dari S4 ini membuat ponsel ini dapat digunakan tanpa harus merenggangkan telapak tangan. Menulis sms atau browsing internet dapat dengan mudah dilakukan dengan hanya menggunakan satu tangan, berinteraksi dengan user interface ponsel ini tidak perlu mengerahkan kedua belah tangan sebuah hal yang mungkin sulit dilakukan oleh sebagian orang pada galaxy S4.

CPU dan Memory

Menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 400, dual-core pada kecepatan 1.7GHz, didukung oleh 1.5GB RAM dan Adreno 305 sebagai graphics processing unit (GPU). Sangat jauh jika dibandingkan dengan galaxy S4 yang menggunakan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 600 di 1.9GHz dengan 2GB RAM dan Adreno 320 sebagai GPU.

Meskipun kesenjangan sagat jelas terlihat pada hardware, namun hampir tidak ada perbedaan nyata dalam kinerja jika dipandang dari penggunaan sehari-hari.

Kinerja smartphone ini sangat sesuai dengan harganya, dapat dengan mudah berpindah dari satu homescreen ke homescreen lain tanpa ada delay sedikit pun. Widget dan aplikasi dapat bekerja sebagai mana mestinya,

Galaxy S4 Mini memiliki 8GB penyimpanan internal dan dapat digunakan sebesar 5GB yang sudah cukup besar untuk menyimpan apapun. Kalau pun masih kurang atau untuk penggemar multimedia, dukungan memory eksternal microSD hingga 64GB akan sangat lapang untuk mengkoleksi lagu atau film

Kamera

Samsung Galaxy S4 Mini dilengkapi dengan kamera utama 8MP dan kamera depan 2MP, tapi tidak seperti saudaranya yang lebih besar, smartphone ini tidak dapat menggunakan kedua kamera dalam waktu yang bersamaan. Dilengkapi dengan LED flash, HDR, modus malam, aktivasi suara, menangkap panorama, deteksi wajah, touch-focus, autofucus dan merekam video full HD 1080p.

Dari segi kualitas gambar, detail dan ketajaman sangat mantap, saturasi warna sangat sesuai. Secara keseluruhan detail terlihat baik.

User interface yang didasarkan pada interface Kamera Galaxy. Jendela bidik menangani keduanya Foto dan video capture, sehingga pengguna tidak perlu berpindah mode.

Pengaturan dapat dilakukan di dua tempat. Yang pertama adalah tombol Mode pada tombol shutter. Tombol ini akan membawa ke sebuah korsel dengan mode pemotretan berbeda, masing-masing dengan gambar deskriptif dan teks. Saat pengguna telah terbiasa dengan mode ini, dapat beralih ke grid, yang akan menyingkirkan teks sehingga dapat berpindah dari mode yang satu kemode yang lain dengan cepat.

User interface

Samsung Galaxy S4 mini memiliki versi software yang sama seperti Galaxy S4. Android 4.2.2 Jelly bean yang disertai TouchWiz UX Alam dan sebagian besar memperlakukan khusus dari S4 Galaxy terdapat di ponsel ini juga.
Samsung Galaxy S4 Mini User Interface

Galaxy Mini S4 menampilkan widget lockscreen baru yang diperkenalkan dengan Android 4.2,. Default lockscreen menunjukkan waktu bersama dengan pesan, gambar yang indah yang berasal TripAdvisor digunakan sebagai latar belakang.

Efek Riak air pada galaxy S4 telah diganti oleh efek lens flare meskipun pengguna dapat beralih kembali ke efek riak air atau menonaktifkan sama sekali.

Software Eksklusif Samsung

Samsung Galaxy S4 Mini hadir dengan sejumlah fitur canggih dan aplikasi ekslusif yang hanya terdapat pada lini S4 saja untuk saat ini.

Group Play. Ini membagi berbagai multimedia di beberapa perangkat di ruangan sama tetapi tidak seperti DLNA, fitur ini lebih interaktif.
 Samsung  Galaxy S4 Mini Group Play

Satu contoh penggunaan adalah memainkan sebuah lagu pada Samsung Galaxy S4 mini dan menggunakan beberapa ponsel sebagai speaker. Anda dapat memilih peran setiap telepon (contoh speaker kiri, kanan, sampai ke surround). Dengan cara ini Anda dapat mengontrol musik dari satu telepon namun menggunakan pengeras suara dari semua.

Tentu saja, ponsel lain harus mendukung fitur Group Play juga - ponsel berkomunikasi melalui Wi-Fi (Galaxy Mini S4 menjadi hotspot yang lain terhubung kesana) dan proses pairing dilakukan melalui melalui NFC. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur ini anda baca ulasannya disini

Contoh lain adalah pilihan untuk berbagi gambar atau dokumen - pengguna dapat memiliki gambar yang sama muncul di ponsel lain  dan pengguna dapar membuat gambar atau garis untuk menyoroti satu bagian dalam gambar tersebut.

S Voice, memiliki semua fitur yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi pengguna smartphone. S Voice dapat digunakan untuk melakukan panggilan, mendikte teks, memutar musik, membuat memo (termasuk memo suara), memeriksa cuaca, membuka aplikasi, mengubah settingan pengaturan, menambah pengingat, jadwal acara, mengatur alarm atau timer, melakukan pencarian di internet, mencari daftar lokal (misalnya restoran terdekat) dan bahkan mendapatkan jawaban atas sebuah pertanyaan.
 Samsung  Galaxy S4 Mini I9190 S Voice
Gambar:Samsung.com

S Voice, banyak menduplikat sebagian fitur Google Now, tetapi menambahkan banyak fungsi baru Beberapa fitur ini tersedia di luar S Voice juga, sehingga Anda dapat mengatur Galaxy S4 mini untuk menjawab panggilan atau menunda alarm dengan perintah suara bahkan saat S Voice tidak aktif. Cuman S Voice masih tidak  secepat atau seakurat Google Now dalam mengenali input suara pengguna.

S Translator, Fitur yang sangat membantu untuk wisatawan - fitur ini dapat menerjemahkan antara dua bahasa, menggunakan teks yang diketik atau dengan menggunakan pengenalan suara. Fitur ini dapat membaca hasil terjemahan juga. S Translator mendukung semua bahasa secara luas bersuara - Inggris, Cina, Spanyol, Portugis, Perancis, German, Italia, Jepang, dan tentu saja, Korea.

S Health, adalah aplikasi untuk kesehatan dan kebugaran pengguna. Fituy ini dimulai dengan mengajak pengguna untuk membuat profil yang mencakup semua statistik Anda, seperti usia / berat / jenis kelamin dan tingkat aktivitas, ditambah tujuan konsumsi kalori Anda.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang menyenangkan dan dapat mencek kemajuan pengguna, dalam hal jarak berjalan kaki, olahraga, dan kebugaran, dengan mempertimbangkan pengaruh lingkungan, seperti suhu. S Health juga mendukung sejumlah aksesoris opsional, yang memungkinkan untuk memberikan info lebih rinci tentang status penggunanya.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S4 Mini dapat diharapkan menjadi lebih sukses dipasaran dibandingkan dengan pendahulunya. Dibangun berdasarkan desain dari salah satu smartphone terbaik yang ada dipasaran, S4 mini pasti mendapat keuntungan dari iklan-iklan Galaxy S4 yang secara agresif diluncurkan samsung.

Namun sayang fitur-fitur premium Galaxy S4 seperti Air View, Air gestures dan Multi-view tidak hadir pada smartphone ini. Disamping itu beberapa smartphone merk lain dengan layar 720p mungkin dapat menjadi kompetitor serius smartphone ini namun Galaxy S4 mini masih unggul di teknologi layar dan resolusinya.

Jadi Samsung Galaxy S4 Mini mungkin bisa menjadi pertimbangan dengan performa layar dan kamera yang sangat baik, yang dilengkapi beberapa fitur aplikasi premium dari S4, dengan ukuran yang sangat nyaman ditangan.

 Spesifikasi  Samsung  Galaxy S4 Mini
Advertisement
Samsung Galaxy S4 Mini I9190 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar