Mengenal Fitur Group Play

Advertisement

Group Play saat ini hanya tersedia secara eksklusif pada Samsung Galaxy S4 dan Galaxy S4 Mini, kedepan kemungkinan fitur ini akan tersedia di smartphone samsung lainnya melalui update atau download dari Google Play.

Sebenarnya cikal bakal dari fitur ini telah ada pada Samsung Galaxy S3, pengguna S3 akan mengenali fitur ini sebagai fitur yang memungkinkan mereka untuk berbagi dokumen dan foto dengan orang lain dalam jarak dekat, namun untuk mengggunakan fitur ini harus terkoneksi pada jaringan WiFi yang sama.

Pada galaxy S4 fitur ini telah dikembangkan sehingga pengguna S4 dapat berbagi dan mendengarkan musik bersama, foto, dokumen dan bermain game yang sama dalam waktu bersamaan, tanpa harus terkoneksi pada jaringan WiFi yang sama. Fitur ini akan dimulai dengan seorang yang membuat gruop pada smartphonennya dan bertindak sebagai pemimpin grup, smartphonenya akan berfungsi sebagai akses point tempat dimana smartphone lain akan mengkoneksikan dirinya untuk bergabung kedalam grup ini, yang artinya grup ini tidak lagi membutuhkan koneksi dari WiFi atau jaringan selular.

Menyiapkan dan menghubungkan ke grup untuk fitur ini sebenarnya sangat mudah, pengguna S4 mungkin akan benar-benar menggunakan fitur ini (setelah menyadari fungsi fitur tersebut tentunya).

Setiap kali samsung meluncurkan smartphone baru (biasanya di kelas smartphone premiumnya) samsung selalu melengkapi smartphone tersebut dengan sekumpulan fitur yang biasanya sangat bagus, cuman kadang penggunanya saja yang kadang tidak mengetahui kemampuan smarphone yang mereka miliki atau belum tau cara menggunakan fitur tersebut.

Secara garis besar cara menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut.

Jalankan fitur group play dengan men-tap pada icon group play pada ponsel. Pengguna yang akan menjadi pemimpin grup ini harus membuat grupnya dulu dengan memilih "Create Grup" (Buat grup) yang akan secara otomatis mengaktifkan WiFi akses point pada smartphonenya.
Fitur Group Play

Pengguna lain yang akan bergabung kedalam grup ini, memilih "join group" setelah menjalankan fitur Group Play, smartphonenya kemudian akan mendeteksi akses point yang tadi telah di buat oleh pengguna yang menjadi pimpinan grup dengan nama "Group XXX", jika tersedia beberapa group disekitar pengguna maka, akan terdapat pilihan grup mana yang akan dipilih.

Siapapun yang membuat grup dapat mengatur password yang membuat grup sedikit lebih aman, sebuah kotak disudut kanan atas akan menunjukkan berapa banyak orang yang telah bergabung dalam grup.

Fitur Group Play
Setelah tergabung kedalam grup pengguna kemudian dapat berbagi musik, foto, dokumen atau bermain game bersama. Beberapa file dapat di bagi dalam waktu yang bersamaan. Setiap pengguna yang tergabung dalam grup ini dapat mengontrol file yang dibagi dalam grup ini, jadi setiap pengguna dapat membuka dan membaca halaman-halaman slide presentasi dan kemudian membuat catatan atau goresan-goresan pada file tersebut, setiap pengguna akan diberikan warna yang berbeda saat menulis komentar atau goresan pada file yang disharing di grup.

Berikut contoh penggunaannya



Setiap pengguna dapat memajukan atau memundurkan halaman presentrasi bukan hanya yang sedang tampil pada perangkat sendiri tapi juga pada perangkat orang lain. Untuk fitur musik pengguna dapat mengatur volume pada perangkat pengguna lain langsung dari ponselnya.

Musik dan game
Fitur musik cukup menarik. Ini mensinkronisasikan lagu mana yang sedang diputar, sehingga semua orang dapat mendengarkan musik yang sama dari ponselnya sendiri yang dimainkan pada saat yang bersamaan, samsung bahkan mempunyai iklan yang mendemonstrasikan fitur ini, cek clip dibawah ini



Dan ini contoh penggunaannya


Pembuat grup dapat mengatur peran ponsel lain seperti satu menjadi speaker kanan, satunya lagi menjadi speaker kiri dan yang lain menjadi speaker surround.
Fitur Group Play

Untuk game fitur ini memungkinkan pengguna untuk bermain game bersama dengan pengguna lain, dengan syarat game yang akan dimainkan kompatibel dengan fitur ini dan telah terinstall pada smarphone masing-masing. Game yang telah mendukung untuk fitur ini diantaranya Asphalt (Game Balapan), Gun Bros (game tembak-menembak) dan game poker. Untuk game biasanya dibatasi untuk maksimal enam pemain atau tergantung pada gamenya.

Tidak ada penjelasan pasti tentang berapa pengguna yang dapat mengakses fitur lain dalan group play ini, samsung hanya mengatakan tergantung pada konten yang disharing. Dokumen PowerPoint dan PDF dapat dibagi sampai ke 20 pengguna untuk foto lebih sedikit dan file musik lebih sedikit lagi.

Sesi Group Play ini akan berakhir saat pengguna yang membuat grup meninggalkan grup tersebut yang secara otomatis akan menutup Akses Point Wifi yang dibentuk sebelumnya sehingga semua pengguna yang tergabung didalam grup tersebut akan keluar dan konten yang dibagi kedalam grup tadi akan hilang juga

Sumber Gambar: Samsung.com
Advertisement
Mengenal Fitur Group Play | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar