Mengenal Sensor Pada Smartphone

Advertisement


Pernahkah anda berfikir bagaimana ponsel anda dapat merespon gerakan yang anda lakukan dengan sangat akurat?. Saat memainkan game balap mobil pada smartphone anda, dengan hanya memiringkan ponsel dapat mengarahkan mobil ke arah tertentu. Saat anda mengangkat ponsel dan mendekatkannya ke telinga untuk melakukan panggilan telepon, layar akan mati secara otomatis dan layar sentuh tidak akan berfungsi. Saat menggunakan ponsel di luar ruangan layar akan secara otomatis akan meningkatkan kecerahan layar sehingga dapat  digunakan di bawah cahaya matahari langsung.


Semua itu dapat dilakukan karena adanya bantuan dari sensor yang dibenamkan ke dalam smartphone. Sebagian besar smartphone yang ada sekarang telah dilengkapi berbagai sensor seperti accelerometer, proximity sensor (Sensor jarak), gyroscope, ambient light sensor (Sensor Cahaya).
Sensor-sensor ini dibenamkan ke dalam ponsel dengan menggunakan  Micro-electromechanical systems (MEMS). Dalam teknologi ini sistem mekanik kecil dimasukkan ke dalam chip elektronik kecil. Samsung Galaxy S4 telah dilengkapi dengan sensor tiga sumbu gyroscope, sensor jarak, sensor cahaya dan GPS. Dengan sensor ini, Galaxy S4 dapat mendeteksi jika anda mengubah posisi ponsel, anda sedang dekat telpon atau tidak dan lokasi anda sekarang.

Sensor Accelerometer dan gyroscope

Accelerometer adalah sensor yang dapat mendeteksi orientasi telpon, sensor gyroscope melengkapi informasi yang diberikan oleh Accelerometer dengan mendeteksi saat anda menggerakkan ponsel seperti memiringkan atau memutar.Sensor Accelerometer mengukur percepatan linear gerakan, sementara gyroscope mengukur kecepatan rotasi sudut. 

Penggunaan yang paling umum adalah untuk mengubah orientasi layar secara otomatis dari potrait ke landscape dan sebaliknya. Sony Ericsson Shake Control yang dapat mengganti lagu yang sedang dimainkan hanya dengan mengguncang ponsel juga menggunakan sensor ini, begitu juga dengan motion gesture pada smartphone samsung.

Magnetometer Compass

Aplikasi Kompas biasanya mengambil informasi dari sensor yang disebut Magnetometer yang menyediakan informasi orientasi sederhana dengan medan magnet bumi sehingga smartphone anda selalu mengetahui mana arah utara sehingga dapat secara otomatis memutar peta digital, berdasarkan orientasi fisik anda.

Jika smartphone anda pada sumber medan magnet apapun pada waktu yang lama akan sensor ini akan ter-kalibrasi ulang dan tidak akan bekerja untuk beberapa waktu dan akan memakan waktu beberapa hari sebelum sensor tersebut dapat menyesuaikan kembali dengan medan magnet bumi.

Ambient Light Sensor

Pernahkah anda memperhatikan, smartphone dapat menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan di sekitar. Jika anda mengatur kecerahan layar ke otomatis, smartphone dapat mendeteksi jumlah cahaya yang hadir dan mengoptimalkan kecerahan layar, sehingga pengguna dapat melihat tampilan layar lebih jelas. Penyesuaian otomatis ini juga dapat mengurangi ketegangan pada mata pengguna dan menlindungi piksel layar.

Proximity Sensor

Taukah anda layar smartphone anda akan mati secara otomatis dan layar sentuh akan tidak berfungsi saat anda mengangkat ponsel dan mendekatkannya ke telinga untuk melakukan panggilan telepon. Hal ini dimungkinkan karena peranan Proximity sensor atau sensor jarak.
Pada smartphone sensor jarak biasanya terletak di bagian atas ponsel dekat kamera depan (jika ada)
Advertisement
Mengenal Sensor Pada Smartphone | Asti Rahmi | 5

8 komentar: