Samsung Galaxy S4 Zoom

Advertisement
Spesifikasi Samsung Galaxy S4 Zoom

Samsung selalu berusaha untuk hadir disetiap segmen ponsel dari low-end sampai high-end, bahkan tidak jarang membuka segmen sendiri. Kali ini dengan menggunakan Samsung Galaxy S4 Zoom sepertinya samsung ingin memimpin pada segmen cameraphone.

Tidak tanggung-tanggung untuk merambah kesegmen ini samsung menggunakan seri unggulannya galaxy S4 yang dipadukan dengan kamera point and shoot dengan spesifikasi yang sangat mirip dengan "Galaxy Camera", karena sama-sama menggunakan resolusi 16 MP dan Lampu flash Xenon namun optikal zoom cuman 10x sedangkan pada galaxy camera 21x.

S4 Zoom merupakan ponsel pertama yang mempunyai 10x optical zoom, apakah samsung berhasil membuat cameraphone yang sesungguhnya atau hanya sekedar menempelkan sebuah smartphone dibelakang kamera?

Desain

Secara singkat pada konsep desain S4 Zoom ini, kita mendapatkan Galaxy S4 mini didepan dan kamera point and shoot dibagian belakang.

Smartphone ini sedikit gendut 1,54cm dengan adanya tonjolan besar lensa lengkap dengan cincin zoomnya, yang mana ketebalan ini akan naik ke 2,5cm saat kamera diaktifkan. Menelpon atau membawa-bawa perangkat ini tidak ada bedanya dengan kala anda menggenggam kamera poket biasa. Menggunakan ponsel ini dengan satu tangan akan sedikit terasa tidak nyaman dengan adanya tonjolan kamera dibagian belakang, namun setidaknya tonjolan kamera ini merupakan tempat memegang yang sangat nyaman saat menggunakan perangkat ini untuk menelpon.

Berbicara tentang pengoperasian dengan menggunakan satu tangan, tonjolan yang berada disebelah kanan yang seharusnya berfungsi sebagai tempat memegang saat menggunakan ponsel ini sebagai kamera agar dapat dengan mudah mengambil gambar dengan hanya beberapa jari yang menggenggam ponsel. Namun pada kenyataanya tonjolan ini terlalu kecil, membuat jari yang  berpijak padanya terasa kurang erat, selain itu tombol shutter pada layar terlalu dekat ketepi sehingga harus memegang dengan kedua tangan untuk mengoperasikan ponsel ini dengan aman.

Memang samsung menyediakan tombol shutter fisik dua tahap (Fokus dan shoot, namun letaknya terlalu ke pinggir body ponsel, hal ini membuatnya tidak akan nyaman ditekan dengan satu tangan tanpa resiko menjatuhkan hendset. Saat mode siaga pada ponsel tombol shuuter fisik ini berfungsi untuk mengaktifkan aplikasi kamera saat ditekan.

Soft-button dibawah layar dapat dinon-aktifkan saat pengguna sedang menggunakan aplikasi kamera, sehingga tidak perlu khawatir terganggu akibat terus-menerus menyentuh tombol ini saat sedang menggunakan kamera.

Baterai Galaxy S4 Zoom terdapat dibawah tonjolan tempat menggenggam kamera yang dapat dilepaskan dengan cara menggeserna, disana terdapat juga slot kartu SIMcard,sedangka microSD pada sisi kiri ponsel tepat dibawah kamera, bersama dengan lubang untuk tripod mounting.

Layar

Ponsel ini menggunakan layar ukuran diagonal 4,3 inci dengan resolusi 540 x 960 pixel, dan teknologi layar Super AMOLED tentunya, sama persis yang digunakan pada galaxy S4 Mini. Dengan layar yang lega seperti ini (untuk ukuran display kamera) dapat dipasti pengguna mempunyai sudut pandang yang besar, namun tingkat kecerahan layar rendah sehingga sedikit menyulitkan saat digunakan dibawah sinar matahari langsung

Samsung telah melengkapi layar dengan teknologi  super sensitif yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikannya walau tangan masih terbungkus dengan sarung tangan.

User Interface

TouchWiz Nature 2.0 dari S4 mini yang berjalan diatas android 4.2.2 mengatur tampilan dilayar ponsel ini, dengan sedikit tambahan aplikasi untuk fotografi seperti photo suggest dan Video Editor, lainnya tidak ada sesuatu yang baru untuk antarmuka buatan samsung ini.

Sayang pada S4 zoom ini tidak disertakan modus landscape khusus seperti yang dimiliki oleh galaxy mega 6.3, padahal ponsel ini akan sering digunakan pada orientasi tersebut

Prosesor dan Memory

Sebuah prosesor dual-core Exynos 4212 1,5 GHz dengan GPU Mali-400 sebagai pengolah grafis menjadi pusat pemproses ponsel ini, dibantu dengan 1,5 GB RAM serta 8 GB internal memory dan slot External Memory yang mendukung hingga 64 GB.

Spesifikasi ini mampu menjalankan Jelly Bean dan aplikasi kamera dengan mulus tanpa adanya delay atau lag yang terasa, sepertinya samsung sudah mengantisipasi penggunaan hardware untuk ponsel untuk mencegah agar perangkat dapat berjalan dengan mulus terutama pada aplikasi kamera.

Kamera

Seperti yang telah disebutkan diatas Galaxy S4 Zoom menggunakan kamera dengan resolusi 16 MP dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan fungsi optikal zoom sampai 10x. Untuk melakukan optikal zoom ada bagian dari tonjolan kamera yang disebut dengan nama Zoom ring, yang berfungsi sebagai pengontrol optikal zoom, jog dial untuk navigasi pada aplikasi kamera, pengatur volume. Zoom ring ini akan mengeluarkan suara klik saat digunakan.

Zoom Ring juga mempunyai fungsi yang disebut dengan Camera Mode Shortcut, dimana pada saat diluar aplikasi kamera pengguna dapat memutarnya sedikit kearah manapun dan akan muncul pop-up mode pemotretan, jadi pengguna dapat memilih salah satu dari mode pemotretan yang diinginkan kemudian dapat langsung mengambil gambar.

Samsung menyatakan bahwa sensor CMOS 1,8x lebih besar dari sensor yang digunakan pada smartphone, ini berarti secara teori mampu mengambil gambar lebih baik pada lingkungan dimana tingkat pencahayaannya rendah. Untuk lebih membantu disuasana cahaya yang minim ponsel ini dibekali dengan lampu flash Xenon dan Optical Image Stabilization.

OIS mengkompensasi gerakan objek yang akan difoto dengan menggeser kearah yang berlawanan beberapa kali perdetik. Hal ini memungkinkan untuk sensor dapat menangkap gambar dengan lebih stabil.

Aplikasi kamera menawarkan empat mode pemotreta  yaitu - automatic, manual, smart and My Mode, yang dapat diakses pada bagian kanan antarmuka kamera.

Mode manual yang disebut expert, memungkinkan pengguna untuk mengatur setiap aspek kecil dari pegambilan gambar, dari ISO dengan pilihan sampai 3200, sampai shutter speed 16s dan berbagai pengaturan untuk white balance. Untuk aperture tersedia dua pilihan.

Mode Smart, mempunyai sekitar 26 pilihan preset, mulai dari HDR, Panorama dan Best face sampai ke mode yang lebih menarik seperti Golf yang akan mengambil beberapa gambar dalam waktu singkat untuk menangkap perfect swing, Mode baby yang akan mengeluarkan suara lucu sebelum mengambil gambar untuk menarik perhatian bayi saat difoto dan banyak mode menarik lainnya.

Untuk My Mode, dapat diisi denganpreset-preset pilihan atau favorit pengguna atau secara otomatis terisi oleh preset yang paling sering digunakan.

Untuk pemotretan yang dilakukan didalam ruangan ponsel ini dapat melakukan dengan kualitas yang sangat baik jika dibandingkan dengan kamera-kamera smartphone premium yang beredar dipasaran, mampu meminimalkan tingkat noise yang terjadi, detail yang tajam. Noise akan meningkat saat pengguna mengatur ISO yang lebih tinggi dan akan semakin menjad-jadi pada ISO 3200.

White balace bisa bekerja dengan baik, yang pada smartphone lain menyebabkan warna kurang tajam pada tingkat cahaya menengah. Lampu flash Xenon dapat mendistribusikan cahaya dengan merata tanpa adanya bayangan yang tidak jelas pada objek foto dan jarak terbaik untuk lampu flash ini adalah sekitar 10 meter.

Video
Merekam video dapat dilakukan pada resolusi 1080p dengan kecepatan 30fps (Full HD), dengan detail yang sangat baik dan pengguna dapat menggunakan optikal zoom pada saat merekam video. Untuk kualias suara saat merekam video sangat baik, ponsel ini mampu meredam dan menyaring suara-suara luar yang tidak perlu seperti suara angin dan lain-lain.

Baterai

Galaxy S4 Zoom menggunakan baterai Li-Ion dengan kapasitas 2330 mAh, namun samsung tidak memberikan keterangan resmi tentang berapa lama waktu bicara atau waktu standby-nya, tapi untuk pemakaian normal ponsel ini mampu bertahan seharian, kecuali jika anda melakukan pengambilan foto dan video terus-menerus maka  anda harus mengantongi power bank untuk berjaga-jaga

Kesimpulan

Pada Galaxy S4 Zoom, sangat jelas samsung telah melakukan lebih baik dari sekedar kamera poket dengan fungsi telepon. Dengan bentuk yang sedikit gemuk karena kamera 10x optikal zoomnya dan sangat sulit untuk mengoperasikan atau mengambil gambar dengan menggunakan satu tangan.

Kualitas hasil Foto dan Video sangat baik, seperti yang dapat diharapkan dari sebuat kamera point and shoot. Selain itu terlepas dari kenyamanan yang diberikan oleh Lampu Flash Xenon dan optikal zoomnya, untuk perjalanan liburan selanjutnya mungkin anda hanya perlu ponsel ini, bukannya membawa dua perangkat yang terpisah smartphone dan kamera poket.

Spesifikasi Samsung Galaxy S4 Zoom
Advertisement
Samsung Galaxy S4 Zoom | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar