Sony Xperia M Review

Advertisement

Sony Xperia M Review

Sony telah membuat beberapa ponsel android di kelas entry level, beberapa diantaranya lumayan laku di pasaran. Xperia M adalah ponsel android buatan Sony terbaru di kelas ini yang diluncurkan dengan dua pilihan yaitu single dan dualsim.

Desain dan Dimensi
Sony Xperia M ReviewDesain Sony Xperia M masih mengikuti desain pendahulunya dilini Xperia, walaupun tidak terlalu mirip kayak semua ponsel samsung dilini galaxy-nya. Desain lini Xperia sangat mudah dikenali dengan adanya tombol power bulat khas dengan warna metalik, tombol fisik shutter kamera, bagian sisi yang miring dan cover belakang yang kadang diberi warna yang berbeda.

Dimensi smartphone Soni ini adalah panjang 12,4 cm, Lebar 6,2 cm dan tebal 0,93. Bagian depan, layar 4 inci nya dikelilingi oleh bingkai yang relatif besar, terutama pada bagian atas dan bawah. Bagian depan ponsel ini dilapisi oleh kaca yang tahan goresan. Sony masih mempertahankan desain smartphone tanpa tombol fisik mengikuti ponsel “darah biru” android, Nexus.

Review Sony Xperia M

Tidak ada tombol fisik pada sisi bagian depan, Sony menggunakan on-screen keyboard bawaan sistem operasi. Di bagian bawah layar terdapat lampu led notifikasi yang berbentuk garis.

Bagian belakang didesain sedikit melengkung dan membungkus sampai ke sisi ponsel, terbuat dari bahan plastik yang berkualitas dengan proses finishing yang sangat baik sehingga ponsel ini sangat nyaman untuk di genggam, begitu juga bentuknya yang mungil sangat cocok dengan telapak tangan.
Dengan tebal 0,93 cm mungkin Xperia M  bukanlah ponsel yang paling tipis, namun dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kantong baju, celana atau jaket.

 Xperia M Review

Semua tombol fisik berada di sisi kanan, disana terdapat tombol power khas Xperia yang berbentuk bulat. Dibawah tombol power terdapat tombol pengatur volume dan kemudian tombol fisik shutter kamera, yang kini telah jarang ditemukan pada ponsel kelas bawah.

Layar - Sony Xperia Review

Sony Xperia M menggunakan layar dengan ukuran diagonal 4 inci, dengan resolusi 480 x 854, yang berarti kedalaman pixelnya 245 ppi. Untuk resolusi layar ponsel ini cukup lumayan gambar dapat tampil dengan tajam dan halus, namun sayangnya Xperia M menggunakan tombol on-screen yang cukup mengambil tempat di layar. Berbeda dengan smartphone samsung yang menggunakan tombol fisik sehingga layar tidak terpotong untuk memberi ruang pada keyboard on-screen, mungkin inilah salah satu alasan kenapa sampai sekarang semua smartphone android samsung menggunakan tombol fisik.



Sama seperti layar smartphone android merk lain dengan harga jual rendah, layar Xperia M sedikit redup, jika dibawa ke luar ruangan harus ditutup dengan tangan agar informasi yang ditampilkan di layar dapat terbaca alias susah terbaca jika terkena sinar matahari langsung. sudut pandang sangat buruk yang artinya jika ponsel ini dimiringkan walaupun sedikit, terjadi penyimpangan warna dan informasi yang sedang tampil dilayar ponsel menjadi sulit dibaca bahkan tidak terbaca sama sekali jika dimiringkan lebih lanjut.

Namun diantara kekurangan tersebut  kelebihan layar ponsel ini adalah dilapisi dengan bahan yang anti gores walaupun belum secanggih corning gorilla glass tapi sudah cukup lumayan untuk penangkal goresan-goresan halus akibat pemakaian.

Interface
Sony Xperia M menggunakan sistem operasi android 4.1 Jelly Bean, seperti yang juga dilakukan oleh produsen-produsen smartphone android lain Xperia M menggunakan antarmuka pengguna atau yang lebih sering disebut dengan skin, buatan Sony sendiri, yang cukup lumayan dari segi tampilan, performa dan fungsi.

Pada lockscreen terdapat shortcut untuk kamera dan pemutar musik. Mengusap layar (swipe) ke atas
atau ke bawah akan membuka layar lockscreen dengan iringan animasi warna yang terlihat menarik. Antarmuka Sony Xperia ini telah dilengkapi dengan wallpaper-wallpaper resolusi tinggi dan tema warna-warni.
Review Xperia M
Setelah lockscreen terbuka maka akan tampil homescreen  multi-panel. Menarik turun notification shade akan terlihat tombol akses cepat ke pengaturan seperti wifi dan bluetooth, sayang di sana tidak ada tombol untuk mengatur kecerahan layar, sehingga pengguna harus masuk kedalam menu setting hanya untuk mengatur kecerahan layar.



Menambah shortcut atau mengganti wallpaper di homescreen, dapat dilakukan dengan men-tap dan menahan pada area kosong kemudian ke ponsel ini akan menampilkan preview perubahan yang akan dilakukan.

Aplikasi phonebook juga telah di kostumasi oleh Sony yang terdiri dari 4 tab, pengguna dapat menjelajahi ke 4 tab ini dengan mudah, disamping itu terdapat fitur untuk menjawab panggilan telepon yang masuk dengan menggunakan pesan teks atau sms, sebuah fitur yang mungkin dapat berguna saat sedang berkendara atau dalam pertemuan penting.

Xperia M mungkin bukan perangkat yang sempurna untuk pengguna yang sering menggunakan pesan teks, karena aplikasi pesan teks ponsel ini sangat sederhana terasa agak sulit untuk dapat menulis pesan dengan cepat karena keyboardnya kecil pada mode potret. Dimode landscape proses ini terasa lebih mudah walaupun tidak terlalu mulus.

CPU dan Memori
Performa Sony Xperia M yang sangat baik, ponsel ini dapat bekerja mulus dengan lag yang minimal. Hal ini tidak mengherankan karena ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm snapdragon S4, prosesor Dualcore 1 GHz Krait yang sebenarnya lumayan besar untuk kelasnya, didukung oleh GPU Adreno 305 dan Ram 1gb, Yang sekali lagi cukup besar dimana rata rata ponsel di kelasnya masih menggunakan RAM 512 MB.

Spesifikasi Sony Xperia M, memang bukan spesifikasi yang tinggi dibandingkan dengan smartphone yang telah ada di pasaran saat ini, tapi ponsel Sony ini mampu menjalankan game dengan tingkat grafis yang tinggi seperti Real Racing 3

Internet dan Konektivitas
Pengguna ponsel ini dapat dengan mudah mengakses internet menggunakan browser chrome android yang merupakan browser bawaan sistem operasi atau jika kurang memuaskan pengguna dapat dengan mudah mendownload aplikasi browser alternatif seperti firefox dan opera dari google play store.

Kecepatan download melalui jaringan 3G sampai 21,1 mbps. Untuk wifi ponsel ini mendukung dual channel wifi a/b/g/n. Bluetooth menggunakan versi 4.

Fitur NFC yang di dibenamkan pada Xperia M telah terintegrasi dengan baik dan dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan produk-produk Sony yang lain seperti TV. Pengguna dapat dengan mudah membagi gambar atau foto secara wireless hanya dengan menggunakan remote tv. Menampilkan tampilan layar di Tv juga dapat dilakukan dengan mudah, karena ponsel ini mendukung DLNA

Kamera
Ponsel ini menggunakan kamera 5 megapiksel sebagai kamera utamanya, Yang dilengkapi dengan fitur autofokus dan flash LED sebagai pembantu pencahayaan. Kamera depan juga tersedia pada ponsel ini walaupun hanya menggunakan resolusi VGA.

Kamera Xperia M


Mengaktifkan kamera cukup cepat karena kamera telah siap digunakan dalam waktu sekitar satu detik.

Aplikasi kamera cukup Sederhana dan gampang digunakan, Tombol untuk mengambil foto atau mengambil clip video diletakkan terpisah. Tidak terdapat mode pengambilan gambar seperti yang terdapat pada smartphone merk lain, jadi pengguna harus mengatur secara manual seperti pengaturan ISO, eksposur dan white balance, namun kamera ini memiliki fitur HDR, sebuah fitur yang jarang hadir di ponsel kelas bawah.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera ini standar seperti yang dihasilkan oleh kamera ponsel lain di kelasnya, jika mengambil gambar di luar ruangan dimana tersedia cukup banyak cahaya. Hasilnya walaupun bukan kualitas terbaik tapi sudah mencukupi untuk digunakan pada media media sosial.

Kualitas yang dihasilkan jika mengambil gambar di dalam ruangan, kurang begitu baik karena terdapat banyak noise sehingga hasilnya pun kurang enak untuk dipandang, cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED sangat lemah sehingga tidak mampu menutupi kurangnya cahaya di dalam ruangan.

Secara default gambar diatur pada 3 MP dengan aspek rasio 16:9, namun tentu saja pengguna ponsel
ini dapat mengatur ulang secara manual seperti menggunakan 5 MP dengan aspek rasio 4:3
Sama seperti hasil foto kualitas rekaman video Xperia M tidak ada yang istimewa. Kamera smartphone ini mampu merekam dengan resolusi 720p dengan kecepatan 30 frame per detik.  Warna terlihat hidup namun detail terlihat sangat kurang.

Kamera depan sangat standar karena hanya menggunakan resolusi VGA, walaupun kamera depan ini tidak terlalu bagus, tapi digunakan untuk video call sudah mencukupi.

Multimedia
Zaman kemasan sony dengan pemutar musik portable walkman mungkin sulit untuk terulang kembali di era digital saat ini. Namun aplikasi pemutar musik yang di benamkan pada ponsel-ponsel buatan Sony yang menggunakan nama yang sama walkman, merupakan aplikasi yang mungkin terbaik untuk pemutar musik di smartphone android, suara yang dihasilkan oleh speaker belakang Xperia M sangat enak untuk didengarkan, menjadikan ponsel ini merupakan pilihan yang terbaik untuk menikmati musik melalui smartphone android.

Aplikasi Walkman mengelompokkan koleksi lagu pengguna ponsel ini berdasarkan judul lagu, album, penyanyi, playlist dan favorit. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan equaliser dan beberapa preset.

Untuk menonton video dengan durasi panjang mungkin akan terasa kurang nyaman bagi sebagian pengguna ponsel ini karena layarnya yang tidak terlalu besar. Putar video perawan ponsel ini dapat memutar hampir semua format format video yang populer, untuk dapat memutar format video yang mungkin tidak di dukung oleh video player bawaan, pengguna ponsel ini dapat dengan mudah mengambilnya di play store google.

Baterai
Baterai merupakan nilai plus untuk smartphone android sony ini, menggunakan Lithium-Ion (Li-Ion) dengan daya 1750 mAh cukup besar untuk ponsel dikelasnya. Xperia m dapat digunakan selama 2 hari tanpa pengisian ulang dalam pemakaian standar. Layar dengan resolusi kecil membuat ponsel ini dapat menghemat banyak penggunaan daya. Disamping itu Snapdragon S4 adalah sebuah prosesor yang hemat dalam penggunaan daya ditambah kecepatan prosesor yang digunakan ponsel ini cukup rendah 1 GHz.

Xperia M tampaknya hanya cocok digunakan oleh pengguna yang tidak terpaku pada ponselnya sepanjang hari atau penggunaan yang berlebihan untuk media sosial, yang memang kurang cocok dengan spesifikasi layarnya yang rendah.

Sony melengkapi ponsel ini dengan fitur-fitur penghemat daya, yang dapat diakses pada menu setting. Fitur ini terdiri dari beberapa pilihan seperti Mode Stamina yang akan memutuskan koneksi data ke jaringan selular setiap kali layar dimatikan.

Kesimpulan
Sony mungkin meluncurkan Xperia M sebagai smartphone android yang mempunyai fitur lengkap namun dengan harga yang terjangkau. Namun sayang terdapat banyak kekurangan seperti layarnya yang kurang besar dan rendah resolusi untuk sebuah ponsel android saat ini.

Namun dilain sisi ponsel ini didesain dan dirakit dengan sangat baik dan dilengkapi dengan tombol shutter untuk kamera yang mulai langka digunakan smartphone android saat ini.

Sony Xperia memiliki beberapa fitur utama yang menjadi kelebihan ponsel ini dibandingkan ponsel lain sekelasnya seperti kualitas panggilan yang jernih dan tajam. Speaker multimedia yang berada dibelakang dapat menghasilkan suara yang keras dan jelas saat ponsel ini digunakan untuk memainkan musik atau menerima panggilan telpon dengan menggunakan speaker.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker belakang tidak lepas dari peranan teknologi xLOUD sony yang mampu menghasilkan output suara yang lebih baik, keras namun tanpa distorsi.
Advertisement
Sony Xperia M Review | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar