Samsung Galaxy Note II N7100

Advertisement
spesifikasi Samsung Galaxy Note II

Keberhasilan yang tidak terduga dari Galaxy Note yang pertama telah membuka sebuah pasar baru yang menjanjikan buat samsung, sehingga tanpa tunggu lama galaxy note 2 diluncurkan. Masih dengan ide yang sama - menggunakan sylus untuk menggambar dan menulis informasi. Peningkatan spesifikasi Samsung Galaxy Note II pada layar, prosesor dan desain mengacu pada Galaxy S3.

Tidak diragukan Galaxy Note 2 akan mendapat sambutan hangat dipasaran, karena berkaca pada galaxy note pertama yang mampu menjadi best seller pada segment smartphone premium dan dengan diluncurkannya generasi kedua note ini bisa dipastikan akan mengangkat angka penjualan galaxy pertama, sebagai mana yang terjadi pada Galaxy S.

Jika Anda melihat komunikasi pemasaran Samsung, maka Anda akan melihat bahwa Note 2 diposisikan tidak hanya untuk orang-orang profesi kreatif, tetapi juga pelaku bisnis dan para siswa.

Desain dan Dimensi

Salah satu yang mungkin dapat menjadi kelemahan dan hal ini berasal dari Ukuran diagonal layar yang menjadi salah satu yang menjadi andalan Note 2. Ukuran layar yang besar membuat ukuran total dari smartphone ini menjadi besar. Dimensi Note 2 panjang 13,66 cm, lebar 7,06 dan tebal 0,86 cm dengan berat 133 g

Note 2 diluncurkan dengan 2 pilihan warna yaitu putih dan abu-abu gelap. Sejak hari peluncurannya telah tersedia Leather case-bbook dan cover proteksinya yang tersedia dalam beberapa warna

Spesifikasi Samsung Galaxy Note II

Tata letak tetap mengikuti kebiasaan samsung, dibagian depan yang tentu saja sebagian besar di ambil oleh layar, dibawah layar "home" satu-satunya tombol mekanik yang diapit oleh dua tombol capasitif "menu" dan "back", tata letak tombol seperti ini telah digunakan samsung sejak awal lini galaxy diluncurkan.

Diatas layar terdapat speaker yang berada tepat ditengah layar kemudian kamera depan 1,9 MP dan proximity sensor disebelah kanannya dan Ambient Light sensor dan status LED disebelah kiri. Dari menu pengaturan pengguna dapat mengatur lampu status ini.

Pengatur volume terletak disisi kiri sedangkan tombol power berada di sisi kanan, tombol khusus untuk kamera tidak hadir diponsel ini.
Samsung Galaxy Note II review
3,5 mm audio jack berada disisi atas bersama mic kedua yang berfungsi sebagai peredam dan perekam suara stereo.

Mic utama berada dibawah bersama microUSB yang berfungsi untuk mengisi ulang baterai ponsel ini dan sebagai gerbang koneksi ke PC berada, yang telah dapat menggunakan teknologi MHL. Slot untuk S Pen juga berada disini

Samsung Galaxy Note II reviewLensa kamera utama bersama lampu LED flash dan speaker terletak dibagian belakang. Dibawah cover belakang terdapat baterai Li-Ion 3100 mAh, slot simcard dan slot microSD yang telah mendukung hotswap.

Dirakit dengan sangat mantap, semua komponen yang terpisah menyatu dengan kuat tanpa ada bagian yang bergerak atau tidak rapat. Jika penutup cover belakang dibuka maka terlihat NFC-antena, slot microSD dan slot SimCard.

Layar

Mengggunakan teknologi layar paling canggih samsung Super AMOLED HD yang akan terlindungi dengan baik karena lapisan Corning Gorilla Glass 2. Ukuran diagonal layar 5,5 inci dengan resolusi 1280 x 720 pixel yang mampu menampilkan 16 juta warna.

Layar kapasitif Note II ini telah mendukung multi-touch sampai 10 titik dalam waktu bersamaan. Kualitas layar sangat mantap dengan kerapatan 265 ppi. Note pertama mempunyai ukuran 5,3 inci diagonal layar dengan resolusi 1280 x 800 pixel dan kerapatan pixel sebesar 285, diatas kertas terlihat sedikit penurunan spesifikasi dari layar Note 2 jika dibandingkan dengan note yang pertama.

Salah satu keuntungan dari ukuran layar yang besar adalah ukuran font yang juga besar dibandingkan dengan smartphone lain.

S-Pen Stylus

Istilah S Pen pertama kali diperkenalkan saat Note pertama diluncurkan, yang merupakan istilah untuk stylus digital yang membuat phone-tablet berbeda dengan smartphone biasa.

Untuk Note II S Pen telah didesain ulang dan dikembangkan sehingga performanya telah jauh lebih baik. Teknologi digitser Wacom yang dibenamkan kedalam Galaxy Note II memungkinkan layar untuk membedakan level tekanan dan menentukan posisi S Pen saat berada diatas permukaan layar. Kedua aspek ini teladah banyak berkembang sejak pertama S Pen yang pertama, jika Note pertama dapat merasakan 256 tingkat tekanan, maka samsung note II dapat membedakan 1.024 level tekanan.
S Pen - Samsung Galaxy Note II

Galaxy Note II dapat mendeteksi saat S Pen dikeluarkan dari slot dan akan menampilkan halaman yang menawarkan menu yang dilengkapi dengan thumbnail preview S Note.

Samsung telah melakukan banyak perbaikan pada S Pen yang bertujuan memberikan kenyamanan pada penggunanya, selain dapat mendeteksi saat S Pen dikeluarkan dari slotnya, Note II juga dapat mendeteksi kalau stylus terpisah terlalu jauh dari ponsel dengan memanfaatkan accelerometer yang akan mengingatkan pengguna bahwa S Pen-nya ketinggalan.

Smarphone ini dapat mendeteksi S Pen yang sedang melayang diatas layar dengan jarak sekitar 1 cm dan menjadikan S Pen berperan seperti pointer mouse.

Dalam penggunaan stylus baru ini benar-benar responsif. Dari segi desain pun telah berubah S Pen yang sekarang berbentuk segitiga sedangkan yang sebelumnya berbentuk silinder layaknya pulpen biasa.

Sistem Operasi dan User Interface

Samsung Galaxy Note II menggunakan Sostem Operasi android 4.1.1 Jelly Bean dengan TouchWiZ UX Nature, secara keseluruhan antarmuka ponsel ini sama dengan Galaxy S3.

Samsung Galaxy Note II reviewLockscreen tidak jauh berbeda dengan S3, Bagian atas diisi dengan jam saat ini dan tanggal dibawahnya. Lima shortcut aplikasi yang dapat diatur dilletakkan dibagian bawah lockscreen ini, yang dapat digunakan untuk menjalankannya tanpa melalui homescreen.

Ada beberapa cara yang disediakan samsung untuk membuka lockscreen, secara default men-tap layar dan men-drag ke arah manapun akan membuka layar lockscreen. Efek gelombang air akan mengikuti arah gerakan jari yang diiringi dengan suara tetesan air.

Cara lain yang disediakan samsung untuk membuka lockscreen adalah dengan Face unlock, face dan voice, pattern dan pin.

Pada homescreen terdapat 5 shortcut atau folder yang terletak dibagian bawah, yang paling kanan seperti biasa dihuni oleh app drawer, empat shortcut yang lain dapat diganti sesuai dengan keinginan.

CPU dan Memori

Spesifikasi Samsung Galaxy Note II menggunakan chipset Exynos 4412, quad-core Cortex-A9 CPU, frekuensi masing-masing inti dari prosesor note 2 ini up to 1.6 Ghz ( Galaxy S3 1.4 Ghz) dan Mali-400MP sebagai GPU.

Galaxy Note 2 memiliki 16 GB Internal memory, namun bersihnya yang dapat digunakan sebesar 14 GB (tersedia juga versi 32 GB dan 64 GB). Untuk external memory ponsel ini telah mendukung hingga 64 GB.

Untuk menjalankan aplikasi Smartphone android ini menggunakan RAM sebesar 2 GB, yang seharusnya telah cukup untuk menjalankan sebagian aplikasi dan game yang ada di google store.

Kamera

Samsung Galaxy Note 2 menggunakan modul kamera yang sama dengan Galaxy S3 antarmukanya aplikasi kamera juga sama persis. kamera utama 8 MP yang terletak dibelakang dapat menangkap gambar dengan resolusi maksimal  3264 x 2448 pixels dan 1080p rekaman video. dan  Kamera depan 1,9 MP

Kualitas kamera sangat baik, antarmuka dapat terbuka dengan cepat saat diaktifkan, shortcut untuk mengaktifkan aplikasi kamera dapat ditempatkan pada lockscreen yang akan membuat kamera selalu siap dengan cepat dapat langsung digunakan saat dibutuhkan. Led flashnya pun sangat mantap tidak kekurangan disini.

Banyak fitur-fitur kamera yang terdapat pada galaxy s3, hadir di Note II ini, seperti best shot (fitur yang mengambil unsur yang terbaik dari beberapa pengambilan foto dan menggabungkannya), Pendeteksi wajah, Panorama, deteksi senyum, buddy Share

Berbagai pengaturan manual juga disediakan bagi pengguna yang paham tentang fotografi seperti ISO, exposure. Walaupun mungkin sebagian besar pengguna perangkat ini tidak akan memperdulikan tentang pengaturan tersebut tetapi tetap saja adanya pengaturan seperti ini membuat pengguna yang memanfaatkan fasilitas ini merasa seperti fotografer profesional.Ingin narsis-narsisan dengan mengambil foto sendiri juga bukan urusan yang sulit dengan Note 2 ini.

Salah satu keunggulan spesifikasi Samsung Galaxy Note II dengan quad-core prosesornya, mampu mengambil gambar dengan resolusi tinggi saat sedang melakukan rekaman video HD. Tidak banyak smartphone yang beredar saat ini yang mampu melakukan hal serupa.

Baterai

Galaxy Note 2 menggunakan baterai lithium-ion (Li-ion) dengan kapasitas 3100 mAh (Galaxy note yang pertama cuman 2500 mAh). Menurut keterangan resminya baterai ini dapat bertahan 16 jam waktu bicara dan 890 waktu stand-by pada jaringan 3G. Saat diisi ulang membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk terisi penuh.

Konektifitas

Samsung Galaxy Note II dilengkapi dengan fitur konektifitas yang lengkap dari yang standar sampai yang paling canggih.

Quad-band GSM / GPRS / EDGE dan quad-band 3G dan HSPA 21Mbps.

Wi-Fi telah mendukung standar a/b/g/n, dengan kompatibilitas untuk channel 2.4GHz dan 5GHz. Wi-Fi Direct dan DLNA.

Generasi kedua lini galaxy note ini dibekali dengan Bluetooth 4.0 LE. A2DP

NFC yang memungkinkan pengguna berbagi segala macam file media dengan kecepatan transfer yang tinggi. Namun kedua perangkat telah mendukung fitur S Beam. Untuk sementara belum banyak perangkat yang mendukung ini, namun Galaxy S3 yang merupakan smartphone dengan penjualan tertinggi tahun 2012 telah mendukung fitur ini.

AllShare, Fitur ini terbagi menjadi dua bagian yaitu AllShare Play untuk mentransfer dan berbagi data dan file multimedia ke notebook atau PC dan Cast AllShare.  memberikan konten streaming dari dan ke berbagai jenis perangkat (TV atau komputer) melalui DLNA.

microUSB 2.0 yang dapat digunakan sebagai port MHL. USB On the go (untuk menggunakan kedua fitur ini membutuhkan perangkat tambahan yang dijual terpisah)

Kesimpulan

Saat Samsung meluncurkan Galaxy Note pertama, perangkat ini nyaris tidak dipandang sebagai perangkat saingan dalam ketatnya pasar smartphone, namun jutaan unit penjualan telah membuat samsung dapat mengklaim sebuah pasar baru didunia smartphone.

Note II tidak akan mengalami kesulitan untuk melanjutkan kesuksesan pendahulunya. Dengan penampilan lebih baik, performa yang lebih baik, layar yang memukau dan S Pen yang telah mengalami perombakan secara menyeluruh.

Ukuran mungkin satu-satunya menjadi kelemahan dari Galaxy Note 2 ini, namun hal tersebut tergantung dari persepsi penggunanya. Walaupun tidak bisa dipungkiri untuk menggunakan smartphone dengan satu tangan membutuhkan sedikit usaha. Disisi lain layar dengan ukuran jumbo memberikan kepuasan tersendiri saat membuka galery foto, menjelajahi internet atau menonton film.

Secara keseluruhan Samsung Galaxy Note II sangat mengagumkan dari layar besarnya sampai detail terkecilnya samsung telah mendesainnya dengan sangat baik, harga disini memang sebanding dengan kualitas yang diberikan. Smartphone ini sangat pantas mengenakan label premium.

 Spesifikasi Samsung Galaxy Note II N7100

Dimensi
Panjang 15,11   cm
Lebar 8,05 cm
Tebal 0,94 cm
Berat 183 gr
Jaringan
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
UMTS/WCDMA/3G   900 / 2100
Data/Internet HSDPA, 21 Mbps HSUPA, 5.76 Mbps;
Layar
Tipe Super AMOLED, 16 juta warna
Ukuran 5.5  inci
Resolusi 720 x 1280 piksel
Layar Sentuh Capacitive Touchscreen, Multi-Touch
Fitur Corning Gorilla Glass 2
CPU
Chipset

Exynos 4412 Quad
Prossesor Quad-core 1.6 GHz Cortex-A9
GPU Mali-400MP
Sistem Operasi Android OS, v4.1.1 (Jelly Bean), dapat di upgrade ke 4.1.2 (Jelly Bean)
Memory
Internal 16/32/64 GB
RAM 2 GB
Eksternal microSD, Mendukung sampai 64 GB
Kamera
Utama 8 MP, 3264x2448 piksel
Depan 1.9 MP
Flash LED flash
Video 1080p@30fps
Fitur Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization
Baterai
Tipe Li-Ion
Kapasitas 3100 mAh
Stand-by 980 Jam (2G) / 890 Jam (3G)
Waktu Bicara 35 Jam  (2G) / sekitar 16 Jam (3G)
Konektifitas
Wi-Fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth Yes, v4.0 with A2DP, LE, EDR
USB microUSB v2.0
Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
TV-out MHL A/V link
Fitur Lain
S-Voice natural language commands and dictation
Smart Stay and Smart Rotate eye tracking
SNS integration
Active noise cancellation with dedicated mic
Loudspeaker
Advertisement
Samsung Galaxy Note II N7100 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar