Huawei Ascend P1 Review

Advertisement

 Huawei Ascend P1 Review:

 Smartphone Android yang Tipis dengan Performa Tinggi

Huawei Ascend P1 Review


Ascend P1 adalah salah satu smartphone android Huawei dengan spesifikasi tinggi yang menawarkan Prosesor Dual-core 1,5 GHz, layar 4,3 inci kamera utama resolusi tinggi dan kamera depan, DLNA dan perekaman video dengan resolusi 1080p HD.

Salah satu hal yang membedakan Ascend P1 dengan smartphone lain yang menggunakan Android 4.0 adalah user interface atau skin yang digunakan masih asli bawaan sistem operasi dimana biasanya smartphone merk lain menggunakan skin kostum buatan sendiri.

Huawei Ascend P1 Review

Huawei Ascend P1, masih menggunakan tombol tradisional android, "Back", "Home" dan "Menu", tidak ada tombol mekanikal seperti pada ponsel-ponsel samsung, semuanya tombol soft-touch yang dilengkapi dengan back-light yang akan menyala setiap kali layar ponsel ini disentuh.

Semua sudut ponsel ini melengkung tidak ada bagian yang lancip. Dengan tebal hanya sekitar 0,7 cm atau 7 mm smartphone android Huawei ini merupakan smartphone tertipis saat ini, anda bisa mengambil mistar dan perhatikan seberapa tipisnya 7 mm itu. Ditambah dengan beratnya yang hanya 110 gr, pengguna ponsel ini hampir tidak akan merasakan saat Ascend P1 diletakkan didalam kantong baju atau celana.

Untuk mendapatkan ponsel setipis ini, Huawei harus mengancing cover belakang, sehingga pengguna ponsel ini tidak akan bisa mengeluarkan baterai dari tempatnya.

Huawei Ascend P1 Review


Bagian bekalang ponsel ini halus dan mengkilap yang tentu saja akan terasa licin jika tangan dalam kondisi basah saat menggenggam ponsel ini, namun tonjolan kamera dan tonjolan bagian bawah akan membuat smartphone ini tidak mudah tergelincir saat dalam genggaman. Dibagian belakang terletak kamera utama lengkap dengan lampu Flash LEDnya, yang mempunyai landasan sendiri sehingga kamera terlihat menonjol dibelakang. Slot SIMCard yang biasanya berada didalam cover belakang berdampingan dengan baterai, pada ponsel ini berpindah ke sisi atas yang berdampingan dengan slot micro USB dan jack audio standar 3.5mm.

Tombol power yang sekaligus berfungsi untuk mematikan dan mengunci layar terletak di sisi kanan atas yang dengan mudah dapat dijangkau oleh jempol tangan kanan atau telunjuk tangan kiri

Teknologi layar Super AMOLED buatan samsung digunakan sebagai layar yang berukuran 4,3 inci, tidak ada lagi yang bisa dikatakan tentang teknologi layar samsung ini, sangat mengesankan, terang, sangat responsif dan tetap dapat terbaca saat kecerahan layar harus bersaing dengan terangnya sinar matahari diluar diluar ruangan.

Ascend P1 ReviewAscend P1 menggunakan android 4.0.3 ICS Sebagai sistem operasinya, Huawei memberikan pilihan kepada pengguna ponsel ini untuk menggunakan versi skin Android original tanpa kostumasi sedikit pun. Namun Huawei telah melengkapi juga dengan berapa skin buatannya sendiri serta beberapa launcher alternatif jika pengguna ponsel ini tidak ingin menggunakan versi android original.
Huawei Ascend P1 Review
Namun sayang sekali Huawei menghilangkan tombol multitasking bawaan Android 4.0 ICS Huawei tampaknya mengikuti jejak Samsung dan HTC yang memasukkan fungsi multitasking pada tombol home, jadi jika pengguna ponsel ini akan menggunakan fungsi multitasking, dapat dilakukan dengan cara menekan dan menahan tombol home yang kemudian akan menampilkan daftar aplikasi yang baru saja digunakan. Sayangnya hal ini bisa saja tidak diketahui oleh pengguna.

Lockscreen telah di kustomasi oleh Huawei dengan meletakkan 4 icon shortcut aplikasi mengelilingi sebuah lingkaran, pengguna dapat mengganti keempat shortcut ini dengan shortcut aplikasi apapun melalui menu setting selama aplikasi tersebut telah terinstall, jadi akan tersedia akses cepat  untuk aplikasi itu pada Lockscreen.

Jika tidak menyukai Lockscreen default tersebut atau bosan setelah menggunakan beberapa waktu, pengguna dapat dengan mudah menggantinya, karena Huawei telah menyediakan beberapa lockscreen alternatif diantaranya Lockscreen 3D.

Fitur pengenalan wajah untuk membuka lockscreen bawaan ICS. Dapat berjalan dengan baik pada ponsel ini. Dengan memanfaatkan kamera depan smartphone ini, fitur pengenalan wajah ini dapat membuka lockscreen dalam waktu 1 detik.

Aplikasi phonebook ponsel ini masih menggunakan bawaan android 4.0, dimana aplikasi membagi menjadi 3 bagian tab yang dapat ditemukan dibagian atas.
Review Huawei Ascend P1
Tab bagian  tengah akan menampilkan semua daftar kontak, bagian kiri akan membagi semua daftar

kontak tersebut ke dalam grup. Sementara yang berada di paling kanan akan menampilkan kontak favorit yaitu kontak yang telah diberi tanda bintang dan juga dapat berfungsi sebagai daftar kontak yang paling sering dihubungi sehingga dapat dihubungi dengan cepat melalui tab ini.

Khusus untuk daftar kontak favorit ini google telah melakukan perubahan visual pada ICS, dimana foto orang-orang yang ada dalam tab ini ditampilkan dalam kotak besar, sehingga terdapat kemungkinan akan ada foto yang kelihatan kurang bagus karena resolusi rendah, namun untuk mengatasinya cukup mudah hanya dengan mengganti foto tersebut dengan foto lain yang mempunyai resolusi lebih tinggi.

Review - Ascend P1
Aplikasi pesan teks pada Huawei Ascend P1 masih menggunakan aplikasi bawaan sistem operasi Android 4.0 yang akan menampilkan pesan dalam mode thread, lengkap dengan foto kecil dari contact.

Untuk keyboard, ponsel ini telah diatur untuk menggunakan keyboard buatan sendiri secara default, tentu saja keyboard bawaan sistem operasi masih tetap ada namun untuk menggunakannya pengguna harus penggantinya pada menu setting.

Aplikasi lain yang tidak dikostumasi adalah aplikasi email. Aplikasi ini telah di update google sehingga menjadi lebih responsif dan lebih mudah untuk digunakan. Sebelumnya untuk menggunakan email yahoo pada aplikasi ini pengguna harus melakukan setting manual untuk mengirim dan menerima email dari server yahoo.

Sekarang hanya dengan memasukkan alamat email yahoo dan passwod, email yahoo sudah dapat diakses menggunakan aplikasi ini karena proses selanjutnya dilakukan secara otomatis. Pada menu setting aplikasi ini pengguna dapat mengatur frekuensi pengecekan e-mail di server yahoo, file lampiran atau attachment di download atau tidak.

Salah satu kelebihan Android 4.0, terdapat pada browse karena google telah melakukan optimasi pada browser bawaan, menggunakan tab browser kini menjadi jauh lebih mudah untuk dilakukan, karena telah tersedia tombol untuk membuat tab baru yang berada disamping baris address.
Pengguna juga dapat mengaktifkan sistem menu yang melayang, dan menghilangkan system menu standar, dengan cara mengusap layar dari sisi kiri atau kanan tepi layar.

Menu yang melengkung ini dapat digunakan untuk tab yang sedang terbuka, yang menampilkan preview mini, mengakses pengaturan browser, menu, bookmark dan lain-lain
Prosesor dual core digunakan ponsel ini bekerja dengan sangat baik menampilkan atau menggulung halaman sebuah website, bahkan halaman yang full gambar pun dapat ditampilkan dengan cepat. Double tap pada sebuah halaman web akan men-zoom in tersebut sehingga text terlihat lebih besar dan jelas.

Fitur mode incognito yang ada pada chrome versi desktop dapat juga digunakan pada ponsel ini. Menggunakan mode incognito berarti browser tidak akan menyimpan segala aktivitas yang dilakukan di internet.

Dukungan terhadap flash sangat baik pengguna dapat menonton video youtube foto dan bermain game online dengan lancar

Pemutar musikHuawei Ascend P1 mempunyai 2 pemutar musik yang pertama buatan Huawei sendiri dan yang kedua bawaan sistem operasi. Walaupun fitur online sharing dan cloud sinkronisasi yang menjadi fitur andalan pemutar musik bawaan android ini jarang digunakan oleh banyak pengguna android diIndonesia, namun pemutar musik google ini masih menjadi salah satu yang terbaik untuk smartphone android.

Salah satu fitur menarik putar musik google inilah "last added" play list, untuk mengakses dengan cepat lagu yang baru dikirim ke ponsel ini.

Pemutar musik buatan Huawei mendukung album art dan folder. Pemutar musik ini mempunyai fitur dolby digital yang dapat diaktifkan di non aktifkan dari tampilan utama.
Speaker multimedia yang terletak di bagian belakang mampu mengeluarkan suara yang lumayan keras.

Pemutar video
Putar video ponsel ini cukup lumayan mampu memutar semua format video yang lazim digunakan dengan mulus tanpa celah sedikitpun. Didukung dengan layar 4,3 inci yang terang dan jernih akan sangat memanjakan mata saat menonton video atau film dismartphone ini. Huawei Ascend P1 dapat dijadikan salah satu pilihan yang terbaik jika mempunyai banyak kumpulan video atau serial tv.

Kamera Dan video Huawei Ascend P1

Kamera Huawei ascend p1 gunakan kamera 8 megapiksel resolusi maksimal sebesar????. Kualitas foto yang dihasilkan kamera smartphone ini cukup baik, gambar terlihat tajam dan penuh detail
Smartphone ini dapat merekam video dengan resolusi 1080p HD, namun menggunakan fitur ini memori eksternal harus ditambah karena merekam video dengan resolusi 1080p meminta sangat banyak tempat dimemori.

Kamera
Huawei melakukan banyak perubahan pada aplikasi standar kamera bawaan android 4.0 yang mungkin terasa hambar karena kurang fitur.

Fitur HDR yang hadir pada smarrtphone ini mungkin agak sulit untuk di gunakan karena saat menggunakan fitur ini ponsel harus dijaga agar tidak bergerak sedikitpun supaya hasilnya bisa maksimal, tajam dan tidak kabur. Fitur HDR sangat berguna untuk mengangkat kontras dan kecerahan sehingga detail objek foto akan lebih kelihatan.

Pada mode burst, dimana kamera akan mengambil banyak foto dalam satu pengambilan gambar, smartphone ini sedikit merepotkan karena foto yang diambil tersebut semuanya di masukan ke dalam memori sehingga pengguna diharuskan untuk memilih satu persatu dan menghapus secara manual semua foto yang tidak diinginkan, seharusnya prosesnya tidak serumit ini. Yang semestinya dilakukan adalah setelah kamera mengambil banyak gambar, gambar-gambar tersebut ditampilkan dalam bentuk preview, kemudian pengguna memilih foto terbaik yang diinginkannya kemudian aplikasi secara otomatis menghapus semua foto yang tidak terpilih.

Video
Kualitas hasil rekaman video dengan resolusi 1080p HD sangat baik, namun merekam menggunakan resolusi ini memakan memori sebanyak 200 mb per menit. Gambar bergerak dapat dapat terekam dengan mudah detail-detal kecil tertangkap dengan sangat baik. Secara keseluruhan kualitas kamera untuk foto dan video sangat baik.

Konektivitas
Huawei Ascend P1 Telah dibekali dengan hampir semua fitur konektivitas yang ada saat ini. Dari Wi-Fi, Koneksi ke jaringan 3G, Bluetooth, MicroUSB Sampai ke radio FM.
Fitur  yang tidak hadir pada ponsel ini adalah dukungan untuk fitur NFC dan HDMI output.

Baterai
Huawei Ascend P1 adalah salah satu smartphone dengan performa terbaik jika dilihat dalam hal konsumsi daya baterai. Ponsel ini menggunakan daya 1800 mAh yang membuat ponsel ini dapat bertahan seharian tanpa diisi ulang pada penggunaan standar

Kesimpulan
Huawei Ascend P1 adalah smartphone Android yang sangat baik Di kelasnya. Terlebih dengan adanya pilihan bagi pengguna ponsel ini Untuk menggunakan antarmuka standar android 4.0 ICS atau antarmuka pengguna Yang telah dimodifikasi.

Kamera dengan resolusi tinggi yang secara umum kualitasnya baik.

Memori internal yang hanya 4 GB, tidak akan cukup jika digunakan untuk menampung rekaman video yang direkam pada resolusi 1080p. Tapi setelah mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan slot untuk memori eksternal.

Advertisement
Huawei Ascend P1 Review | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar