Samsung Galaxy Star Pro GT-S7260 dan Star Pro Duos GT-S7262

Advertisement
Samsung Galaxy star pro review
Samsung Galaxy Star Pro adalah penerus Galaxy Star yang berdimensi lebih besar dan spesifikasi lebih baik luar dalam dari pendahulunya. Smartphone android samsung ini diluncurkan dalam dua versi yaitu menggunakan GT-S7260 dan GT-S7262 yang menggunakan dua slot untuk simcard, Spesifikasi kedua versi ini sama pembedanya adalah jumlah slot simcardnya.

Sama seperti galaxy star ponsel android terbaru samsung ini masih berada dikelas entry level, berarti smartphone android ini dijual pada harga terjangkau serta spesifikasi rendah, tampaknya lebih ditujukan untuk pengguna yang baru pertama kali memiliki smartphone android.

Desain dan Dimensi Galaxy Star Pro

Desain Samsung Galaxy Star Pro tidak jauh berbeda dengan lini galaxy sebelumnya. Casing ponsel terbuat dari plastik serupa dengan hampir semua smartphone keluaran samsung, namun untuk bingkai disisi hp yang biasanya berlapis krom dengan warna keperakan untuk Galaxy Star Pro berwarna abu-abu gelap.
Baca juga: Cara menghemat baterai samsung galaxy star
Cover belakang berbentuk plastik tipis mengkilat dengan tekstur garis horisontal, membuat ponsel ini digenggam dengan nyaman namun disisi lain tekstur horizontal ini dapat menjadi tempat melekatnya debu atau kotoran lain yang agak sedikit sulit kala dibersihkan.

Samsung Galaxy Star Pro reviewDiatas layar hanya terdapat speaker untuk melakukan panggilan telefon tanpa kehadiran kamera depan atau proximity sensor yang biasanya berada disini, dibagian bawah layar dihuni oleh 3 tombol khas samsung, dimana tombol "Home" yang berada ditengah adalah sebuah tombol mekanikal, tombol ini diapit oleh tombol "back" dan "menu" yang merupakan tombol sentuh.

Pengatur volume berada disisi kiri, dengan posisi sedikit meleset dari tempat telunjuk saat menggenggam ponsel, disebelah kanan kanan terdapat tombol power. Standar 3,5mm audio Jack berada diatas dan mikrofon utama bersama microUSB dibagian bawah dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai Galaxy Star sekaligus untuk transfer data dari ponsel ke PC

Dengan berat 121 g, panjang 12,1 cm, lebar 6,2 cm dan tebal sekitar 1 cm, ponsel ini dapat di genggam dengan mudah, kokoh dalam genggaman tangan.

Sistem Operasi dan Interface Galaxy Star Pro

Galaxy Star Pro menggunakan Android 4.1.2 Jelly Bean sebagai sistem operasi, dibalut dengan TouchWiz UI user interface buatan samsung yang telah dikostum untuk smartphone dengan spesifikasi rendah.

Animasi transisi standar sedikit melambat saat smartphone telah dipenuhi oleh berbagai aplikasi

Layar Galaxy Star Pro

Smartphone ini menggunakan layar dengan ukuran diagonal 4 inci dengan resolusi 480x800 (WVGA). Untuk ukuran ponsel murah layar star pro cukup terang dan tajam. Namun direntang harga ponsel ini, merk lain menawarkan qHD display.

Tanpa adanya teknologi IPS, sudut pandang menjadi sangat sempit, artinya informasi dilayar akan sulit dibaca jika dipandang dari samping. Selain itu jika dibawa keluar ruangan, dibawah sinar matahari langsung, anda harus menyetel manual brightness (kecerahan) kemaksimal untuk dapat melihat layar dengan baik.

Keyboard Galaxy Star Pro

Layar 4 inci membuat sulit untuk mengetik dalam modus potret tanpa menggunakan fitur “continuous input”. Pada Mode Landscape mengetik sedikit lebih mudah karena keyboard lebih lebar sehingga lebih mudah untuk menekan masing-masing karakter, tetapi transisi dari portrait ke landscape agak lambat mungkin membuat anda sedikit terganggu.

Smartphone android murah ini telah dilengkapi dengan fitur prediksi teks, yang dapat membantu pengguna agar mengetik lebih cepat tanpa adanya kesalahan dalam pengetikan.

Kamera Galaxy Star Pro

Ponsel ini dibekali dengan kamera 2 MP, mampu mengambil gambar dengan resolusi maksimal 1600x1200 pixel, tanpa auto-fokus dan LED flash namun telah dilengkapi digital zoom 2x.


Antarmuka kamera sangat sederhana. Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan kamera ponsel menggunakan satu tangan.


Untuk rekaman video, star pro dapat merekam video dengan resolusi 240p pada 13 fps, namun hasilnya  sangat buruk. Fitur zoom dapat digunakan untuk merekam video. Kamera akan melakukan White Balace secara otomatis sesuai dengan lingkungan sekitar walaupun seringkali kurang maksimal.
 Baca juga: Cara meningkatkan performa samsung galaxy star
Saat dijalakan dari homescreen, waktu yang dibutuhkan aplikasi kamera sampai siap digunakan kurang-lebih 3 detik. Respon tombol Shutter saat ditekan dan mengambil gambar kurang dari 1 detik.

Multimedia Galaxy Star Pro

Pemutar musik standar tidak ada yang istimewa, namun sudah cukup untuk digunakan sebagai penghibur dengan mendengarkan lagu-lagu mp3. Kualitas speaker multimedia cukup lumayan, saat volume diset hingga ketingkat tertinggi, suara yang dihasilkan masih enak didengar. Sayang speaker terletak dikanan atas disamping kamera, sehingga seringkali tanpa sengaja tertutup oleh jari telunjuk saat digenggang menggunakan tangan kanan.

Begitu juga dengan pemutar video, hanya tersedia pemutar standar,  hanya bisa memutar video resolusi 480p dengan format mp4 namun hal ini bisa dipahami karena keterbatasan resolusi layar.

CPU dan Memori Galaxy Star Pro

Samsung Galaxy Star Pro menggunakan prosesor single-core Cortex-A5 dengan kecepatan 1Ghz. Didukung oleh 512Mb RAM sebenarnya cukup kecil karena ponsel-ponsel merk lain direntang harga yang sama sudah menawarkan RAM 1GB. Untuk internal memori smartphone android ini menyediakan sebesar 4GB namun hanya tersedia untuk digunakan pengguna sebesar 2,23GB. Slot memori external microSD telah mendukung kapasitas hingga 32GB.


Setelah digunakan untuk sistem operasi RAM yang bebas hanya sekitar 110MB, inipun kalau belum menginstall aplikasi apapun. Jadi semakin banyak aplikasi terpasang diponsel  maka semakin lambat kinerjanya, bahkan untuk hal sederhana seperti animasi transisi.

Baterai Galaxy Star Pro

Galaxy Star Pro menggunakan baterai Li-Ion dengan kapasitas 1500mAh, menurut keterangan resminya mampu memberikan 15 jam waktu bicara.

Saat memainkan video mp4 480p (Wi-Fi dan bluetooth dalam keadaan mati, Volume dan kecerahan layar ditingkat tertinggi), dalam modus Full Screen selama 10 menit, baterai terkuras sebesar 5%. Jadi, perkiraan memutar video  kurang lebih 200 menit.

Kesimpulan

Lambat!! mungkin kata tepat untuk smartphone android murah samsung ini. Ponsel ini bahkan harus bekerja keras untuk menjalankan aktifitas-aktifitas dasar meskipun telah dibekali dengan prosesor 1 GB. Penyebab utama lambannya Galaxy Star pro terletak dikecilnya sisa RAM yang bisa digunakan, dimana dari 512 yang disediakan hanya tersisa kurang lebih 110MB. Jadi jangan terlalu berharap bisa melakukan multitasking dengan mulus.

Desain sangat standar, tanpa jaringan 3G dan GPS. Namun hal ini sebenarnya bisa dimaklumi, karena untuk menekan harga tentu saja banyak yang harus dikorbankan.

Untuk spesifikasi smartphone ini anda bisa lihat disini
Advertisement
Samsung Galaxy Star Pro GT-S7260 dan Star Pro Duos GT-S7262 | Asti Rahmi | 5

11 komentar:

  1. Balasan
    1. kenapa pemutar musik g ad di menu aplikasi ya?
      tp klo pas mau mindahin daftar pemutar musik dr widget kok tidak bisa

      Hapus
    2. Seharusnya ada mas,
      cuman kalo yang dicari musik playernya samsung memang ga ada, karena Galaxy star pro, pake player bawaan android

      Hapus
  2. mbak asti knapa ya signal android gt-s7262 ini E trus,,, padahal sudah aq kembalikann ke pengaturan pabrik,,,, sudah gonta ganti kartu sim loh,,, tapi masih aja sinyal E

    BalasHapus
  3. Iya mas krn smartphone ini tidak mendukung 3G, jadi jaringan yang tersedia hanya GPRS dan EDGE :).

    Semoga membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus gimana jalan keluarnya mba, biar ga EDGE mulu? :(

      Hapus
    2. Ga ada jalan keluarnya mas, kecuali smarphone yang diganti dengan yang baru dan mendukung jaringan 3G

      Hapus
    3. Mbak kenapa hp saya ditombol *#*#4636#*#* kc nggk bisa

      Hapus
  4. Lcd samsung gt-s7262 baru diganti trus mati kata orang servicenya EC nya.. pengaruh gak dan solusinya gmana

    BalasHapus
  5. Waduh sy ga tau kalo yg ginian mas, terlalu teknis :), maaf yah

    BalasHapus