Apa itu Fitur HDR dan Kapan Sebaiknya Digunakan

Advertisement
High Dynamic Range atau yang lebih dikenal dengan nama HDR adalah sebuah fitur yang telah lama digunakan pada bidang fotografi yang kini digunakan sebagai salah satu fitur kamera smartphone. Fitur ini mampu menghasilkan hasil foto yang indah dengan detail dan pencahayaan yang menakjubkan.

Kamera mempunyai keterbatasan jumlah detail gambar yang dapat direkam, jumlah detail gambar yang dapat direkam sangat tergantung dengan kondisi cahaya saat itu. Bagaimanapun cara yang digunakan pengguna dalam mengambil gambar, apakah menggunakan pengaturan otomatis atau mengatur manual settingan kamera tujuan akhir dari mengambil gambar adalah memaksimalkan detail yang dapat direkam berdasarkan kondisi cahaya sekitar. Masalah yang sering kali muncul adalah saat kondisi cahaya kurang atau berlebihan detail gambar yang terekam sering kali tidak maksimal.


Dinamic range atau rentang dinamis adalah rasio terang kegelap, untuk memaksimalkan detail yang dapat direkam fitur HDR tidak hanya mengambil satu gambar tapi mengambil tiga gambar dengan tingkat eksposur yang berbeda kemudian menggabungkannya dengan mengambil bagian terbaik. Hasilnya seharusnya seperti yang terlihat oleh mata pengguna bukan yang dilihat oleh kamera dengan kata lain lebih natural.

Baca juga: Mengapa Anda Tidak Membutuhkan Aplikasi Task killer, RAM Booster dan Anti Virus

Inilah alasan mengapa saat pengguna mengaktifkan fitur HDR pada smartphone, kamera membutuhkan waktu lebih lama untuk menghasilkan sebuah foto, karena kamera harus mengambil tiga gambar bukannya satu kemudian menggabungkan ketiga gambar tersebut menjadi satu gambar.

Kapan fitur HDR cocok digunakan

Fungsi HDR pada kamera hp, kamera poket atau kamera profesional adalah meningkatkan kualitas hasil pengambilan gambar pada situasi-situasi tertentu, jadi fitur ini sebenarnya tidak dapat digunakan pada semua situasi.
Situasi terbaik untuk menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut
  • Mengambil gambar pemandangan atau Landscape, mengambil gambar pemandangan yang dilakukan diluar ruangan biasanya memiliki banyak kontras antara langit dan tanah, yang sebenarnya situasi ini sulit untuk kamera karena langit biasanya terlalu terang sehingga tanah akan tampil terlalu gelap. Dengan menggunakan fitur HDR kamera detail langit dapat tertangkap tanpa membuat tanah menjadi terlalu gelap
  • Cahaya terlalu berlimpah, seperti yang telah disebut diatas pencahayaan adalah salah satu aspek yang mempengaruhi kualitas hasil saat pengambilan gambar, namun terlalu banyak cahaya seperti saat mengambil foto seseorang saat cuaca cerah dan cahaya matahari mengenai langsung ke objek foto atau pada situasi cahaya dari depan terlalu keras, karena cahaya yang masuk ke sensor kamera terlalu kuat biasanya dapat menyebabkan wajah seseorang yang menjadi objek foto tersebut menjadi gelap atau terlalu terang sehingga jumlah detail yang terekam tidak maksimal. Fitur HDR camera dapat memaksimalkan kualitas hasil foto pada situasi ini.
  • Kurang cahaya, kebalikan hal yang diatas saat kondisi cahaya yang kurang atau cahaya dari belakang terlalu kuat, biasanya hasilnya terdapat bagian-bagian yang hitam pekat atau detail dibagian tersebut tidak tertangkap.

Baca juga: Cara Mengisi Ulang Smartphone dan Tablet Secara Cepat dan Efisien

Kapan Fitur Kamera HDR tidak cocok digunakan

Seperti yang telah disebutkan diata mengambil foto hdr ini tidak cocok untuk digunakan untuk segala situasi karena pada situasi-situasi tertentu fitur ini bukannya meningkatkan kualitas foto malah akan memperburuk hasilnya.

  • Berikut situasi yang tidak cocok untuk menggunakan fitur ini.Objek bergerak, Jika yang menjadi objek foto dalam keadaan bergerak maka fitur ini tidak dapat berfungsi dengan baik karena hasilnya pasti akan kabur tidak fokus. Hal ini disebabkan karena seperti yang telah dibahas sebelumnya fitur ini mengambil 3 foto sekaligus dan tentu saja saat mengambil ketiga foto tersebut tidak dapat dilakukan secara bersamaan tetap ada jeda saat mengambil masing-masing foto walaupun waktu jedanya sangat singkat.
  • Tingkat kontras yang tinggi, pada beberapa situasi foto terlihat sangat indah karena perbedaan gelap dan terang yang kuat, contoh jika pengguna ingin mengambil bayangan dari objek foto yang biasanya gelap atau hitam pekat, nah fitur ini akan berusaha untuk mengangkat tingkat cahaya pada bagian tersebut, sehingga tujuan pengambilan gambar tersebut tidak tercapai.

Sebagian besar smartphone yang dibekali dengan fitur ini biasanya akan saat digunakan akan menampilkan dua hasil foto, satu dengan menggunakan Fitur HDR dan satunya lagi tanpa menggunakan HDR. Jadi pengguna dapat mencoba untuk menggunakan Fitur ini pada situasi apapun untuk membandingkan hasilnya, namun tidak menggunakan sama sekali pada objek yang bergerak.
Advertisement
Apa itu Fitur HDR dan Kapan Sebaiknya Digunakan | Asti Rahmi | 5

15 komentar:

  1. Mantap.....jadi tahu fungsi hdr pada kamera smartphone sya.... Sebelumnya selalu bertanya2 untuk apa hdr ini...kapan harus dgunakan n tidak... Maturtengkyu ilmunya...

    BalasHapus
  2. Kenapa ya gan kamera hp sya blur pda saat pengambilan gmbr, pdahal sbelum2nya msi bgus, sekrang ketika sya mngambil gmbr yg jrkx antara objek dgn kamera 30cm atau lbh gmbrx jdi blur, apkah krn sya selalu mengaktifkan HDR pda saat mengambil gmbr?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan mas, soalnya kalo HDR nya diaktifkan, kamera hpnya ga boleh goyang, goyang dikit aja berpengaruh pada hasilnya :)

      Hapus
  3. Salam.
    Mencerahkan, hanya saya kurang jelas pada poin ke2 (tingkat kontras yg tinggi.....).
    Terimakasih banyak.

    BalasHapus
  4. Baru tahu fungsi hdr... Makasih info nya

    BalasHapus
  5. Penjelasan begitu akurat,terimakasih sobat salam sejahtera selalu.

    BalasHapus
  6. Terimakasih infonya... Jadi nambah wawasan... Mantap jiwa kawan....

    BalasHapus