Sony Xperia E1 Review - Part 1

Advertisement
Review Sony Xperia E1
Sumber gambar: sonymobile.com
Xperia E pertama kali diluncurkan Sony pada tahun 2012, masuk ke pasar smartphone dengan mengandalkan harga jual yang rendah. Tahun ini 2014 dua tahun setelahnya Sony meluncurkan Xperia E1 dengan layar dan tenaga yang lebih besar dari pendahulunya. Namun seperti Xperia E ponsel ini dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Sebuah tombol yang dirancang khusus untuk aplikasi Walkman, menjadi pembeda Sony Xperia E1 dengan smartphone Android lain. Tombol ini terletak dibagian atas yang berfungsi sebagai tombol pintas untuk menjalankan aplikasi Walkman. Selain tombol fisik khusus, terdapat pula aplikasi-fitur-fitur khusus untuk memperkaya pengalaman mendengar musik diponsel ini, seperti xLOUD, ClearBass dan ClearAudio+.

Menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 200 dipadu dengan prosesor dual-core 1,2, seharusnya telah memadai untuk menjalankan Jelly Bean dengan mulus. Perbedaan yang kecepatan signifikan juga akan terasa jika membandingkan dengan single core yang digunakan pendahulunya. Layar serta resolusi dan baterai juga lebih besar di smartphone generasi baru ini.
Hanya kamera satu-satunya bagian yang tidak berubah dari versi awalnya. Xperia E1 masih saja menggunakan kamera 3,15MP yang tentunya dengan alasan untuk menekan harga.

Desain dan Dimensi Sony Xperia E1

Sama seperti smartphone Sambung yang mempunyai satu desain dasar untuk semua ponsel di lini Galaxynya, Sony juga mempunyai satu desain dasar yang digunakan untuk seluruh lini Xperia contohnya Xperia E1 ini yang walau pun hanya dibungkus oleh bahan plastik namun memiliki kemiripan dengan Xperia Z1 Compact.

Dengan panjang 11,8 cm dan lebar 6,2 cm dan tebal 1,2 cm, ukuran Xperia E1 tidak terlalu jauh berbeda dengan pendahulunya. Ukuran layar juga hanya berbeda setengah inci, bingkai layar diperkecil dan tombol fisik dihilangkan digantikan dengan tombol on-screen yang memang bawaan sistem operasi.

Desain lengkung pada setiap sudut Sony Xperia E pertama membuat ponsel tersebut sangat nyaman dalam genggaman, namun layar 3,5 incinya sudah tidak relevan untuk sekarang ini di mana ponsel berlayar lebih besar sudah menjadi standar. Ukuran layar 4 inci Xperia E1 terasa lebih pas, sedikit lebih tebal dari pendahulunya tapi berkat sudut-sudut yang halus ponsel ini membuat hal tersebut tidak terasa perbedaannya. 

Sony Xperia E1 Review

Bagian depan sebagian besar diisi dengan layar 4 inci.  Tanpa tombol fisik ponsel ini terlihat lebih bersih. Di atas layar terdapat speaker utama tepat di atas logo Sony, sebelah kanannya terdapat proximity dan ambient light sensor. Xperia E1 tidak dilengkapi dengan kamera depan namun hadirnya sensor cahaya dapat menjadi nilai plus tersendiri untuk ponsel ini, karena sensor yang dapat berfungsi untuk menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi cahaya yang ada di sekitar jarang ditemui pada smartphone-smartphone Android kelas menengah ke bawah. Dibawah layar tanpa kehadiran tombol fisik hanya terdapat mikrofon utama.

Review Sony Xperia E1


Di sisi kanan terdapat tombol pengatur volume dan tombol power yang juga berfungsi untuk mengunci layar.

Sony Xperia E1 review


microUSB port  terdapat di sisi kiri.

Review Sony Xperia E1

Bagian atas pengguna akan menemukan tombol yang dibuat khusus untuk aplikasi Walkman dengan posisi cukup menonjol, ukurannya hampir sama besar dengan tombol pengatur volume, ditombol ini terdapat logo walkman. Di sebelahnya terdapat Audio Jack 3,5mm. Disisi bawah hanya terdapat lubang kecil untuk membuka cover belakang.

Dibagian belakang, terdapat 3,15 Mega Piksel kamera utama tanpa lampu flash, kemudian sedikit ke atas terdapat mikrofon kedua. Logo Sony terletak di tengah-tengah diantara kamera utama dan speaker multimedia yang terletak dibagian bawah, terlihat speaker ini telah didesain dengan sangat baik untuk menghasilkan audio output yang maksimal.

Di bawah penutup belakang terdapat baterai ponsel ini yang berdaya 1750mAh, yang lebih besar dari daya yang dimiliki Xperia pertama yaitu sebesar 1530mAh. Slot microSD terletak sedikit ke atas dan karena baterai akan menghalangi jika pengguna ingin mengeluarkan kartu microSD bisa dipastikan tidak ada fungsi hot-swap untuk slot ini.

 

Layar Sony Xperia E1

Layar Sony Xperia E1 seperti yang telah disebutkan sebelumnya berukuran 4 inci, TFT LCD dengan resolusi 480 x 800 (WVGA) yang berarti kerapatan pikselnya sebesar 233 ppi.

Sony Xperia E1 Review


Produksi warna lumayan baik walaupun kontras yang ditampilkan layar ini masih terasa kurang. Kecerahan layar melebihi dari Xperia pertama. Gambar yang ditampilkan terlihat natural walaupun mungkin tidak setajam yang ditampilkan oleh layar 720 piksel. Sudut pandang dapat dikatakan masih rata-rata karena masih ada pergeseran warna saat layar dipandang dari sisi.

 

CPU Sony Xperia E1

Sony Xperia E1, menggunakan chipset Snapdragon 200 dari Qualcomm. Berpadu dengan CPU dual-core Cortex-A7 yang masing-masing core bekerja pada kecepatan 1,2GHz. Untuk GPU smartphone Sony ini menggunakan Adreno 302

Paduan dual-core CPU, Andreno 302 GPU dan RAM 512MB mampu menjalankan Android 4,3 Jelly Bean dengan mulus pada Xperia E1, walaupun agak sedikit tersendat saat menjalankan aplikasi yang meminta banyak sumber daya, namun untuk penggunaan sehari-hari, ponsel ini mampu menjalankan dengan baik aplikasi apapun yang diinginkan pengguna.

 

Kamera Sony Xperia E1

Sony membekali Xperia E1 dengan kamera 3,15  mega piksel yang dapat digunakan untuk mengambil foto atau merekam video. Untuk foto kamera ini dapat mengambil gambar dengan resolusi maksimal 2048 x 1536 piksel.

Aplikasi Kamera Sony Xperia E1


Aplikasi kamera terdiri atas dua panel yang bergabung dengan fungsi rekaman video, pengguna dapat langsung mengambil foto atau merekam clip video tanpa harus merubah mode. Di bagian kanan terdapat empat tombol yaitu tombol shortcut ke album, tombol untuk mengambil gambar, tombol untuk merekam video dan untuk pilihan kamera utama atau kamera depan.

Disisi kiri bagian atas terdapat berbagai pilihan mode kamera, di bawahnya terdapat 3 tombol yang dapat diatur penggunaannya dan yang terakhir adalah tempat pengaturan untuk semua mode kamera.
Xperia E1 mempunyai hampir semua fitur untuk sebuah kamera smartphone yang ada saat ini, seperti HDR, panorama, deteksi wajah, geo-tagging dan touch capture. Scene dan efek-efek gambar juga tersedia. Fitur efek gambar jika digunakan akan membagi layar menjadi sembilan bagian dan masing-masing bagian akan menunjukkan hasil akhir dari efek yang ada pada ponsel ini.

Fitur Kamera - Sony Xperia E1


Kualitas gambar yang dihasilkan smartphone ini seperti yang bisa diharapkan sebuah kamera 3MP tidak terlalu bagus karena kamera 3MP telah banyak ditinggalkan oleh smartphone-smartphone keluaran terbaru. Produksi warna kurang bagus, White balance kurang akurat, foto kadang terlalu tajam. Namun cukup lumayanlah untuk foto yang hasilnya hanya dilihat lewat layar ponsel.
Xperia E1 ini dapat merekam video dengan resolusi maksimal 800 x 600 piksel (SVGA) pada kecepatan 20 fps, video bitrate 2Mbps dengan sound bitrate 96 Kbps.

 

Baterai Sony Xperia E1

Kualitas baterai yang digunakan smartphone android ini sangat baik, walaupun hanya berdaya 1700mAh yang sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan smartphone-smartphone lain dikelasnya, namun dalam penggunaan dapat mengimbangi ponsel lain yang mempunyai spesifikasi baterai lebih tinggi.  Berkat kecerahan layar yang tidak terlalu tinggi dapat menambah waktu bicara sedikit lebih lama.

Baterai - Sony Xperia E1


Pada penggunaan standar Xperia E1 ini mampu bertahan sekitar 50 jam, yang berati smartphone ini dapat digunakan selama kurang-lebih dua hari.
Advertisement
Sony Xperia E1 Review - Part 1 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar