Sony Xperia E1 Review - Part 2

Advertisement

Sistem Operasi dan User Interface Sony Xperia E1

Sony Xperia E1 diluncurkan menggunakan Android 4.3 sebagai sistem operasinya. Seri Xperia keluaran terakhir telah menggunakan Android Kitkat sebagai sistem operasinya dan kemungkinan ponsel ini akan mendapatkan update Kitkat dalam waktu dekat ini.

Xperia E1 memberikan pilihan untuk menambah atau  mengurangi panel Homescreen, secara default terdapat 5 Homescreen, dan ponsel ini hanya dapat memiliki paling banyak 7 Homescreen. Pengguna dapat memilin panel homescreen manapun untuk menjadi Homescreen utama selain itu urutan masing-masing homescreen dapat diubah dengan mudah.

Smartphone ini tidak memiliki tombol fisik atau tombol sentuh seperti smartphone android keluaran Samsung. Tombol virtual bawaan sistem operasi ini berlatar belakang hitam, jika pengguna sedang mengakses Homescreen atau menu akan berubah menjadi transparan.

Interface Sony Xperia E1 - Homescreen


Menambahkan sesuatu ke panel Homescreen dapat dilakukan dengan men-tap dan menahan layar atau menggunakan gerakan mencubit layar (pinch), sebuah menu akan muncul yang  memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai kostumasi pada smartphone ini – seperti menambah shortcut atau widget, mengganti wallpaper dan tema. Pengguna juga dapat menambahkan shortcut ke panel homescreen dari menu aplikasi dengan menahan icon aplikasi yang diinginkan

Xperia E1 mempunyai beberapa widget yang didesain sendiri oleh Sony untuk berbagai layanan sosial, tombol konektifitas dan Walkman player dan lain-lain. Widget pada ponsel ini dapat berubah ukuran dan teratur secara otomatis saat pengguna meletakkan atau memindahkannya.

Interface Sony Xperia E1 - Wallpaper dan Thames


Menu Wallpaper menyediakan pilihan bagi pengguna untuk memilih wallpaper biasa yang statis atau live wallpaper yang full animasi. Sebelum menggunakan sebuah live wallpaper tersedia preview untuk melihat tampilannya sebelum digunakan.

Dibagian bawah, terdapat 4 icon shortcut utama. Keempat icon ini akan selalu terlihat disemua panel Homescreen dan keempat icon ini dapat dikonfigurasi dengan diganti dengan icon aplikasi lain atau dengan folder yang berisi beberapa aplikasi. Jika diganti dengan sebuah folder maka icon yang muncul adalah icon-icon kecil dari 4 aplikasi di dalam folder ini.

Seperti Homescreen, Lockscreen juga terdiri dari beberapa panel, di mana masing-masing berisi satu widget. Panel yang paling kanan terdapat widget yang dapat menjalankan aplikasi kamera langsung dari Lockscreen.

Interface Sony Xperia E1 - Lockscreen


Panel lain dapat digunakan untuk berbagai widget seperti Google Plus,  Email, Gmail, Google Now dan jam digital. Pengguna dapat mendownload berbagai widget yang tersedia di Google Play dan menempatkannya di sini.

Saat player musik sedang dijalankan. Secara default Lockscreen akan menampilkan kontrol player ini. Untuk membuka lockscreen ini secara default pengguna cukup mengusap layar ke arah manapun. Namun seharusnya setiap pengguna wajib mengamankan smartphonenya dengan fitur-fitur pengaman yang ditawarkan baik oleh android maupun pihak ketiga, karena smartphone sifatnya pribadi jadi tidak seharusnya dapat dengan mudah diakses orang lain. Android telah menyediakan beberapa fitur pengaman lockscreen seperti pattern, Pin atau password bahkan menggunakan pengenalan wajah sebagai pengaman saat membuka Lockscreen.

Dibagian bar notifikasi terdapat beberapa tombol (suara, Wi-Fi, Bluetooth dan pengatur kecerahan), selain itu terdapat juga shortcut untuk menu setting. Sejak hadirnya android ICS, tombol- tombol ini dapat diatur, pengguna dapat memilih dari 16 pilihan tombol dan dapat tampil maksimal 10 buah yang tersusun dalam dua baris.

Dibagian bawah tombol-tombol cepat ini terdapat tempat notifikasi seperti misscall, sms atau notifikasi dari aplikasi yang sedang berjalan yang jika di tap akan menampilkan info lebih banyak atau dihilangkan dengan menyapu layar ke samping. Beberapa notifikasi akan tersedia tombol aksi untuk merespons notifikasi tersebut seperti tombol untuk menelepon balik pada notifikasi misscall atau membalasnya dengan sms.

Interface Sony Xperia E1 - Aplikasi

Menu untuk melihat semua aplikasi yang terinstal pada Xperia E1 ini terdiri dari beberapa panel tergantung dari berapa banyak aplikasi yang diinstall, pengguna dapat mengurutkan aplikasi berdasarkan abjad, frekuensi penggunaan atau yang paling baru terpasang. Menu untuk mengatur hal tersebut dapat dimunculkan dengan menyapu layar dari tepi kiri layar, dari menu ini juga pengguna dapat mencari aplikasi yang terinstal atau menghapusnya.

Interface Sony Xperia E1 - Task Manager

Task manager bawaan android masih dipertahankan pada ponsel ini, aplikasi ini dapat digunakan pengguna untuk berpindah ke aplikasi yang sedang berjalan atau menutupnya dengan menyapu layar ke kiri atau ke kanan. Sayangnya “small apps” buatan Sony yang diperkenalkan saat meluncurkan Xperia T tidak terdapat pada Xperia E1 ini.

Interface Sony Xperia E1 - Backup dan Restore


Untuk urusan back-up dan restore, Sony menyediakan aplikasi buatannya sendiri. Aplikasi ini dapat menyimpan semua multimedia konten yang terdapat pada smartphone ini termasuk semua aplikasi bawaan sistem operasi seperti pesan, call log dan lain-lain. Proses back-up dan restore-nya sangat mudah dilakukan yang sangat berguna jika pengguna kehilangan data apapun.

Phonebook Sony Xperia E1 dibagi menjadi beberapa tab dan terintegrasi dengan dialer. Tab-tab ini terdiri dari  Contact, phone, Favorite dan Grup. Dibagian bawah terdapat tombol untuk pencarian, menambah nomor baru dan untuk pengaturan lanjutan.

Daftar nama yang ada di dalam contact dapat diurutkan berdasarkan nama depan atau nama belakang. Untuk pencarian contact terdapat dua pilihan yang dapat digunakan pengguna smartphone ini, yang pertama tombol pencarian yang terdapat dibagian bawah dan scroll alphabetik yang jika digeser dapat berpindah dari huruf ke huruf berikutnya.

Pengguna dapat mensinkronkan contact pada multi akun seperti facebook, yahoo, gmail dan lain-lain. Pengguna juga dapat menyeleksi kontak yang akan muncul dalam daftar kontak atau menyembunyikannya atau mengatur tampilan kontak yang hanya ditampilkan jika mempunyai nomor telepon atau hanya menampilkan kontak yang sedang Online.

Jika seseorang yang ada di dalam kontak mempunyai akun dibeberapa layanan misalnya facebook dan Google plus, maka pengguna dapat menghubungkan semua layanan ini sehingga berada pada satu tempat. Foto dan minat pada profil facebook akan ditampilkan di sini.

Menu pintasan untuk kontak didesain dengan baik, saat pengguna men-tap foto pada daftar kontaknya, maka akan muncul menu pop-up yang berisi shortcut untuk telepon, sms, email atau menyapa orang tersebut melalui aplikasi IM seperti whatsapp atau BBM.

Setiap kontak memiliki banyak variasi baris detail mulai dari nama, alamat, nickname, no telp sampai ke catatan untuk kontak tersebut. Terdapat pilihan untuk menambah baris detail baru atau menghapus baris detail yang telah ada.

Setiap kontak dapat diset untuk menggunakan ringtone yang berbeda bahkan lampu led yang berada dibagian atas layar dapat digunakan sebagai tanda dengan menampilkan berbagai warna saat sebuah notifikasi masuk, namun tentu saja tidak seperti pada ringtone, pengguna tidak dapat mengatur agar tiap kontak memiliki warna yang berbeda, tapi bisa digunakan untuk grup kontak contoh untuk keluarga warna biru, untuk teman kantor warna hijau dan lain-lain

Memanggil dan Menerima Telepon
Tidak ada kekurangan dalam melakukan panggilan atau menerima telepon pada Xperia E1. Mikrofon sekunder yang terletak dibagian belakang akan berfungsi sebagai active noise-cancellation atau peredam suara latar belakang, jadi suara akan tetap terdengar jernih dan keras walaupun berada dilingkungan yang bising.

Call log berisi informasi tentang aktivitas telepon masuk, keluar dan misscall yang mengisi setengah layar, setengahnya lagi diisi oleh keypad, saat pengguna mengetik sesuatu menggunakan keypad ini call log akan terganti dengan smart dial list yang akan mencari kesamaan berdasarkan nomor atau nama pada kontak. Keypad dapat dihilangkan hingga membuka ruang untuk lebih banyak informasi call log yang dapat ditampilkan. Call log  terintegrasi dengan dialer sehingga pengguna dapat melakukan panggilan dari sini.

Berkat paduan accelerometer dan proximity sensor, Sony Xperia E1 ini akan secara otomatis menonaktifkan layar saat pengguna mengangkat telepon dan mendekatkan ke telinga, sebuah fitur standar yang terdapat di semua smartphone android dengan layar touchscreen

Suara speaker saat ada panggilan telepon atau notifikasi pesan teks terdengar lumayan nyaring,  bahkan masih terdengar pada lingkungan yang lumayan bising. Untuk speaker multimedia yang berada di belakang ini Sony melengkapinya dengan dua aplikasi yaitu xLOUD fitur inilah yang membuat suara yang keluar dari speaker belakang menjadi nyaring dan aplikasi kedua adalah ClearPhase yang akan meningkatkan kualitas suara yang keluar namun sedikit mengorbankan kenyaringannya.
Advertisement
Sony Xperia E1 Review - Part 2 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar