Meningkatkan Performa Perangkat Android

Advertisement
Android adalah sebuah sistem operasi yang bersifat terbuka, salah satu kelebihan sistem operasi
terbuka adalah pengguna dapat mengubah hampir setiap aspek sistem operasi ini sesuai dengan keinginannya. Namun kelebihan ini sekaligus menjadi salah satu kekurangannya

Setelah pemakaian dalam jangka waktu yang lama, aplikasi seperti kamera atau phonebook akan terasa lebih lama memakan waktu loading saat dijalankan, Homescreen panel menjadi terlalu banyak dan semuannya terisi dengan berbagai aplikasi dan widget tidak lagi bekerja dengan mulus sebagaimana waktu pertama kali dipasang. Tentu saja untuk mengembalikan performa semula anda harus melakukan sesuatu dan kabar baiknya adalah terdapat banyak cara untuk memperbaiki performa android anda yang sudah menurun.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips pilihan bagaimana cara meningkatkan performa smartphone atau tablet android anda, walaupun tidak ada jaminan perangkat anda akan kembali ke performa saat pertama kali digunakan, tidak ada salahnya anda mencoba tips-tips tersebut sebelum memutuskan untuk mempensiunkan perangkat android anda.

Dibawah ini apa yang anda harus lakukan untuk meningkatkan performa perangkat android anda


Selalu lakukan update

Pengguna Gadget yang tau betul semua tentang perangkat yang dimilikinya pasti mempunyai kebiasaan memperhatikan update terbaru dari sistem operasi atau aplikasi yang terpasang sesering mungkin dan mengupdatenya secepat mungkin. Sementara sebagian besar penguna perangkat android tidak terlalu memperhatikan apakah aplikasi yang terpasang pada  perangkatnya telah menjalankan versi terahir yang tersedia.

Jadi tips pertama yang seharusnya menjadi perhatian utama anda adalah menggunakan versi sistem operasi dan aplikasi yang terakhir. Update sistem operasi merupakan hal yang terpenting untuk selalu dilakukan karena setiap kali update selalu berisi perbaikan dan peningkatan performa Android. Jika anda menggunakan perangkat android yang dibranding oleh Google seperti Nexus 5, Nexus 7 atau Nexus 10 seharusnya hal ini menjadi mudah karena setiap kali android di update perangkat-perangkat Nexus adalah perangkat android yang pertama menerima update tersebut secara otomatis. Sedangkan untuk perangkat lain harus menunggu produsen yang memproduksi perangkat tersebut mengeluarkan update sistem operasi.

Uninstall aplikasi yang tidak atau jarang digunakan.

Banyak pengguna smartphone yang mempunyai kebiasaan menyimpan banyak aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak pernah sama sekali digunakan sejak dipasang, tanpa menyadari bahwa menyimpan begitu banyak aplikasi dapat menyebabkan smartphonenya menjadi lambat.

Banyak aplikasi yang walaupun tidak dijalankan namun aplikasi ini berjalan dibelakang layar yang pastinya akan menggunakan sumberdaya smartphone. Jadi jika perangkat android anda mulai terasa berat, coba lihat aplikasi yang terpasang dan tidak digunakan, hapus saja yang sudah jarang digunakan, kalaupun suatu saat akan digunakan lagi bukan hal yang sulit untuk memasang kembali aplikasi tersebut.

Selain itu berbagai konten multimedia yang mengambil banyak tempat seperti gambar, foto, file musik atau clip video yang sudah tidak penting lagi ada baiknya dihapus juga, untuk menjaga tetap tersedianya ruang kosong pada memori internal atu eksternal untuk penggunaan dimasa depan.

Uninstall aplikasi bawaan yang tidak digunakan.

Sekarang ini smartphone atau tablet android sering kali dibekali dengan banyak sekali aplikasi pre-loaded oleh produsennya. Aplikasi-aplikasi pre-loaded yang tidak digunakan sebaiknya di hapus saja.

Namun tidak seperti aplikasi pihak ketiga yang dengan mudah dapat dihapus, aplikasi pre-loaded tidak dapat dihapus dengan cara biasanya, karena aplikasi ini telah menyatu dengan sistem operasi. Untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan ini baca postingan tentang cara Menon-aktifkan Aplikasi Bawaan Android

Tutup aplikasi yang berjalan dibelakang layar

Anda mungkin telah mengetahui, bahwa beberapa aplikasi yang tetap aktif walaupun anda tidak sedang menggunakan  seperti aplikasi Internet Messanger.

Aplikasi yang didesain untuk selalu aktif walaupun tidak sedang digunakan kadang dilengkapi dengan tombol khusus untuk keluar dari aplikasi ini. Gunakan tombol ini jika Anda sudah selesai menggunakan aplikasi ini, karena hal ini akan mencegah aplikasi tersebut aktif dibelakang layar dan menghabiskan sumber daya perangkat android anda.

Ganti live wallpaper

Homescreen yang dihiasi oleh animasi bergerak dari live wallpaper mungkin terasa asik untuk dilihat, namun live wallpaper ini sebenarnya cukup banyak memakan sumber daya smartphone. Selain dapat memperlambat kinerja perangkat android anda, aplikasi ini juga menyerap cukup banyak daya baterai, jadi jika anda sedang menggunakan live wallpaper pada perangkat android anda gantilah dengan walpaper biasa yang akan lebih meningkatkan performa perangkat sekaligus menghemat penggunaan daya baterai.

Gunakan widget seperlunya

Serupa dengan live wallpapper, widget yang dipasang pada homescreen atau lockscreen memakan sumberdaya perangkat android anda , terlebih jika terpasang dalam jumlah banyak. Apalagi jika widget yang terpasang adalah widget kompleks yang selalu melakukan koneksi ke internet untuk mengupdate kontennya, jadi mengatur jumlah widget yang aktif ke tingkat minimum akan membantu performa perangkat anda.

Gunakan launcher yang lebih baik

Launcher bawaan sistem operasi biasanya cenderung lambat, walaupun telah dilakukan berbagai optimasi tetap saja tidak terjadi perubahan signifikan. Tidak ada salahnya sedikit membandingkan dengan launcher-launcher pihak ketiga yang banyak terdapat pada google play, apex dan nova dapat menjadi pilihan untuk mencoba launcher alternatif, karena kedua launcher ini bekerja lebih cepat dari beberapa launcher bawaan perangkat android.

Gunakan external memori yang mempunyai kecepatan tinggi

Jika perangkat android anda menggunakan memori microSD, gunakan memori yang mempunyai kecepatan tinggi jika dana memadai. Memori microSD class 10 dapat memberikan performa maksimal untuk perangkat anda.

Reset ulang perangkat anda

Kadang setelah penggunaan jangka waktu yang lama seperti 6 bulan atau lebih, perangkat android mulai melambat, mengembalikan kondisinya seperti pada waktu baru digunakan dengan cara melakukan factory reset adalah salah satu cara terbaik untuk dilakukan.
Advertisement
Meningkatkan Performa Perangkat Android | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar