Menon-aktifkan Aplikasi Bawaan Android

Advertisement
Hampir semua smartphone Android yang beredar di pasaran saat dibekali oleh berbagai macam aplikasi pre-loaded, baik aplikasi buatan sendiri produsen smartphone tersebut maupun aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pre-loaded ini kadang jumlahnya cukup banyak dan seringkali jarang digunakan oleh pengguna smartphone tersebut atau tidak mengerti fungsi dan kegunaan aplikasi tersebut bahkan yang lebih parahnya ada juga pengguna yang tidak mengetahui keberadaan aplikasi-aplikasi bawaan yang terpasang pada smartphonenya.

Semakin banyak aplikasi yang dibenamkan oleh produsen smartphone maka secara otomatis semakin banyak pula ruang penyimpanan yang digunakan dan yang kadang menjengkelkan adalah aplikasi bawaan ini tidak bisa dihapus dengan cara normal.

Baca juga: Cara menghemat baterai smartphone atau tablet

Untuk menghapus aplikasi pre-loaded ini kadang smartphone atau tablet Android harus di Rooting terlebih dahulu. Namun sayangnya masih banyak pengguna Android yang masih takut untuk melakukan Rooting ke perangkatnya sendiri dengan berbagai alasan.

Namun sekarang Android telah menyediakan fitur untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi bawaan ini. Menon aktifkan aplikasi pre-loaded tidak akan menghapus aplikasi tersebut namun aplikasi ini tidak akan berjalan lagi dimemori, tidak akan memuncukan notifikasi dan tidak akan diupdate lagi selain itu aplikasi ini akan dihapus dari menu daftar aplikasi 

Berikut langkah-langkah untuk menghapus aplikasi bawaan smartphone atau tablet android:
  • Buka menu Setting dan tap pada Apps
Menu Settting, Menon-aktifkan Aplikasi Bawaan Android

Menon-aktifkan Aplikasi Bawaan Android, menu apps

  • Buka menu All untuk memunculkan semua aplikasi yang terpasang pada perangkat android anda, dengan menyapu layar kekiri. 
daftar semua aplikasi yang terpasang

  • Tap pada aplikasi yang akan disingkirkan pada contoh kami akan men-disable aplikasi bawaan sistem Google Pinyin Input 

Menon-aktifkan Google pinyin Input

 Mengapa Anda Tidak Membutuhkan Aplikasi Task killer, RAM Booster dan Anti Virus

  • Tab pada tombol Disable, kemudian akan tampil kotak dialog untuk mengkonfirmasi apakah aplikasi tersebut benar-benar akan didisable. tap ada tombol "Ok".
Kotak Dialog Konfirmasi

  • Kemudian akan tampil kotak dialog yang kedua yang akan mengkonfirmasi apakah semua update yang telah dilakukan akan dihapus dan aplikasi akan kembali ke kondisi awalnya. Tap pada tombol "Ok". Jika diaktifkan kembali aplikasi ini akan secara otomatis akan mendownload semua file update yang telah dikeluarkan oleh google.

Konfirmasi
  • Selanjutnya akan tampil proses uninstall semua update yang telah dilakukan.
Uninstall aplikas

  • Tap pada tombol force stop untuk menghentikan aplikasi jika sedang dalam keadaan aktif, Hilangkan tanda checklist pada Show Notification. Dan langkah terakhir tap pada tombol Clear data dan Clear cache.

Disabled aplikasi

Advertisement
Menon-aktifkan Aplikasi Bawaan Android | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar