Samsung Galaxy Grand Neo Review

Advertisement
Samsung Galaxy Grand Neo Review

Samsung tidak melakukan promosi gencar saat meluncurkan Galaxy Grand Neo. Hal ini dapat dipahami karena smartphone android ini lebih ditujukan untuk pengguna kelas bawah yang menginginkan smartphone layar besar dengan harga murah. Galaxy Grand Neo mempunyai banyak titik lemah jika dibandingkan dengan Galaxy Grand 2 bahkan dengan Galaxy Grand pertama yang diluncurkan pada tahun 2013 lebih unggul di kamera. Berikut review Samsung Galaxy Grand Neo.

Salah satu kelemahan ponsel ini terdapat pada layar 5 incinya yang menggunakan resolusi yang sangat rendah,  untuk spesifikasi yang lain sudah cukup lumayan sebagai contoh Grand Neo dibekali dengan koneksi HSPA 21 Mbps, kamera utama 5 megapiksel lengkap dengan lampu flash LED dan prosesor Quad-Core.

Desain dan Dimensi Samsung Galaxy Grand Neo

Galaxy Grand Neo hadir dengan desain bodi ramping dan penuh inovasi. Kekuatannya tersimpan
dalam bentuknya yang simpel, garis sederhana, kontur halus dan kompak serta terasa nyaman saat digenggam.

Samsung Galaxy Grand Neo Review - Dimensi Dimensi ponsel ini adalah sebagai berikut panjang 143,7 cm, lebar 77,1 cm, tebal 0,96 mm dan berat 163 g. Jika di bandingkan dengan smartphone yang menggunakan layar 5 inci yang ada di pasaran saat ini Galaxy Grand Neo lebih ringan.

Dengan desain standar khas lini galaxy, sudut melengkung dan masih mempertahankan tombol fisik untuk navigasi menu, namun terdapat sedikit perbedaan pada cover tutup belakang yang menggunakan plastik matte putih, bukan dari bahan yang mengkilat dan licin yang biasa digunakan oleh Samsung,

Tombol-tombol fisik yang berada di sekeliling smartphone ini dapat menyatu dengan baik dengan sisi ponsel yang berwarna mengkilat.

Layar Samsung Galaxy Grand Neo

Galaxy Grand Neo menggunakan layar TFT dengan ukuran diagonal 5,01 inci. Resolusi digunakan sangat rendah 480x800 piksel (WVGA), sehingga kerapatan pixel nya hanya sebesar 186 piksel per inci, hal ini menyebabkan tampilan gambar dilayar akan terlihat bergerigi. Disisi lain reproduksi warna yang dihasilkan cukup baik begitu juga dengan sudut pandang.

Jika digunakan untuk browsing dan menonton video layar smartphone ini sudah cukup memadai karena kedua hal tersebut tidak terlalu minta resolusi tinggi.

Sistem Operasi dan Interface
Samsung Galaxy Grand Neo menggunakan Android 4 2 Jelly Bean sebagai sistem operasi yang dipadu dengan Touchwiz UX Nature yang merupakan antarmuka pengguna buatan Samsung sendiri.

Ponsel ini juga telah dibekali dengan fitur-fitur bawaan Touchwiz Seperti Smart Stay yang akan mencegah layar dimatikan saat pengguna melihat ke arah layar, Multi Window yang dapat menjalankan 2 aplikasi sekaligus membagi layar untuk menampilkan kedua aplikasi tersebut, namun minus Air View dan Air Gesture yang memang biasanya hanya terdapat pada smartphone-smartphone Samsung kelas atas.

Mengetik dengan menggunakan satu tangan pada layar besar ponsel ini mungkin akan terasa sedikit menyulitkan, terutama saat harus menjangkau sudut kiri atau kanan atas keyboard. Namun untuk memudahkan hal tersebut Samsung telah menyediakan fitur One Handed Operation yang akan memodifikasi beberapa aplikasi seperti keyboard, dialpad, kalkulator dengan menempatkannya ketepi kiri atau kanan layar sehingga akan memudahkan pengguna untuk mengoperasikan smartphone ini dengan satu tangan.

CPU dan Memori
Samsung Galaxy Grand Neo menggunakan prosesor Quad-core Cortex A7 1,2 Ghz Broadcom BCM23550, bandingkan dengan Galaxy Grand pertama yang menggunakan prosesor dual core Cortex-A9 1,2 Ghz.

Smartphone ini dibekali dengan RAM 1 gigabyte dan memori internal 8 GB namun hanya tersedia 5 GB untuk digunakan oleh pengguna ponsel ini. Samsung juga menyediakan slot microSD sebagai memori eksternal yang mendukung hingga 64GB.

Internet dan Konektivitas 
Walaupun tampilannya terlihat sedikit ketinggalan jika dibandingkan dengan browser-browser untuk android yang ada saat ini, namun browser bawaan Touchwiz telah terbukti sebagai salah satu browser yang mampu merender halaman sebuah website dengan cepat.

Smartphone android Samsung ini dapat digunakan pada semua frekuensi jaringan GSM yang ada di dunia, untuk koneksi data ponsel ini dapat mendownload dengan kecepatan hingga 21 Mbps, selain itu tersedia juga versi Dual-Sim sama seperti Galaxy Grand yang pertama.
Galaxy Grand Neo telah dibekali berbagai macam konektivitas seperti Wi-Fi, Wi-Fi direct, Bluetooth 4.0, A-GPS, DLNA dan Radio FM

Kamera Galaxy Grand Neo
Sebagai kamera utama smartphone ini menggunakan kamera 5 MP lengkap dengan lampu Flash LED. Samsung menyediakan beberapa mode pengambilan gambar seperti Best Shot atau Panorama yang diatur dalam menu khas Samsung. Namun sayang fitur kamera yang sedang naik daun seperti HDR tidak ditemukan pada ponsel ini.

Samsung Galaxy Grand Neo Review

Aplikasi kamera - Samsung Galaxy Grand Neo

Samsung Galaxy Grand Neo - Resolusi kamera


Hasil gambar yang diambil menggunakan kamera ponsel ini cukup lumayan, jumlah detail yang berhasil ditangkap seperti yang apa bisa diharapkan pada kamera dengan resolusi 5MP. Representasi warna juga cukup baik sebagian besar akurat. Pada kondisi cahaya rendah kualitas yang dihasilkan jauh menurun dan terdapat banyak noise.

Tidak seperti Galaxy Grand yang pertama yang mampu merekam video Full HD 1080 piksel, Grand Neo hanya mampu merekam video pada resolusi HD 720p dengan kecepatan 30 fps.

Resolusi Video - Samsung Galaxy Grand Neo Review


Multimedia
Galeri menampilkan tampilan layar terpisah, sebelah kiri terdapat list folder dan isi folder tersebut berada di bagian kanan. Terdapat berbagai macam pilihan untuk pengeditan pada interface aplikasi ini.

Pemutar musik masih menggunakan tampilan yang sama dengan yang terdapat pada sebagian besar smartphone android Samsung. Kualitas speaker multimedia yang terdapat di belakang cukup lumayan baik dari segi kualitas maupun kuantitas suara yang dihasilkan.

Untuk pemutar video Galaxy Grand Neo menggunakan pemutar bawaan sistem operasi yang dapat memutar sebagian besar format video yang sering digunakan seperti MKV, Avi, Xvid dan lain lain dengan resolusi hingga 1080p. Kalaupun ada format video yang tidak dapat di mainkan oleh smartphone ini Pengguna dapat dengan mudah mendownload berbagai aplikasi pemutar video yang terdapat pada Google play.

Baterai
Samsung Galaxy Grand Neo Menggunakan baterai Lithium Ion dengan daya sebesar 2100 mAh. Menurut keterangan resminya Bakteri ini dapat bertahan selama 11 jam waktu bicara pada jaringan 3G, 10 jam browsing melalui Wi-Fi dan 8 jam memutar video secara terus menerus. Resolusi layarnya yang rendah, membuat layar ponsel ini tidak terlalu banyak mengambil daya baterai sehingga banyak menghemat penggunaan baterai.

Kesimpulan
Posisi Samsung Galaxy Grand neo ini sedikit membingungkan karena spesifikasinya jika dibandingkan dengan Galaxy Grand yang pertama tidak terlalu jauh berbeda hanya prosesor yang berubah secara signifikan.

Dengan spesifikasi hardware yang tidak terlalu tinggi dan rendahnya resolusi layar, sepertinya Samsung hanya mengandalkan ukuran diagonal layar ponsel ini dan harga jual yang rendah sebagai daya tarik.

Advertisement
Samsung Galaxy Grand Neo Review | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar