Review dan Spesifikasi Samsung Galaxy J1

Advertisement
Spesifikasi Samsung Galaxy J1

Samsung mungkin lebih dikenal dengan smartphone utamanya di lini Galaxy S atau  Note, namun untuk menikmati smartphone tersebut harus siap mengeruk kantong dalam-dalam. Spesifikasi Samsung Galaxy J1 yang tidak tinggi membuat harga jualnya pun tidak terlalu menyakitkan kantong, mungkin bisa menjadi pilihan.

Galaxy J1 diluncurkan saat pasar smartphone negara kita dibanjiri oleh produsen dari cina seperti, xiaomi, Oppo, Huawei  dan lain-lain yang menawarkan smartphone spesifikasi tinggi namun harga jual yang rendah. Bahkan Google pun ikut nimbrung meluncurkan Andorid One menggandeng merek-merek lokal.

Jika melihat spesifikasi Samsung Galaxy J1, bisa dikatakan produsen dari Korea ini tidak terlalu berusaha agar J1 lebih unggul dikelasnya.

Dimensi dan Desain Samsung Galaxy J1

Produsen barang elektronik Korea Selatan ini sepertinya enggan mengeluarkan biaya riset pada desain smartphone androidnya, Karena beberapa tahun terakhir ini desain tampak luar ponsel android ini tidak mengalami banyak perubahan. Namun pada Galaxy J1 terdapat sedikit perbedaan yaitu pada bagian atas dan bawah sedikit melengkung pada sudut-sudutnya  walaupun bukan hal  mendasar  namun sedikit  merubah desain ponsel ini. Selain itu secara keseluruhan desain ponsel seperti yang bisa diharapkan dari produsen sekelas samsung.
Spesifikasi Samsung Galaxy J1
Bagian atas hanya dihuni oleh Slot Audio Jack 3,5 mm, jika anda memeperhatikan gambar diatas terlihat lengkungan yang telah disebutkan tadi. Bagian bawah terdapat Microphone dan Slot microUSB befungsi ganda sebagai tempat transfer data serta slot untuk mengisi ulang baterai

Disisi kiri terdapat tombol pengatur volume, pada sisi kanan tempat dari tombol power.  Dibagian belakang terdapat kamera utama lengkap dengan lampu LED flash dan speaker multimedia

Bagian depan sebagian besar areanya diambil oleh layar dibungkus oleh lis perak, diatas layar terdapat kamera depan dan proximity sensor namun sensor cahaya untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis tak hadir pada smartphone ini. Dibawah layar terdapat 3 tombol fisik yang masih dipertahankan.

Penutup cover belakang terbuat dari bahan plastik yang elastis jadi lebih tahan retak karena sering kali dibuka,

Menggunakan spesifikasi layar ukuran kecil membuat ukuran ponsel secara keseluruhan menjadi tak terlalu besar.  Panjang 12,9 cm lebar 6,82 dan tebal 0,8 cm serta berat 122g, J1 bisa masuk kedalam tas samping kecil, saku celana atau kemeja

Layar

Galaxy J1  menggunakan layar LCD PLS dengan panjang diagonal 4,3 inci resolusi 800x400 piksel berarti kerapatan pikselnya sebesar 217 piksel per inci. Tak ada hal istimewa dari layar smartphone.  Sudut pandang cukup baik, informasi yang ditampilkan dilayar masih tetap terbaca dari samping, walaupun belum sebaik smartphone-smartphone android kelas atas.

Galaxy Z1, Layarnya sedikit lebih bagus dari J1 dengan rentang harga lebih murah. Namun galaxy J1 masih lebih unggul tingkat kecerahan layarnya.

Kamera Samsung Galaxy J1

Raksasa elektronik asal Korea ini tampaknya mengandalkan spesifikasi kamera yang cukup lumayan pada J1, karena kamera pada smartphone ini jauh lebih unggul dari komponen lain.  Walaupun sebenarnya kamera yang dibenamkan pada bukan kamera yang “wah”, namun jika melihat dari rendahnya spesifikasi hardware yang lain, kamera terlihat lebih menonjol.

Kamera utama 5 megapiksel  yang digunakan mampu menghasilkan foto yang cukup baik pada kondisi cahaya memadai, detail bisa tertangkap baik, noise pun terkontrol  baik. Namun saat kondisi cahaya kurang, kualitas foto yang dihasilkan pun menjadu berkurang kualitasnya. Tapi  terdapat Fitur modus malam dan HDR, bisa sedikit membantu memperbaiki kualitas foto pada lingkungan dimana cahaya kurang.

Kualitas foto kamera depan pada resolusi 2 megapiksel , cukup baik detail maupun warna, walaupun terlihat noise terbentuk sedikit lebih banyak dibandingkan kamera utama. Untuk selfie HP android ini telah dibekali dengan fitur-fitur seperti Palm Gesture yang bisa digunakan mengambil  gambar dengan hanya melambaikan tangan didepan kamera, kemudian ada Beauty Mode, berfungsi untuk menghaluskan dan mengurangi noda-noda diwajah.

Tapi salah satu kelemahan kamera depan Galaxy J1 adalah waktu yang digunakan untuk menyimpan gambar sedikit lebih lama, jadi jika akan mengambil foto lebih dari sekali ada waktu tunggu 2 sampai 3 detik saat kamera memproses gambar yang baru saja diambil.

Pada mode otomatis terdapat beberapa pilihan pengaturan otomatis  seperti panorama, Continuous Shooting, Sport mode dan Night Mode. Disamping itu terdapat juga pengaturan manual untuk beberapa spesifikasi seperti exposure, White balance dan nilai ISO.

Smarphone ini dapat merekam clip video resolusi HD (1280x720 piksel).  Secara keseluruhan hasilnya cukup lumayan pada lingkungan yang memadai tanpa ada gerakan cepat dari objek yang sedang direkam. Hasil rekaman video akan disimpan dalam format mp4.

Sistem Operasi dan User Interface

Samsung Galaxy J1 menggunakan Android versi 4.4.4 Kitkat sebagai sistem operasinya. Antarmuka pengguna, ponsel ini masih tetap mengandalkan TouchWiz walaupun sedikit mengorbankan performa secara keseluruhan. 

Menggunakan antarmuka pengguna buatan sendiri, pada smartphone ini secara keseluruhan cukup mudah bahkan  pengguna yang belum pernah menggunakan smartphone buatan produsen asal Korea ini  tak akan mengalami kesulitan berarti.

Smartphone android keluaran Samsung selalu saja memuat banyak aplikasi-aplikasi bawaan yang kadang kurang berguna bagi penggunanya atau tidak menyadari akan adanya aplikasi bawaan tersebut. Namun pada Galaxy J1 tidak terdapat terlalu banyak aplikasi bawaan seperti biasanya

Ponsel ini bahkan tak dibekali dengan aplikasi music buatan Samsung,  kemungkinan dikarenakan aplikasi tersebut sedikit membebani performa mengingat Spesifikasi Samsung Galaxy J1 ini sangat irit. Jadi untuk urusan music diserahkan pada Google Music Play pemutar music default tertanam pada sistem operasi.

Galaxy J1 dibekali dengan 2 fitur khusus,  pertama mengambil foto selfie dengan menggunakan gesture (fitur ini kadang tak dapat berjalan baik). Fitur kedua adalah ultra saving mode yang akan membatasi fungsi ponsel ke hanya fungsi penting saja yang aktif sehingga dapat memperpanjang daya baterai.

Prosesor dan Memory

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 untuk Prosesor adalah Dual-core Spreadtrum SC8830 SoC (Cortex A7), berjalan pada kecepatan 1,2 Ghz dan Mali-400 MP2 sebagai pemproses grafik yang dipasang pada smartphone ini untuk  memproses semua aktifitas, kurang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, karena performanya terasa sangat kurang, animasi pada user interface tak selalu dapat berjalan dengan mulus. Aplikasi terinstall terasa lamban saat dijalankan, terlebih jika menjalankan aplikasi-apikasi bawaan. Saat pertama kali dijalankan Galaxy J1 melakukan dua kali update software namun pembaharuan ini tidak dapat memperbaki performa secara keseluruhan.

Kurang besarnya kapasitas RAM  hanya 512 Mb  tidak dapat membantu untukmengangkat performa. Sebenarnya Android Kitkat telah didesain untuk dapat berjalan dengan mulus pada RAM 512 Mb, namun hal ini dimungkinkan jika menggunakan Android yang dasar yang dikeluarkan Google (atau yang lebih dikenal dngan Stock Android).

Samsung telah banyak melakukan  perubahan pada android yang disertakan pada semua smartphonenya. Contoh pada stock android Google sudah tidak lagi menggunakan tombol fisik, namun Samsung tetap mempertahankan penggunakan tombol fisik pada semua smartphone miliknya, sehingga harus mengkostumasi stock android agar dapat mengakomodasi  tombol fisik.

Baterai

Galaxy J1 menggunakan baterai Li-ion 1.850 mAh, cukup besar sebenarnya hanya berbeda sedikit dengan Galaxy Alpha smartphone Samsung dikelas yang lebih tinggi. Spesifikasi baterai dengan daya besar mampu membuat smartphone ini bertahan seharian penuh saat pemakaian normal dengan kedua buah SIM Card aktif. Untuk memperpanjang masa pakai. Selain itu ponsel ini juga telah dilengkapi dengan fitur hemat baterai  Ultra Power Saving Mode.

Kesimpulan

Jika Galaxy J1 ini diluncurkan pada 3 atau 4 tahun lalu spesifikasi Samsung galaxy J1 ini cukup mumpuni, namun untuk keadaan saat ini ponsel ini tidak dapat berbuat banyak, membuat ponsel ini tidak terlalu ideal untuk dimiliki, karena selain kamera dan daya baterai yang tinggi, J1 tidak dapat memberikan kelebihan lain untuk harga jual yang berada disekitar 1,4 jutaan. Dengan harga sama banyak pilihan smartphone android lain dengan spesifikasi yang lebih baik seperti Xiaomi Redmi 2S, Moto E atau Android One yang telah digandeng oleh merek-merek lokal.
Advertisement
Review dan Spesifikasi Samsung Galaxy J1 | Asti Rahmi | 5

0 komentar:

Posting Komentar